Berita

Sempat Dibantah, Honda Akhirnya Recall Lima Model Mobil di Indonesia

recall

Honda Jazz ikut kena recall. (Foto: Carmudi)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia, baru-baru ini membantah bahwa pihaknya telah melakukan recall atau menarik kembali beberapa produknya yang terindikasi mengalami masalah pada bagian pengereman.

Bahkan pihak HPM juga sempat tidak membenarkan bila sudah melakukan recall secara diam-diam yang sempat disampaikan oleh pengguna mobil Honda di media sosial.

Namun akhirnya Honda jujur. Lewat keterangan yang dikirim ke sejumlah media, HPM mengumumkan ‘kampanye product update‘ (PUD), untuk komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman kendaraan.

Adapun produk yang terindikasi mengalami masalah tersebut adalah Honda Mobilio tahun produksi 2014 – 2017, Honda Brio tahun produksi 2014 – 2017, Honda Jazz tahun produksi 2014 – 2017, Honda HR-V tahun produksi 2014 – 2017 dan Honda BR-V tahun produksi 2015 – 2017.

Setidaknya ada 463.891 mobil di Indonesia yang harus melakukan penggantian komponen. Penarikan kembali dilakukan oleh HPM, sebagai upaya memastikan standar keselamatan dan kualitas tinggi pada seluruh produknya.

“Program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa seluruh produk berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas. Karena itu, program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan yang kami lakukan terhadap seluruh produk . Demi mencapai kepuasan pelanggan yang tertinggi,” ujar Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM.

HPM Beri Penggantian Komponen Gratis

Supaya informasi recall diketahui oleh konsumen, HPM melalui dealer akan melakukan pemanggilan atau pengiriman surat pemberitahuan. Khususnya untuk pengguna mobil Honda Mobilio, Brio, Jazz, HR-V dan BR-V.

Proses pemeriksaan dan penggantian komponen umumnya memakan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Masa kampanye PUD akan berjalan selama 6 bulan, mulai 26 Januari 2018 hingga 26 Juli 2018. Sementara masa perbaikan akan terus berlangsung walaupun masa kampanye telah selesai.

HPM mengingatkan kepada pelanggan yang mobilnya terindikasi bermasalah supaya secepatnya menghubungi dealer resmi Honda untuk melakukan perbaikan. Kontaknya bisa lewat Honda Customer Care di 0-800-11-22-789 setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Ini adalah untuk membuat janji (booking) pemeriksaan dan/atau penggantian komponen di mobilnya. Informasi mengenai kampanye ini dan kendaraan yang teridentifikasi juga dapat dilihat di situs resmi Honda Indonesia. (dna)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts