Home » Berita » Korlantas Polri Bangun Safety Driving Centre, Untuk Apa?

Korlantas Polri Bangun Safety Driving Centre, Untuk Apa?

Spanduk Unik
Spanduk unik himbauan agar tertip lalu lintas. Foto/NTMC.

Jakarta – Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas) Polri berencana membangun fasilitas Safety Driving Centre (SDC) di Serpong, Tangerang. Fasilitas ini sengaja dihadirkan sebagai bagian memperkenalkan sekaligus mempertajam pengetahuan pengemudi kendaraan bermotor dalam rangka menciptakan keselamatan berlalu lintas. Selain itu juga tentunya dalam rangka membangun budaya tertib lalu lintas

“Bahwa akan dibangun sarana untuk meningkatkan pengguna kendaraan bermotor agar betul-betul unggul. Artinya mereka (pengguna kendaraan bermotor) memahami bagaimana menggunakan kendaraan bermotor yang benar di jalan. Selain itu di sana juga akan diberikan semacam pembelajaran untuk mengenali semua sarana dan prasarana yang ada di jalan seperti rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, trotoar, dan sebagainya yang ada di jalan raya,” ungkap Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Indra Jafar di Jakarta belum lama ini.

Saat ini Safety Driving Centre masih dalam tahap pembangunan, belum diketahui pasti kapan fasilitas tersebut rampung dan bisa digunakan.

“Ini program Korlantas. Sekarang masih lagi dibangun. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektar,” sambung Kombes Indra.

Jika sudah resmi dibuka, lantas siapa saja yang bisa menggunakan SDC? Kombes Indra mengatakan penggunanya boleh dari mana saja, termasuk kalangan komunitas sepeda motor maupun mobil yang ingin menambah pengetahuan tentang keselamatan berlalu lintas.

“Ya, bisa saja nanti akan ada dari komunitas-komunitas roda dua dan empat. Bisa juga diler mobil dan motor, mereka dapat uji coba di sana,” ungkap mantan Kapolres Jakarta Selatan itu.

Dirinya menambahkan bahwa tidak hanya sebatas komunitas maupun pemilik kendaraan bermotor saja, masyarakat yang hendak menjalani ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebaiknya dan disarankan belajar terlebih dulu di SDC ini.

“Nah untuk itu disiapkan saranannya di sana (Safety Driving Centre),” jelas Kombes Indra.

Komunitas Isuzu MU-X

Safety Driving Centre akan Terus Berkembang

Mengingat pentingnya keselamatan berlalu lintas di Jalan raya, Korlantas berencana tidak hanya mendirikan SDC di Serpong saja, tapi juga di wilayah lain. Kota yang sudah masuk dalam target pembangunan adalah Gorontalo, Sulawesi Utara.

“Sekarang rencananya baru di Serpong dan Gorontalo. Nanti akan menyusul kota-kota besar lain di Indonesia. Saat ini kami belum punya target berapa kota yang akan punya fasilitas SDC,” pungkas dia.

Untuk diketahui, dalam membangun fasilitas SDC ini Korlantas melakukan studi hingga ke Australia. Ada beberapa poin penting yang perlu disiapkan guna mendukung pembanguan fasilitas SDC. Mulai dari mempersiapkan sistem penerbitan SIM, laboratorium, hingga memasarkan SDC.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Cara Kepolisian Optimalkan Road Safety Koneksikan Semua Sistem

Previous post
Ini Gejala Mesin Gran Max dan Luxio Mati Karena Con-Rod Patah
Nikita Mirzani Pernah Ngebut Sampai 200 Km/jam Pakai Motor Ini
Next post
Nikita Mirzani Pernah Ngebut Sampai 200 Km/jam Pakai Motor Ini