Home » Tips dan Trik » Mau Beli BMW Bekas, Ini Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Mau Beli BMW Bekas, Ini Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Beli BMW bekas banjir perlu sangat hati-hati

Jakarta – Masa banjir yang berlangsung di awal Januari 2020 lalu kini sudah surut dan masyarakat bisa beraktivitas seperti semula. Pasca diterjang banjir, banyak mobil-mobil mewah yang jadi korban. Kalian yang berencana beli BMW bekas, cari tahu dulu ciri mobil yang pernah terendam banjir atau tidak.

Sebagaimana kita ketahui, kendaraan yang terdampak banjir biasanya memiliki risiko kerusakan lebih besar di masa depan. Calon pembeli mobil bekas merek Eropa seperti BMW tentu khawatir, mobil bekas yang mereka cari apakah pernah jadi korban banjir atau tidak.

Kita patut curiga bila harga yang ditawarkan cenderung lebih murah, atau bahkan murah sekali dibanding pasarannya. jangan terkecoh dengan harga yang terlampau murah sebelum melakukan beberapa pengecekan awal supaya tidak mendapatkan unit dengan kondisi bekas terendam banjir.

Cara pertama untuk memprediksinya kita bisa mencari tahu dari dokumennya seperti STNK dan BPKB. Kita perhatikan alamat domisili dari pemilik mobil tersebut apakah berasal dari daerah rawan banjir atau tidak. Walaupun tidak semua daerah rawan banjir pasti terendam, tapi ini bisa dijadikan pertimbangan tambahan untuk melakukan inspeksi lebih jauh.

Pemeriksaan Mobil Bekas Banjir

Evakuasi Mobil BMW Korban Banjir di Jakarta

Cara mudah selanjutnya, kita bisa ketahui dari aroma interior mobil yang akan kita beli. Mobil bekas terendam banjir akan memiliki aroma interior bau lumpur yang tidak sedap.

“Jika dibandingkan dengan mobil yang interiornya masuk dalam kategori tidak terawat, mobil bekas terendam banjir akan lebih bau lagi,” ucap Terry Tham, Kepala Cabang BMW Astra Used Car.

Untuk memastikannya, kita bisa meminta rekam perawatan mobil pada penjual atau pemilik sebelumnya. Selain itu, dari jenis komponen apa yang diganti bisa diprediksi juga apakah mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak. Mobil yang pernah terendam banjir biasanya mengganti bagian karet-karet dan komponen internal mesin sekalipun mobil masih berusia muda.

Kita bisa mengecek lebih lanjut baut-baut di bawah kursi. Jika terdapat korosi atau karat pada baut di area bawah kursi, ada indikasi mobil tersebut sudah pernah terendam banjir.

“Idealnya, baut-baut di dalam kabin tidak mudah berkarat. Posisinya tersembunyi dan jarang terkena kontaminasi dari luar,” tambah Budi Kurniawan, Aftersales Manager BMW Astra.

Periksa Kelistrikan dan Mesin BMW Bekas di Bengkel Terpercaya

Mobil menengah atas sudah menggunakan sistem elektrik yang kompleks. Bila kita ingin membeli mobil bekas kenamaan seperti BMW, Toyota Camry, atau sejenisnya, sebaiknya lakukan pengetesan perangkat elektronik yang ada di dalam mobil. Perangkat yang rentan bermasalah usai terendam banjir yaitu klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior, dan power window.

Pastikan perangkat tadi tidak mengalami gangguan, seperti speaker mati sebelah atau audio bersuara sember. Sementara untuk mesin, mungkin sudah mendapat perbaikan namun belum tentu sempurna. Sebaiknya bawa mobil yang hendak dibeli ke bengkel untuk pemeriksaan yang lebih komprehensif, terutama pada bagian rumit seperti mesin dan karet-karet pada kaki-kaki.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Awal Tahun 2020, Diam-Diam Suzuki Perbarui All New Ertiga

Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI memberikan sambutan pembukaan di Kidzania
Previous post
Mitsubishi Ajak Anak-Anak Mengenali Dunia Otomotif di Kidzania
Next post
Toyota Fortuner Buatan Indonesia Paling Banyak Diekspor