Tips dan Trik

Jangan Terkecoh, Begini Cara Membedakan Busi Bosch Palsu dan Asli

Jakarta – Busi merek Bosch beredar luas di pasar aftermarket Tanah Air, sebagai pemilik kendaraan wajib tahu cara membedakan yang palsu dan asli. Hal ini penting supaya tidak tertipu dan kecewa di kemudian hari.

Saat ini ada beragam merek dan jenis busi yang dijual oleh pedagang aksesori dan sparepart kendaraan bermotor. Sebut saja satu di antaranya busi merek Bosch.

Akan tetapi tidak semua busi Bosch yang ada dipasaran asli. Ada juga pedagang nakal yang menjual produk palsu dengan kemasan atau tampilan yang mirip sekali seperti aslinya.

Busi Bosch Palsu dan Asli

Busi Bosch (Foto: Bosch)

Nah, supaya tidak terkecoh, tidak ada salahnya membekali diri dengan pengetahuan mengenai beda busi Bosch palsu dan asli.

Arditya Wicaktama Channel Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, membeberkan cara mudah membedakan busi Bosch palsu dan asli.

Dijelaskan Arditya, sebenarnya untuk mengetahui asli tidaknya busi tersebut bisa dilihat secara langsung, tanpa perlu merabanya. Cukup lihat pada bagian Metal Case/Shell saja.

“Paling gampang membedakan itu busi Bosch asli dengan yang palsu dilihat dari ujungnya. Pada busi yang asli tampak buram, sedangkan yang palsu mengilap,” terang dia dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (25/1/2022).

Arditya menambahkan, pada bagian Metal Case busi yang asli memang terlihat buram karena ada lapisan nikel.

“Itu yang membuat busi kami tahan terhadap korosi,” sambungnya.

Pemasangan busi Bosch di mobil (Foto: Bosch)

Keunggulan Busi Bosch

Masing-masing merek busi memiliki keunggulan tersendiri. Khusus busi Bosch, setidaknya ada dua keunggulan paling utama yang dimiliknya.

360 Continuous Laser Welding

Busi Bosch memiliki 360 Continuous Laser Welding, artinya pengelasan dilakukan secara berurutan.

“Maksudnya kalau busi yang biasa itu titik-titik sampai mutar, jadi ini (360 Continuous Laser Welding) tidak putus lasernya. Itu digunakan untuk menyambung copper core dan center electrode-nya. Dengan 360 Continuous Laser Welding itu dijamin tidak ada partikel-partikel kecil yang masuk ke dalam sela-sela. Artinya busi Bosch ini tahan dengan kondisi ekstrem terutama di rpm yang tinggi,” tutur Arditya.

Badan Busi Berlapis Nikel

Badan busi Bosch dilapisi nikel, tujuannya supaya tidak mudah karatan atau korosi.

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts