Home » Tips dan Trik » Posisi Transmisi Mobil Matic Saat Lampu Merah, Bagaimana yang Benar?

Posisi Transmisi Mobil Matic Saat Lampu Merah, Bagaimana yang Benar?

Perbedaan transmisi matic dan manual. (Foto: Ilustrasi).

Jakarta – Pengemudi mobil matic sering kali mempermasalahkan bagaimana posisi transmisi saat lampu merah? Seharusnya diposisikan di mana?

Soni Susmana, Senior Training SDCI mengatakan jika posisi transmisi mobil matic saat lampu merah yang benar ada di posisi N.

“Sebenarnya di posisi N. Kalau di posisi D, menekan pedal rem kaki membuat pengemudi tetap waspada dan tidak melakukan kegiatan lain selain mengemudi,” ujarnya.

Hal ini bertujuan untuk membuat pengemudi konsentrasi terhadap sekeliling kendaraan. Menekan pedal rem saat macet pada posisi transmisi matic di D juga akan membuat kaki cepat lelah. Efek panjangnya pada saat menekan pedal rem, saat lelah mobil bisa melaju dan berpotensi menabrak mobil di depannya.

Transmisi
Transmisi otomatis modern. (Foto: Google)

Sedangkan dari segi teknis, berhenti di lampu merah dengan memakai transmisi P juga membebani transmisi. Karena posisi P hanya digunakan saat parkir, lalu mobil mesin mati. Tetapi jika setelah berjalan, lalu macet dan mobil di posisi P, maka kerja girboks akan semakin berat.

Pengemudi diupayakan untuk memindahkan transmisi ke N saat berhenti di lampu merah. Ini bertujuan karena mesin dan girboks tidak saling terhubung sehingga tidak membuat transmisi cepat rusak.

“Mobil yang berada di tengah waktu berhenti di lampu merah tidak lepas dari potensi kecelakaan,” sambung Soni.

Mobil Matic Jadul Berbeda dengan Mobil Matic Modern

Bagi mobil modern, hal ini jelas tidak menjadi masalah saat mobil dipindahkan ke posisi N saat macet. Lain halnya pada mobil keluaran 1980-1990-an yang masih memakai transmisi matic jadul. Untuk mobil tahun tua, disarankan untuk tetap menginjak pedal rem dengan posisi tetap di D.

Hal tersebut karena transmisi matic mobil jadul belum secanggih sekarang. Dan di beberapa buku manual memang dianjurkan untuk tetap menginjak rem, sembari menarik rem parkir. Jika macetnya cukup lama, pengemudi bisa memindahkan ke posisi N dengan catatan tak perlu sering-sering berpindah.

Nah, bagaimana nih. Sudah lebih tahu posisi transmisi matic saat di lampu merah kan? Jangan lupa untuk tetap mengikuti beberapa anjurannya, ya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Modal Indonesia untuk Menjadi Pemain Utama Kendaraan Listrik

Previous post
Modal Indonesia untuk Menjadi Pemain Utama Kendaraan Listrik
Next post
Toyota Recall Kijang Innova Hingga Corolla yang Beredar di Indonesia