Berita

Mazda CX-30 EV Resmi Diperkenalkan, Dijual Tahun Ini

Shanghai –Mazda CX-30 EV (electric vehicle) diperkenalkan ke publik bersamaan dengan penyelenggaraan Shanghai Auto Show 2021 di China. CX-30 EV menjadi mobil listrik kedua keluaran Mazda yang diproduksi secara massal setelah MX-30.

Diproduksi oleh perusahaan patungan Changan dan Mazda, CX-30 EV kemungkinan akan dijual tahun ini dan diniagakan secara eksklusif hanya untuk pasar China. Demikian seperti dilansir dari Motoring, Selasa (20/4/2021).

Mazda CX-30 EV

Mazda CX-30 EV (Foto: Paultan)

Sejauh ini Mazda belum membeberkan prihal harga Mazda CX-30 EV, termasuk spesifikasi lengkapnya.

Bila diperhatikan ada beberapa perbedaan antara Mazda CX-30 versi mesin konvensional dengan model bertenaga listrik terutama di bagian eksterior. CX-30 EV diberi sentuhan warna silver dan matte silver dibagian bumpernya.

Kemudian terdapat pula aksesori tambahan seperti side steps, cover kaca spion hitam, roof rail, dan logo e-SkyACTIV sebagai indentitas bahwa mobil tersebut dibekali dengan tenaga listrik.

Mazda CX-30 EV juga tampaknya mengalami peningkatan ground clearance dibandingkan model biasa.

Bagian interior sama sekali tidak terlihat jelas, tetapi kemungkinan besar fitur serta desain yang hadirkan masih sama seperti CX-30.

Mazda CX-30 EV

Mazda CX-30 versi listrik diperkenalkan di ajang Shanghai Auto Show 2021 (Foto: Motoring)

Detail Powertrain Masih Dirahasiakan

Mazda juga masih merahasiakan powertrain dari mobil listrik terbarunya itu. Tetapi, pabrikan asal Jepang itu berjanji spesifikasi lengkap akan diungkap beberapa bulan sebelum CX-30 EV resmi dipasarkan secara massal.

Diharapkan mobil ini memiliki penggerak roda depan dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion 35,5kWh sama seperti MX-30 listrik, yang memiliki jangkauan hingga 224 km.

Untuk diketahui, Mazda MX-30 dilengkapi dengan motor listrik yang ditempatkan di roda depan dengan tenaga maksimal 141 hp dan torsi puncak 264 Nm.

Mobil ini dibangun dengan bahasa desain Kodo-Soul of Motion, yang kemudian dipadukan dengan konsep pintu bunuh diri atau dikenal juga suicide door.

Mazda MX-30

Mazda MX-30 (Foto: Motoring)

Konsep pintu bunuh diri sengaja dihadirkan untuk memberikan nuansa unik sekaligus mempermudah penumpang masuk ke kabin.

Tampilan eksterior dari mobil asal Jepang itu tampak sederhana, namun terlihat begitu indah dan memberikan kesan kokoh.

Interiornya tampak begitu mewah dengan konsol apung dan bahan unik yang dirancang untuk memberikan nuansa lembut dan nyaman.

MX-30 merupakan mobil listrik pertama keluaran Mazda dan diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Saat ini mobil rendah emisi itu sudah dipasarkan di beberapa negara.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *