Mobil

Mau Beli Bekas? Simak Dulu Harga Mobil Toyota Avanza Terbaru 2021

Harga mobil Avanza 2021

Jakarta – Harga bekas mobil Toyota Avanza di tahun 2021 bisa dibilang menjadi tolak ukur bagi mereka yang hendak membeli mobil bekas.

Tapi tidak semua orang juga mencari mobil bekas. Ada juga sebagian masyarakat yang membeli dalam kondisi baru.

Mereka yang membeli dalam kondisi baru juga mencari tahu harga mobil Avanza di tahun 2021. Kenapa? Karena biasanya setiap tahun harga mobil baru selalu mengalami kenaikan.

Sedangkan harga mobil bekas setiap tahunnya mengalami penurunan. Hal ini selalu menarik buat dibahas oleh mereka yang mau membeli mobil.

Baca Juga:

 

Kenapa Toyota Avanza?

Pertanyaannya adalah, kenapa membeli mobil Toyota Avanza di tahun 2021? Apa alasannya?

Buat sebagian orang mendengar nama Toyota Avanza ini cukup membosankan.

Harga mobil Avanza 2021

Toyota Avanza 2021 (Foto: TAM)

Tapi ada beberapa hal yang membuat pertanyaan tersebut bisa masuk akal. Apa saja?

Spare Part Melimpah dan Murah

Salah satu alasan kenapa masih banyak orang mencari harga mobil Avanza di tahun 2021 adalah spare part atau suku cadang dari mobil ini yang benar-benar melimpah.

Saking melimpahnya, mencari spare part mobil ini di berbagai kota di Indonesia cukup mudah. Hal ini karena penjualan Avanza sejak 2004 yang cukup baik.

Populasinya sangat banyak, enggak heran kalau ketersediaan spare part-nya juga sangat melimpah dan juga sangat murah.

Ibaratnya, spare part Toyota Avanza tersedia dalam kategori KW2, KW3, dan seterusnya.

Tak hanya di bengkel-bengkel, mencari spare part Toyota Avanza di toko online pun sangat mudah. Misalnya shockbreaker yang dijual dengan harga Rp600 ribu di toko online.

Harga mobil Avanza 2021

Toyota new Avanza laris manis. (Foto: Carmudi)

Harga tersebut merupakan harga shockbreaker untuk set depan dan belakang.

Bahkan harga spare part Toyota Avanza ada yang setara dengan sebungkus Nasi Padang. Filter oli mesin misalnya, di toko online dijual dengan harga Rp15 ribuan saja.

Dengan harga spare part seperti ini jelas ini jadi salah satu poin yang membuat Avanza laris.

Yakin kamu enggak tergiur punya mobil yang harga spare part-nya murah begini?

Kuat dan Bandel

Didesain khusus untuk pasar Indonesia, Toyota Avanza punya durabilitas yang sangat tinggi. Tahan di cuaca ekstrem, tangguh, mesinnya bandel, dan bisa dibilang enggak rusak-rusak.

Enggak heran kalau Toyota Avanza sering dijadikan mobil ‘perang’ buat perusahaan dan taksi online. Disuruh bawa beban berat oke, menerabas banjir udah sering, macet-macetan luar biasa di Jakarta siang terik juga enggak khawatir.

Harga mobil Avanza 2021

Uji tabrak Toyota Avanza oleh Global NCAP (Foto: Global NCAP)

Coba sebutkan hal yang enggak bisa dilakukan oleh Avanza di dunia ini. Kalau dipikir-pikir mobil ini aneh bin ajaib juga yah.

Harga Mobil Toyota Avanza 2021

Harga Mobil Avanza Baru 2021

Buat kisaran harga mobil Toyota Avanza di tahun 2021 berkisar Rp200 jutaan sampai Rp231,2 jutaan. Harga tersebut tentunya harga on the road wilayah Jakarta.

Variannya sendiri terdiri dari 6 tipe yang ditawarkan buat konsumen Indonesia. Tipe terbawah adalah tipe E STD MT lalu teratas ada tipe G AT.

Harga Toyota Avanza Terbaru 2021

TipeHarga
1.3 E STD MTRp200,2 juta
1.3 E STD ATRp211,4 juta
1.3 E MTRp202,7 juta
1.3 E ATRp213,9 juta
1.3 G MTRp220,5 juta
1.3 G ATRp231,2 juta

Toyota Avanza di Indonesia hanya terdiri dari mesin 1.300 cc saja. Sedangkan untuk Avanza Veloz, tersedia dengan mesin 1.500 cc.

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Harga Mobil Avanza Bekas 2021

Lalu, bagaimana harga bekas Toyota Avanza di tahun 2021?

Harga bekas Toyota Avanza terbilang mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga rentang harganya berada di bawah Rp200 jutaan.

Misalnya Toyota Avanza bekas tipe G MT produksi tahun 2020. Harga barunya ada di Rp220 jutaan, sedangkan harga bekasnya ada di kisaran Rp200 jutaan sampa Rp180 jutaan.

Ini artinya ada penurunan harga sekitar Rp20 jutaan sampai Rp30 jutaan.

Untuk tipe E, harga bekasnya ada di kisaran Rp140 jutaan sampai Rp180 jutaan. Tentu harga juga berpengaruh kepada kondisi kendaraan dan tipe kendaraan.

Semakin mulus unit yang dijual, biasanya harga yang ditawarkan juga masih tinggi. Namun harga bekasnya tetap di bawah Rp200 jutaan.

Buat pembeli mobil pertama, ada baiknya membeli dalam kondisi bekasnya saja karena lebih untung dari segi ekonomi.

Ibaratnya hanya selisih pada pemakaian saja, tetapi sudah bisa mendapatkan harga lebih murah. Mobil yang punya harga murah juga tidak selalu murahan.

Kekurangan Toyota Avanza

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, mungkin ada sebagian yang bosan dengan mobil ini. Yuk, kita kupas bersama tentang kekurangan Toyota Avanza.

Desain Membosankan

Agak capek kalau membahas yang satu ini. Desain Avanza dari dulu sampai sekarang benar-benar enggak berubah banyak.

Peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota lumayan senang cuma memberikan facelift aja buat konsumen. Tinggal tambah beberapa fitur, naikin harga, jadi, deh.

Toyota masih percaya diri dengan tampilan Avanza, jadi jangan berharap kalau mobil ini bakal mendapat facelift yang lebih banyak.

Buat mereka yang mementingkan desain, jangan beli mobil ini. Dijamin kamu bakalan bosan melihatnya.

Desain membosankan enggak cuma pada tampilan eksteriornya aja, interiornya juga. Secara kualitas memang membaik, tapi kenyamanan mata rasanya enggak, deh!

Minim Fitur Keselamatan

Kalau mau membeli mobil yang kaya fitur keselamatan, tolong jangan pilih Avanza. Mobil ini tidak dibekali fitur keselamatan yang cukup oke.

Fitur keselamatannya terdiri dari dual airbag, seatbelt, rem ABS, side impact beam, peringatan seatbelt, dan ISOFIX.

Baca Juga:

Kalau dilihat dari fitur tersebut, enggak salah kalau harga mobil Avanza 2021 enggak terlalu mahal. Harga barunya tak lebih dari Rp240 jutaan.

Sedangkan bekasnya, cukup terjerembab di bawah Rp200 jutaan.

Kalau sudah melihat dari harganya, kira-kira kamu lebih baik membeli dalam kondisi bekas atau baru?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts