Home » Reviews » “Gateaway” Bersama Honda HR-V, Berpetualang di Kota Malang

“Gateaway” Bersama Honda HR-V, Berpetualang di Kota Malang

Honda HR-V memiliki kelebihan pada desainnya yang disukai konsumen muda. (Foto: Carmudi).

Malang – Kelebihan Honda HR-V sebagai kendaraan crossover yang punya style sport cukup kental kini semakin kentara. Hendri, mahasiswa magister jurusan Sejarah tengah mencari bahan tesisnya. Ia pun harus berkeliling wilayah Jawa Timur bersama Laras dengan mengendarai HR-V. Bersama crossover unggulan Honda ini keduanya berkeliling dan mengamati destinasi bersejarah dan menarik di Kota Apel, Malang.

Petualangan Hendri dan Laras pun dirasa cukup nyaman berkat segala kelebihan yang dihadirkan Honda HR-V. Apa saja kelebihannya? Yuk, ikuti “Gateaway” mereka berdua bersama Honda HR-V.

Dimensi dan Eksterior Honda HR-V, Sporty dan Elegan di Jalanan Kota

Desain Honda HR-V cukup stylish dan sporty dibandingkan mobil lain di kelasnya. (Foto: Carmudi)

Tak kunjung datang, Hendri lebih memilih untuk beristirahat di dalam kabin Honda HR-V. Konfigurasi jok berkapasitas lima orang, bisa dibuat selonjoran. Meskipun material interior yang biasa saja, tapi cukup nyaman untuk penumpang di dalamnya. Laras akhirnya datang dan petualangan pun dimulai setelah semua barang bawaan disimpan di bagasi yang bisa dibilang cukup luas.

Bicara soal bagasi tersebut, volumenya didukung oleh dimensi Honda HR-V yang sebenarnya tidak terlalu bongsor juga. Di atas kertas, crossover ini memiliki ukuran panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 1.535 mm. Berkat ukuran tersebut Honda HR-V cukup nyaman dikendarai di kota padat lalu lintas dan tidak limbung di kecepatan tinggi semisal tol. Seperti disinggung sebelumnya, Honda HR-V merupakan crossover dengan tampilan cukup sporty dengan guratan bodi tegas hingga lekukan yang lumayan aerodinamis.

Fitur Honda HR-V, Mumpuni di Kelasnya

Honda HR-V dinilai mampu menjawab kebutuhan kendaraan crossover untuk perkotaan. (Foto: Carmudi)

Hendri dan Laras kemudian menuju destinasi pertama ke Gereja Idjen. Seperti sebuah habit kekinian, perjalanan mereka pun dibantu aplikasi maps dan sistem navigasi digital dari smartphone. Namun, perangkat head unit Honda HR-V yang kini telah disegarkan dengan New 8″ Floating Capacitive Touchscreen Display Audio telah dilengkapi teknologi Miracast alias Mirroring. Dengan begitu, aplikasi navigasi di smartphone bisa muncul di display head unit dan perjalanan bersama Honda HR-V jadi semakin nyaman. Selain itu, pada head unit ini telah dilengkapi berbagai fitur hiburan lain seperti AM/FM Radio, AUX-in Port, USB Port, dan Bluetooth.

Interior Honda HR-V banjir dengan fitur kekikinian dan menjadi kelebihan tersendiri. (Foto: Carmudi).

Kalau menyinggung fitur Honda HR-V, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan yang dinilai mumpuni di kelasnya. Fitur tersebut meliputi G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt. Lalu ada Driver Seatbelt Reminder, Emergency Stop Signal, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist, Motion Adaptive EPS + Vehicle Stability Assist, ISOFIX + Tether.

Sedangkan untuk keamanannya, Honda HR-V telah dibenamkan fitur Wave Key, Keyless Entry, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Alarm System, tak ketinggalan tambahan Electric Parking Brake. Cukup dengan satu sentuhan & Auto Brake Hold, mobil akan mengerem otomatis saat kendaraan berada di tanjakan atau turunan.

Honda HR-V di Candi Singosari, Malang, Jawa Timur. (Foto: Carmudi)

Namun sayangnya, seperti dihimpun dari berbagai sumber, fitur ini masih tidak selengkap model yang dijual di Thailand dan Malaysia. Meski demikian, perjalanan Hendri dan Laras cukup nyaman hingga tak terasa sudah mau menuju destinasi berikutnya ke Candi Singosari, Candi Kidal, dan Candi Jago.

Mesin Honda HR-V, Punya Performa Cukup Baik

Menyusuri jalanan perkotaan di Malang dengan karakter jalan yang cukup variatif, naik dan turun. Honda HR-V cukup baik melibasnya berkat bekalan mesin 1.8 liter SOHC i-VTEC 4 silinder yang mampu hasilkan tenaga sebesar 137 Hp pada 6.500 Rpm dan torsi maskismal sebesar 169 Nm pada 4.300 Rpm.

Sebenarnya HR-V disodorkan juga satu mesin lagi, yaitu 1.5 liter SOHC i-VTEC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 Hp dan torsi 145 Nm.

Tampilan belakang Honda HR-V tampak kokoh dan sporty. (Foto: Carmudi).

Demi mendukung performanya, Honda HR-V dibekali sistem suspensi MacPherson Strut di roda depan dan H-Shape Torsion Beam Suspension di bagian belakang. Sayangnya, banyak kalangan menilai kalau bantingannya justru cukup keras terutama saat menghantam jalan berlubang.

Tak terasa, perjalanan Hendri dan Laras pun berakhir. Demi mendongkrak nilai-nilai sejarah Indonesia, Hendri pun memilih Candi Singosari sebagai bahan tugas akhirnya. Kesemuanya ini tentu saja berkat dukungan mobilitas dari Honda HR-V. (Adv)

Previous post
Review: Honda CB150R, Naked Sport Lincah Rasa Motor Bebek
peluncuran daihatsu grand new xenia 1.5
Next post
Demi Toyota Avanza Jadi Nomor Satu, Daihatsu Korbankan Xenia