Reviews

Keunggulan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Review kali ini akan membahas mengenai keunggulan dan kelemahan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Black Edition. Kedua mobil ini merupakan varian terbaru yang diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada Kamis (10/6/2021).

Model yang diklaim sebagai edisi spesial dengan warna hitam sepenuhnya ini mengalami beberapa penyegaran di bagian eksterior dan interiornya.

Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition ditawarkan dengan harga Rp273,9 juta (transmisi manual) dan 283,8 juta (transmisi otomatis).

Keunggulan dan kelemahan xpander black edition

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition (Foto: MMKSI)

Supaya lebih fokus, pada artikel ini Carmudi akan membahas keunggulan dan kelemahan dari Mitsubishi Rockford Fosgate Black Edition saja.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition
Jenis mesin
4 silinder segaris
Kapasitas1.498 cc
Teknologi mesinDOHC, MIVEC
Tenaga maksimal
102 hp @6.000 rpm
Torsi maksimal
141 Nm @4.000 rpm
Transmisi
Otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan
Konsumsi BBM13-15 km/liter

Keunggulan Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Tampilan Lebih Sangar

Berkat penggunaan warna hitam di sekujur bodinya, Mitsubishi Rockford Fosgate Black Edition terlihat menjadi lebih sangar. Bagian yang dibubuhi warna hitam ini ada di bagian gril depan, bagian bawah bumper depan dan belakang, dynamic shield, cover spion, pelek, dan moulding samping.

Varian baru ini juga mudah dikenali dengan adanya emblem Rockford Fosgate serta Black Edition di belakang. Emblem ini pun menjadi pembeda dengan Black Edition sebelumnya.

Keunggulan dan kelemahan xpander black edition

Perbedaan lainnya dari versi Black Edition sebelumnya terdapat aksen merah di beberapa bagian eksterior maupun interior, seperti di bagian bumper depan, side skirt, bumper belakang, dan interior. Nah, di generasi baru Black Edition ini warna merah tersebut dihilangkan.

Bagi penyuka mobil warna gelap, varian ini bisa menjadi salah satu alternatif menarik. Visual mobil yang mengedepankan unsur hitam memang membuat aura gahar menjadi terasa. Menarik atau tidak, kembali kepada selera masing-masing ya, Carmudian.

Fitur Bertambah

Selain kosmetik dibandingkan Xpander Black Edition sebelumnya, fiturnya juga bertambah, seperti audio lansiran Rockford Fosgate dengan Digital Signal Processor (DSP), subwoofer di bagian belakang, interior serba hitam tanpa aksen merah, tombol start/stop button, dan MID yang sudah berwarna.

Keunggulan dan kelemahan xpander black edition

Sepekan sebelum peluncuran, Carmudi mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung untuk mendapat impresi pertama. Ketika melihat mobil ini pertama kali, menurut kami terbilang oke secara visual maupun fitur. Tampilan serba hitam membuat mobil terkesan gagah.

Interior Nyaman

Interiornya menggunakan bahan fabric yang lembut dan nyaman diduduki.

Jujur, saya pribadi merupakan orang yang suka dengan interior berbahan fabric karena lebih nyaman diduduki dan tidak membuat punggung cepat berkeringat.

Jok sisi samping memakai material seperti beludru halus, sedangkan bagian tengah memakai kain dengan motif agak menyilang.

Punya Paket Khusus

Untuk pembeli Xpander Rockford Fosgate Black Edition punya paket yang tak bisa didapatkan oleh pembeli Xpander biasa. Paket tersebut merupakan paket perawatan atau servis berkala mobil.

Pembeli nantinya akan mendapat Smart Package Silver yang mencakup sebagai berikut

  • Gratis biaya jasa 50 ribu km atau 4 tahun
  • Gratis biaya suku cadang Mitsubishi Genuine Oil & Brake Fluid
  • Chemical items, engine flush
  • Asuransi kecelakaan pengemudi 1 tahun dengan jumlah klaim maksimal Rp10 juta per orang
  • Asuransi flat tire 1 tahun dengan klaim maksimal Rp1,4 juta per ban

Paket yang sudah disebutkan di atas hanya bisa dinikmati oleh pembeli Xpander dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition terbaru saja.

Kelemahan Xpander Rockford Fosgate Black Edition

Warna Monoton

Harus diakui, penggunaan warna hitam di seluruh bagian bodi mobil membuat tampilannya menjadi monoton atau membosankan. Ketika melihat mobil ini dari bawah sampai atas, semuanya hitam dan benar-benar tak ada warna lain.

Keunggulan dan kelemahan Xpander serta Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition

Akan tetapi, tidak semua orang beranggapan demikian. Semuanya kembali kepada selera masing-masing personal.

Varian ini dijual dalam dua pilihan warna saja, yakni hitam dan putih. Ada yang suka dengan tampilan hitam sepenuhnya, ada juga yang tidak.

Harga Lebih Mahal

Perbedaan harga antara versi standar dengan Mitsubishi Rockford Fosgate Black Edition ternyata tak berbeda jauh. Xpander versi hitam ini mengambil basis dari Xpander Sport yang notabene dijual seharga Rp265 juta.

Dengan penambahan kosmetik dan fitur, memang wajar jika harganya lebih mahal. Namun semua dikembalikan kepada calon pembeli. Soal harga merupakan penilaian pribadi masing-masing menyesuaikan kemampuan finansial.

Kesimpulan

Mitsubishi Xpander varian standar atau Rockford Fosgate Black Edition menurut kami layak dibeli.

Bagi mereka dengan finansial terbatas bisa memilih versi standar (biasa). Namun jika punya uang lebih, boleh juga membeli varian Rockford Fosgate Black Edition yang jadi varian tertinggi.

Salah satu alasannya adalah kualitas audionya jauh lebih baik dibanding versi standar dan punya privilege untuk mendapatkan perawatan servis berkala.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pembeli bisa mendapat banyak keuntungan yang tak bisa didapat oleh pembeli Xpander versi biasa. Jelas ini menjadi poin penting sebelum membeli.

Selain itu, mobil ini juga memang ditujukan kepada Carmudian yang suka dengan mobil bertema gahar. Seluruh bodi yang dibuat hitam memberikan kesan gahar dan tangguh.

Namun, mobil ini menurut kami kurang cocok dibeli bagi mereka yang familiar dengan mobil berwarna cerah. Black Edition kali ini benar-benar menggambarkan hitam sesungguhnya.

Keunggulan dan kelemahan Xpander Rockford Fosgate Black Edition sudah kami beberkan di atas. Kira-kira mobil ini bakal jadi mobil yang laris di Indonesia atau tidak, ya?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts