Home » Mobil » Bertahan Selama 20 Tahun, Honda CR-V Buktikan Sebagai SUV Terlaris

Bertahan Selama 20 Tahun, Honda CR-V Buktikan Sebagai SUV Terlaris

Honda CR-V telah menginjak usia 20 tahun dan diklaim sebagai SUV terlaris di kelasnya. (Foto: Carmudi/Yongki)

Bandung – Tahun ini Honda CR-V menginjak usia 20 tahun. Selama perjalanannya dalam dua dekade, CR-V berhasil membuktikan diri sebagai SUV terlaris di kelasnya. Sampai akhir 2019, sebanyak 213.241 unit Honda CR-V pun telah terjual di Indonesia.

Honda Motor pertama kali memperkenalkan Honda CR-V secara global pada 1995. Sementara itu, Honda CR-V generasi pertama diperkenalkan di Indonesia pada 2000. CR-V hadir sebagai sebuah SUV “Cross Country” yang menawarkan kenyamanan layaknya sebuah mobil penumpang. Hingga sekarang, model ini telah dipasarkan di 130 negara dengan capaian penjualan lebih dari 9 juta unit di seluruh dunia.

“Honda CR-V di Indonesia sudah 20 tahun, di mana waktu itu saya masih di factory menjadi project leader. Dahulu untuk generasi pertama sudah 7-seater, dan itu kami develop sendiri untuk Indonesia. Waktu itu 7-seater tax murah, bedanya untuk generasi pertama di Indonesia itu lampu belakang di bumper nyala, sedangkan di negara lain enggak ada,” beber Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Rabu (22/1/2020).

Konsep SUV medium 7-seater ini kembali hadir pada CR-V generasi kelima yang meluncur pada 2017 lalu. Pilihan bangku berkapasitas 7 penumpang tersedia pada CR-V di varian 1.5 liter Turbo dan 1.5 liter Turbo Prestige. Kabin All New Honda CR-V semakin terkesan luas berkat kehadiran Power Panoramic Sunroof.

“Honda CR-V merupakan produk istimewa bagi Honda dan juga telah mempunyai sejarah panjang hingga konsumen loyal di Indonesia. Kami percaya bahwa konsep Premium Urban Crossover yang ditawarkan Honda CR-V hingga ke generasi kelima saat ini sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia. Mereka menginginkan kenyamanan dalam setiap perjalanan dengan kondisi jalan yang beragam di Indonesia,” tambah Yusak.

Komunitas Honda CR-V Dorong Kehadiran Versi Diesel dan AWD.

Honda CR-V dinilai mampu memuaskan kebutuhan konsumen dan menjadi SUV terlaris di kelasnya. (Foto: Carmudi/Yongki)

Honda CR-V generasi pertama yang masuk secara impor sempat hadir dalam versi penggerak all wheel drive (AWD). Sayangnya, pihak HPM kemudian tidak menyediakan penggerak seluruh roda hingga CR-V masuk ke generasi kelima. Rupanya opsi ini begitu dinanti oleh kalangan loyalis Honda CR-V di Indonesia.

“Kita ingin CR-V juga ada opsi AWD. Karena bila ingin beli versi itu kita harus impor,” ujar Indra selaku anggota komunitas CR-V Club Indonesia dan pemilik Honda CR-V generasi ketiga.

Indra mengungkapkan, kalangan anggota komunitas dan pengguna setia Honda CR-V selama ini sudah cukup puas dengan SUV tersebut dari sisi kenyamanan dan ketangguhannya. Namun, kalangan loyalis juga berharap kepada pihak HPM agar memasukkan varian CR-V bermesin diesel. Opsi mesin penenggak solar ini menurutnya juga cocok untuk pasar Indonesia.

“Di luar juga ada CR-V diesel. Saya rasa varian itu cocok untuk di Indonesia karena di sini juga belum ada CR-V diesel,” tuturnya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mau Beli Honda CR-V? Sabar, Versi Terbaru Sudah Nongol

Previous post
MercedesTrophy Indonesia 2020 Bakal Segera Digelar, Catat Tanggalnya
Next post
Vario dan BeAT Dongkrak Ekspor Sepeda Motor Honda Sepanjang 2019