BeritaEventSepeda motorSumber informasi

Kedua Tercepat, Rossi Waspadai Kecepatan Marquez

Sydney – Pebalap tim Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, mengaku mengalami kesulitan saat melakoni tes pramusin di Sirkuit Phillip Island, Rabu (15/2) waktu setempat. Meski sempat mengalami kesulitan, tapi Rossi akhirnya mampu menempati posisi dua klasemen hari pertama.

rossi

Tes pramusim hari pertama di sirkuit Phillip Island (MotoGP.com)

Juara dunia sembilan kali ini masih tetap berkutat dengan tunggangannya. Sejauh ini, Rossi masih mengevaluasi mengenai berbagai macam rangka dan fairing. Uji coba yang dilakukan pada pagi hari, diakui pebalap asal Italia ini cukup merepotkannya.

Baru menjelang berakhirnya sesi latihan di sore hari, Rossi berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 1m29.683detik. Catatan waktu terpaut 0.816detik dari Marc Marquez, yang menempati posisi puncak di sesi latihan hari pertama.

rossi

Hari pertama tes uji coba di sirkuit Phillip Island (MotoGP.com)

“Hari cukup baik dan saya merasa puas. Kami memang memulainya dengan cara yang agak sulit di pagi hari. Saya merasa kurang kuat untuk menekan ke tingkat maksimal. Saya tak mendapatkan perasaan yang tepat. Tapi, kami bekerja cukup baik di sore hari. Situasinya berubah dan saya sedikit membaik,” kata pebalap berusia 38 tahun tersebut.

Masih Tercepat, Rossi Jadikan Marquez Tolok Ukur

Saat melakoni tes pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia, Honda terlihat tak bisa tampil maksimal. Tapi, segalanya terlihat berbeda di Phillip Island. Marquez menjadi yang tercepat di hari pertama. Rossi pun mengatakan kalau Marquez menjadi pebalap yang harus dikalahkan selama uji coba.

rossi

Marc Marquez masih menjadi yang tercepat di sesi latihan (MotoGP.com)

“Vinales memang terlihat kuat di Valencia dan Sepang. Tapi jika melihat catatan waktu Marquez, ia tetap menjadi yang tercepat di Valencia, Malaysia, dan hari ini. Jadi, saya pikir ia pebalap yang harus ditaklukkan,” cetusnya.

Pebalap veteran asal Italia ini meyakini kecepatan Marquez didapatkan dari penggunaan ban-ban lawas. Rossi pun mengakui ada banyak hal yang harus dibenahi untuk bisa mengatasi juara dunia tahun lalu tersebut.

rossi

Tes pramusim tim Yamaha Movistar di Phillip Island (MotoGP.com)

“Ketika melaju, kecepatan Marquez sangat stabil. Mereka banyak menggunakan ban bekas untuk pertandingan. Saya kira ia menjadi referensinya. Masih ada banyak hal yang harus kami lakukan, khususnya untuk lintasan panjang. Semoga saja cuacanya akan bagus selama beberapa hari ke depan,” pungkasnya. (Dol)

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts