BeritaMobilSepeda motorSumber informasi

Jokowi ke GIIAS 2018 Pertama Kali hingga Puluhan Mobil Baru Meluncur di Indonesia

Presiden Jokowi buka Pameran GIIIAS 2018 (Foto: Dokumentasi Seven Event)

Tangerang – Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Agustus. Itu artinya pesta otomotif tahunan berskala internasional itu resmi dimulai. Pada hari yang sama puluhan mobil-mobil baru meluncur dari berbagai merek. Menariknya mobil-mobil baru yang ada sebagian di antaranya meluncur pertama di dunia, South east asia premieres, dan Indonesian premieres.

Kabar dari pameran otomotif GIIAS 2018 mendominasi peberitaan di Carmudi selama sepekan kebelakang. Selain itu tentunya ada kabar menarik lain, berikut ini rangkuman berita Carmudi sepekan:

1. Jokowi Pertama Kali ke GIIAS

Sebelum resmi membuka pameran otomotif GIIAS 2018, Presiden Rebublik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan kata sambutan terlebih dahulu. Dalam kata sambutannya itu Jokowi mangaku baru pertama kali mengunjungi pameran GIIAS 2018.

“Senang sekali saya bisa hadir di acara ini yang setiap tahun selalu diadakan. Dan ini saya harus ngomong apa adanya kalau baru pertama kali saya datang dan hadir di GIIAS,” ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan perkembangan industri otomotif di Indonesia serta menjelaskan tantangan yang harus dihadapi kedepannya. Tiga tantangan tersebut adalah fenomena mobil listrik, teknologi disrupsi seperti kendaraan otonom dan aplikasi transportasi online, dan angka penjualan tidak mampu bergerak naik lagi. Baca selengkapnya

2. Warna Plat Nomor Kendaraan Berubah Putih

Rumor beredar warna plat nomor kendaraan di Indonesia kana berubah dari semula hitam menjadi putih. Rencannya perubahan warna akan dilakukan pada 2019. Namun rumor tersebut dibbantah oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa. Menurutnya sampai saat ini masih perubahan warna plat nomor kendaraan masih dalam proses pengkajian dan belum akan diberlakukan dalam waktu dekat.

“Plat nomor putih enggak ada itu. Masih dalam kajian. Kajiannya saja belum ada kesimpulannya. ‘Kan masih meneliti, kalau belum jadi belum bisa diumumkan,” ujar Royke.

Royke manambahkan, kajian pergantian warna plat nomor masih di tahap-tahap awal seperti perhitungan biaya dan lain-lain.

warna plat nomor

Plat nomor putih yang diposting akun Instagram PolantasIndonesia menimbulkan pertanyaan (Foto: Instagram @polantasindonesia)

“Enggak gampang kajiannya..Lagi pula belum menjadi suatu hal yang krusial atau penting. Kita sekarang fokus dulu ke aturan Ganjil Genap, ” sambung dia.

3. Menanti Produk Baru hasil Kerjasama Toyota dan Daihatsu

Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi membuat satu mobil baru yang akan dipasarkan di Indonesia. Kolaborasi kali ini berbeda dari sebelumnya. Sebagaimana diketahui sekarang ini ada empat produk kembar yang dihasilkan dari hasil kerjasama kedua brand asal Jepag itu. Ketinganya adalah Avanza dan Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra.

Menurut Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, produk baru hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu bisa saja terjadi dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya.

“Kalau dulu pernah Toyota dan Daihatsu berkolaborasi. Tapi sekarang payungnya sudah jelas bahwa ada Daihatsu Motor Company dan Toyota Motor Corporation di Jepang, kalau di Indonesia ada ADM dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Itu akan semakin jelas. Kalau dulu kolaborasi produk, ada embem Toyota dan Daihatsu. Ke depan, apakah akan produk itu dibedakan secara model itu, ya itu bisa saja,” kata pria yang akrab disapa Soerjo itu.

Selain itu ada bahasan yang menarik terkait salah satu produk Toyota yang sempat muncul tapi sekarang tenggelam. Yaitu Toyota Veloz Tigre bagaimana kabarnya.

4. Keunggulan Honda Forza

Meramaikan segmen skuter matik (skutik) premium berbadan ‘bongsor’ di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Forza. Sambutan positif dari konsumen terhadap Honda Forza langsung terasa. Berdasarkan data pemesanan sementara sepeda motor Honda di GIIAS, tercatat sudah puluhan orang yang tertarik untuk meminang skutik Completely Build Up (CBU) asal Thailand itu.

Honda Forza (Foto: Carmudi)

Mengaca pada harga dan antusias pecinta skuter matik bermesin 250cc yang cukup tinggi, mengisyaratkan motor ini memiliki berbagai keistimewaan yang belum ada di model Honda lainya.

5. Mobil-mobil Baru Meluncur di GIIAS 2018

Tradisi pameran otomotif GIIAS 2018 yang tidak pernah luntur yaitu peluncuran mobil-mobil baru di hari pertama penyelenggaraan. Terdapat puluhan mobil baru yang meluncur di GIIAS 2018. Beberapa di antaranya adalah All New Honda Brio, Datsun GO-Live, Mitsubishi Xpander varian baru, new Chevrolet Trailblazer dan new Spark, new Lexus UX dan new Lexus ES, serta masih banyak lagi.

Datsun GO-Live (Foto: Santo/Carmudi)

(Baca juga: Hyundai Santa Fe Generasi Ke-4 Resmi Mengaspal, Mazda6 Baru , mobil SUV Wuling serta harga Nissan Terra 2018. Selain itu ada juga dari brand roda dua seperti, Suzuki Bandit, Honda Forza dan Honda Super Cub C125, serta lainnya. (dol)

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts