Berita

Inikah Wujud VW Kombi Listrik yang Bakal Rilis 2022?

Jerman Volkswagen (VW) diketahui tengah mengembangkan minibus listrik yang diawali dengan kemunculan mobil konsep ID Buzz pada 2017 silam. Belakang mobil yang disebut-sebut akan menjadi penerus VW Kombi itu tertangkap kamera dengan desain bodi selayaknya mobil produksi massal.

VW Kombi Listrik

(Foto: IG @red.david)

Foto tersebut pertama kali muncul ke publik lewat unggahan akun Instagram @red.david. Tertulis nama kota Braunschweig, Jerman sebagai lokasi unggahan tertanggal 27 Juni 2021 itu.

Foto pertama menunjukkan bagian depan mobil yang wujudnya sudah lebih realistis dibanding konsepnya.

Desain lampu depan yang awalnya hanya semacam garis LED kini dibuat seperti pada mobil umumnya. Kemudian lower grille dari yang sebelumnya berupa jaring-jaring kecil sekarang menjadi lebih besar.

Namun, ciri khas yang sejak awal dimiliki konsep ID Buzz tetap bisa ditemui. Pertama adalah pilar A yang memiliki kaca tersendiri berbentuk segitiga. Kedua adalah lekukan garis yang seolah-olah menyambung dari depan ke sisi samping mobil.

Foto berikutnya menunjukkan bagian belakang. Nampak penggunaan sepasang stop lamp dengan desain lancip. Prediksinya kedua lampu itu terhubung LED bar yang saat ini masih tertutup stiker kamuflase.

VW Kombi Listrik

(Foto: IG @red.david)

Spesifikasi VW Kombi Listrik

Autocar melaporkan VW Kombi listrik akan menyapa pasar pada 2022 mendatang. Kemungkinan meminjam jantung mekanis milik SUV VW ID 4 yang bisa menghasilkan tenaga antara 150 Hp hingga 203,7 Hp.

Sementara Caradvice menyebut mobil ini akan berdiri di atas platform MEB yang mengusung arsitektur khusus mobil listrik.

Terlepas dari namanya nanti, konsep ID Buzz juga akan dilengkapi dengan kemampuan self driving berbekal teknologi artificial intelligence yang disuplai oleh perusahaan subsidiari VW bernama Moia.

Mobil konsep VW ID Buzz

Sebagai informasi, ini bukanlah pertama kalinya VW menjadi pusat perhatian dalam pengembangan mobil konsep ID Buzz. Pada Februari lalu VW diketahui melakukan test mule (percobaan komponen mobil baru pada mobil yang sudah ada) menggunakan Transporter.

Sedangkan konsep ID Buzz itu sendiri pertama kali diperlihatkan pada Januari 2021. Desainnya mengambil inspirasi dari VW Type 1 sehingga menghasilkan tampilan yang menggabungkan kesan klasik sekaligus futuristis.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts