Berita

Honda Prediksi Pasar LCGC Tahun Depan Masih “Seksi”

Tangerang — Pasar mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC) masih dipandang cukup “seksi” oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) lantaran adanya regulasi pajak emisi tahun depan.

Pasalnya, mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2019, pada tahun depan LCGC akan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 3% dari yang sebelumnya tidak ada.

Dalam Peraturan tersebut menyebutkan PPnBM mobil baru tidak lagi berdasarkan bentuk atau jenis penggerak rodanya.

Atas dasar tersebut, Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales PT HPM mengatakan jika pasar LCGC akan optimis tumbuh.

Pabrik Mobil Honda pasar lcgc

Pabrik mobil Honda (Foto: Nikkei Asian Review)

“Walaupun pajak LCGC ini akan naik 3%, tetapi kami masih yakin pasar LCGC ini masih sangat diminati karena masih banyak juga first time buyer di Indonesia,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu di GIIAS 2021.

Lebih lanjut, Yusak Billy mengatakan bahwa faktor penjualan LCGC juga masih cukup baik dilihat dari market share yang ada di angka 17—18% secara nasional.

Kenaikan pajak sebesar 3% ini menurut pandangannya masih cukup rendah jika dibandingkan dengan mobil lain. “Kalau kita lihat pajak 3% ini masih lebih rendah dibanding LMPV yang nantinya kena 15% tahun depan,” katanya.

pasar lcgc

Pabrik Honda di Indonesia memproduksi Brio untuk diekspor (Foto: Istimewa)

Alasan lain dari Honda bahwa pasar LCGC tetap menarik dan bisa berkembang dikarenakan faktor ekonomi masyarakat yang dinilainya mulai membaik.

Banyak orang sudah melakukan vaksinasi dan angka kasus positif Covid-19 juga diklaim sudah jauh menurun dibandingkan tahun lalu.

“Kalau kita lihat, permintaan konsumen sudah mulai meningkat karena program vaksinasi, pandemi (Covid-19) pun sudah mereda, ya,” pungkasnya.

HPM sendiri masih mengandalkan Honda Brio di segmen LCGC lewat varian Satya yang hingga saat ini masih menjadi pendulang penjualan terbesar. Selain Brio Satya, Brio RS juga kerap menjadi pilihan konsumen di Tanah Air.

Bagi Carmudian yang tertarik dengan Honda Brio, bisa langsung klik tautan ini atau tombol di bawah untuk mendapat info spesifikasi, fitur, harga, hingga simulasi kreditnya.

Lihat Honda Brio

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *