Berita

Iklan Toyota GR Yaris Mendapat Kritikan

Iklan Toyota GR Yaris

Iklan Toyota GR Yaris dianggap mengajak orang untuk ngebut (Foto: Carexpert)

SydneyToyota tengah sibuk mempromosikan GR Yaris yang baru saja meluncur di Australia. Bahkan perusahaan membuat iklan berupa video berdurasi singkat sebagai media promosi.

Namun sayang, video iklan GR Yaris yang dirilis Toyota mendapat kritikan pedas dari Advertising Standards Bureau, biro periklanan di sana.

Berdasarkan hasil tinjauan biro periklanan ditemukan bahwa iklan Toyota GR Yaris mempromosikan kecepatan yang tidak aman.

Pihaknya mengatakan bahwa Toyota telah melanggar dua kode etik Federal Chamber for Automotive Industries Motor Vehicle Advertising (FCAI). Pertama mengemudi tidak aman, dan kedua melanggar batas kecepatan.

Baca Juga:

Merek mobil terlaris di Australia itu disarankan untuk melakukan modifikasi iklan Toyota GR Yaris sebelum ditayangkan kembali.

Terkait kritikan tersebut, Toyota menjawab bahwa perusahaan sama sekali tidak berniat untuk mempengaruhi orang berkendara ngebut.

“Toyota menanggapi pendapat pelapor dengan sangat serius. Namun, kami yakin bahwa Iklan tersebut tidak melanggar Kode FCAI atau undang-undang dan peraturan yang berlaku yang mengatur standar mengemudi,” kata Toyota menanggapi keluhan tersebut, seperti dikutip dari Carexpert, Jumat (8/1/2021).

Iklan Toyota GR Yaris

Video iklan Toyota GR Yaris mendapat kritikan dari biro periklanan Australia (Foto: Carexpert)

Toyota Bukan yang Pertama

Toyota bukanlah produsen mobil pertama yang iklannya mendapat kritikan dan ditarik dari peredaran karena ketidaksesuaian dengan aturan periklanan.

Sebelumnya ada Ford, di mana pabrikan asal Amerika Serikat itu terpaksa memodifikasi iklan Ranger Raptor pertamanya, karena dianggap memperlihatkan akselesasi kendaraan yang sangat cepat.

Iklan ‘Too Powerful for TV’ yang dirilis Volkswagen untuk mempromosikan Amarok juga terpaksa diubah setelah melanggar peraturan.

Toyota GR Yaris Laris Manis

Untuk diketahui, Toyota GR Yaris meluncur di Australia tahun lalu dengan harga mulai dari 39.950 dolar Australia atau sekira Rp514 juta.

Belum lama diluncurkan, mobil perkotaan pintu dua itu langsung ludes diborong konsumen. Tercatat 1.000 unit GR Yaris terpesan oleh konsumen hanya beberapa hari pasca diluncurkan.

Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris resmi diperkenalkan di Thailand (Foto: Toyota)

Toyota mengatakan bahwa dari berbagai warna yang tersedia, sekira dua pertiga pelanggan memilih putih, sisanya terbagi hampir merata antara hitam dan merah.

Keluarga baru Toyota ini dibekali mesin bensin tiga silinder 1.6 liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 268 hp dan torsi 370 Nm. Ini menjadikannya mesin tiga silinder paling bertenaga yang pernah ditawarkan

Tenaga disalurkan melalui transmisi manual enam percepatan ke keempat roda. Akselerasi dari posisi diam sampai 100 km / jam hanya 5,2 detik membuat GR Yaris lebih cepat dari Renault Megane RS Trophy-R. Tetapi dari catatan itu masih hampir setengah detik lebih lambat dari Volkswagen Golf R.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts