Home » Reviews » Biaya Tune Up Mercy Boxer, Tak Semahal yang Dikira

Biaya Tune Up Mercy Boxer, Tak Semahal yang Dikira

Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)
Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)

Jakarta – Layaknya manusia, sebuah mobil juga perlu mendapatkan perawatan atau biasa disebut tune up. Tune up mobil ini menjadi salah satu perawatan berkala yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Tapi, kita sekarang enggak akan membahas mengenai tune up mobil baru yang ada di pasaran. Kita saat ini ingin sedikit mengupas mengenai Mercedes-Benz W124 atau akrab disapa Mercy Boxer. Karena di Indonesia masih banyak orang yang memakai mobil ini. Kira-kira, berapa biaya tune up Mercy boxer ini ya?

Mobil buatan Jerman yang satu ini selalu memiliki topik yang cukup seru untuk dibahas. Mulai dari aksesoris, mesin, transmisi, parts modifikasi, pelek, interior, hingga biaya spare parts yang ternyata cukup terjangkau. Walaupun masih banyak stigma mengenai harga spare part yang mahal, sebenarnya mobil ini tidak terlalu membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk merawatnya. Dengan catatan, mobil dalam kondisi yang prima.

Harga Pasaran Mercy Boxer

Bagi beberapa orang, Mercy Boxer ini punya daya tarik tersendiri. Mulai dari kenyamanan yang ditawarkan, mesin 4 dan 6 silinder yang bertenaga, hingga desainnya yang dianggap tak pudar oleh waktu. Selain ketiga alasan ini, ada juga alasan nostalgia di masa kecil untuk meminang mobil di saat ini. Maklum, pada akhir tahun 1980 hingga awal 1990-an, mobil ini menjadi salah satu mobil idaman yang kerap dipakai oleh kalangan berduit.

Ada beberapa pilihan yang bisa Carmudian pilih sebelum benar-benar memilih Mercy Boxer. Mercy Boxer atau W124 hadir dengan banyak tipe dan varian mesin. Pada versi pre-facelift tersedia tipe 230E, 260E, dan 300E. Seri 200 memakai mesin berkode M102.922 4 silinder 2000 cc, namun masih memakai karburator. Selanjutnya pada seri 230E memakai mesin berkode M102.982 4 silinder 2300 cc. Selain itu, ada W124 300E yang memakai mesin Mercedes-Benz M103.983 6 silinder 3000 cc.

Deretan mobil tua saat protes Ingub Anies. (Foto: Carmudi/Rizen)

Harganya sendiri, sebenarnya tidak ada patokannya karena Mercy Boxer kini sudah menjadi mobil hobi,sehingga harga jualnya pun tidak dapat diduga-duga. Bagi sebagian orang, ada beberapa kategori mobil yang bisa dijadikan patokan. Mobil bahan, mobil semi bahan hingga mobil tinggal pakai. Nah, yang dimaksud mobil bahan di sini adalah mobil yang kondisinya perlu banyak sekali perbaikan, ya.

Perbaikan yang harus dilakukan biasanya meliputi semua aspek. Mulai dari eksterior, interior hingga mesin. Mobil bahan punya banderol harga yang sangat murah, bisa mencapai Rp15-25 jutaan. Lalu, ada juga mobil semi bahan. Mobil kategori ini biasanya punya tampang yang lebih baik dibanding mobil bahan, namun tetap memerlukan banyak perbaikan. Harga pasaran mobil semi bahan biasanya mencapai Rp20-35 jutaan tergantung kondisi.

Mercy boxer, mobil sedan yang masih banyak dicari
Mercy boxer, mobil sedan yang masih banyak dicari

Lain lagi dengan mobil yang tinggal pakai. Biasanya mobil kategori ini tidak memerlukan perbaikan. Jika pun ada perbaikan, sifatnya hanyalah perbaikan minor seperti penggantian fan belt, oli mesin, oli transmisi, radiator atau beberapa penyakit kecil lainnya. Mobil jenis ini biasanya memang menjadi barang yang dirawat baik oleh sang pemilik. Lalu, bagaimana cara melihat Mercy Boxer yang punya kondisi bagus atau tidak? Ada beberapa cara yang bisa digunakan.

Cara Mengetahui Mercy Boxer Kondisi Baik

Cara yang paling mudah sebelum Carmudian membeli Mercy Boxer adalah dengan melihat tampilan eksterior. Mobil yang benar-benar dirawat akan mempunyai tampilan yang segar. Catnya mulus, minim goresan di bagian bumper, kaca film tak ada goresan, kalau pun ada goresan hanya goresan kecil. Selain itu, bunyi mesin dan getaran mesin juga bisa menandakan mobil itu sehat atau tidak.

Jika Carmudian hendak membeli Mercy Boxer, usahakan carilah yang kondisinya cukup baik. Maklum, sebagai mobil yang usianya sudah lebih dari 20 tahun, pasti akan ada beberapa karat. Minimnya karat bisa menjadi tanda bahwa mobil itu benar-benar dijaga oleh sang pemilik. Selain bisa melihat dari tampilan eksterior, kamu juga bisa melihat tampilan interior. Mobil yang sehat sudah pasti memiliki fungsi di setiap tombol yang ada di interior.

Mercy boxer, mobil sedan yang masih banyak dicari
Mercedes-Benz 300E, Mercy boxer

Lampu menyala normal, lampu kabin masih berfungsi, power window semua berfungsi, jika ada krey pastikan kreynya berfungsi. Selain itu, usahakan cari mobil yang interiornya tidak ada sobek di bagian manapun. Interior yang sobek sudah pasti akan mengurangi harga jual dari mobil itu sendiri. Sebisa mungkin carilah bagian dasbor yang minim kerusakan. Biasanya W124 ini punya dasbor yang mudah retak akibat kurangnya perawatan.

Selain dasbor, usahakan kisi-kisi AC tidak ada yang mengalami kerusakan atau patah. Jika ada, lebih baik cari unit lain yang kondisinya jauh lebih baik. Satu hal yang wajib kamu ketahui sebelum benar-benar membeli Mercy Boxer ini. Kesabaran adalah hal yang paling utama. Dalam membeli mobil ini, Carmudian memerlukan kesabaran yang ekstra untuk mendapatkan mobil terbaik. Jangan terburu-buru membeli hanya karena unitnya baik. Cek secara detail bagian eksterior, interior dan mesinnya.

Mercedes-Benz 300E, Mercy boxer
Mercedes-Benz 300E, Mercy boxer

Mengetahui Mesin Mercy Boxer yang Sehat

Selain melihat dari eksterior dan interior, hal terpenting lain adalah mesin. Mesin Mercy Boxer yang sehat memiliki beberapa ciri. Cara termudah melihat mesin Boxer yang sehat adalah dengan menyalakan mesin di pagi hari atau saat cold start. Jika pada pagi hari mesin tidak sulit dinyalakan dan masih mengeluarkan sedikit asap putih dan tetesan air, tandanya mesin berada dalam kondisi yang sangat baik. Mesin Mercy Boxer sendiri memang dikenal sangat bandel, loh.

Selain melakukan start di pagi hari, Carmudian juga bisa melihat getaran dan bunyi mesin. Mesin yang berisik dan disertai getaran yang hebat lebih baik jangan dibeli. Karena biasanya mesin yang seperti ini sudah dalam kondisi yang kurang baik. Cek juga kabel-kabel di bagian mesin. Usahakan cari mobil yang kabel-kabelnya masih standar tanpa ada sambungan atau jumper antara kabel lainnya.

Tampak samping Mercedes-Benz W124
Tampak samping Mercedes-Benz W124

Harga Spare Part Mercy Boxer

Jika sudah meminang Mercy Boxer, mungkin kamu akan terbayang tentang harga spare partnya. Sebenarnya harga spare part dari mobil ini bisa dibilang cukup terjangkau. Sebagai gambaran, spare part fast moving masih dapat ditemui dengan mudah. Di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan terdapat dua toko khusus Mercedes-Benz yang menjual spare part Mercy Boxer. Salah satu contoh adalah harga filter oli. Filter oli untuk Mercy Boxer 300E dibanderol sekitar Rp60 ribuan.

Lain lagi dengan fan belt yang dibanderol sekitar Rp150-175 ribuan. Wiper pun juga punya harga yang cukup murah, sekitar Rp125 ribuan per unitnya. Busi, per unitnya dijual dengan harga Rp30-40 ribuan. Kampas rem dijual seharga Rp225 ribuan. Harga-harga ini merupakan harga fast moving yang tertera untuk pasaran Jabodetabek. Selain banyak toko offline yang menjual, toko online pun juga sudah banyak yang menjual spare part ini. Memang, tak semua spare part memiliki harga yang murah.

Tampak belakang Mercedes-Benz W124
Tampak belakang Mercedes-Benz W124

Harga yang cukup mahal terasa saat memelihara Mercy Boxer justru pada aksesorinya. Seperti kisi-kisi AC, tombol-tombol, emblem, dan beberapa parts slow moving punya harga yang lumayan mahal. Kisi-kisi AC contohnya, sebuah kisi-kisi AC di sebelah kiri, harganya mencapai Rp500 ribuan. Antena Hirschmann yang bisa naik-turun di bagian belakang juga menjadi salah satu barang yang harganya ajaib. Karet pelindung berwarna hitamnya saja dihargai Rp600 ribuan. Sedangkan antenanya satu set bisa mencapai Rp2-3 jutaan.

Biaya Tune Up Mercy Boxer

Untuk biaya servis dari mobil ini, sebenarnya masih tergolong ke dalam kategori murah. Sebagai gambaran, bengkel G15 di Poltangan, Jakarta Selatan yang merupakan spesialis Mercedes-Benz yang biasa menangani Boxer punya sedikit bocoran. Bengkel ini memberikan biaya tune up Mercy Boxer di kisaran Rp225 ribu. Biaya tersebut di luar biaya pembersihan busi dan filter bensin jika harus memang harus dilakukan.

Busi dan filter bensin dari mobil ini sebenarnya punya harga yang juga tidak terlalu mahal. Busi Mercy Boxer ini dibanderol Rp30 ribu per unit, sedangkan filter bensin punya banderol Rp200-300 ribuan. Perawatan Mercedes-Benz W124 ini tergolong mudah karena teknologi yang diusung mesin Mercy Boxer tidak terlalu canggih. Contohnya penggunaan rantai kamprat untuk menggerakkan noken as serta injeksi bahan bakar model mekanis.

Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)
Desain Interior Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)

Sebagai catatan, Mercy Boxer ini juga sempat mengalami fase peralihan yaitu di tahun 1993 muncul mesin baru dalam bodi lama yaitu tipe 220E menjadi E220 dan 320E menjadi E320. Bedanya yaitu memakai sistem injeksi elektronik dengan pengaturan via ECU.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu ketahui sebelum benar-benar membeli W124. Sebelum benar-benar membeli, pastikan Carmudian membeli unit dalam kondisi yang cukup baik. Selamat mencari.

Baca juga:

Daftar Mobil Matic Bekas di Bawah Rp 50 Juta, Banyak Motuba Mewah

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Previous post
Volkswagen Akan Ganti Logo
Beli Mobil Toyota
Next post
Bocoran Rencana Toyota jika Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur