Sumber informasi

Mengenal Fungsi Oli Gardan pada Motor Matik

Fungsi oli gardan pada motor matik ialah untuk melumasi komponen-komponen yang terdapat di dalam gearbox. Posisinya terpisah dan berbeda dengan oli mesin.

Fungsi Oli Gardan Pada Motor Matik

(Foto: Wolf Scooter)

Setiap jenis kendaraan memiliki sejumlah fluida yang keberadaannya dibutuhkan untuk menunjang kinerjanya.

Jenis fluida yang umumnya diketahui, ialah bahan bakar, oli mesin, air radiator, dan atau minyak rem.

Namun untuk motor matik, ada satu jenis fluida lagi yang juga mesti diperhatikan, yaitu oli gardan atau yang juga sering disebut oli transmisi.

Walau memiliki peran penting, namun sayangnya masih ditemui pemilik yang kurang peka terhadap keberadaan atau fungsi oli gardan pada motor matik.

Bahkan dijamin masih ada pengguna motor matik yang tidak mengetahui keberadaan oli gardan itu sendiri.

Hal tersebut menjadi semacam ironi mengingat motor matik dapat dikatakan sebagai jenis kendaraan paling populer di Indonesia saat ini.

Nah, sebagian dari Carmudian mungkin saja bertanya-tanya, mengapa motor matik memerlukan oli gardan? Apa oli mesin saja tidak cukup?

Untuk menjawabnya perlu melihat lagi konsep kopling kering dan kopling basah.

Motor dengan tipe kopling basah hanya membutuhkan oli mesin untuk melumasi jeroan dapur pacu sekaligus transmisi.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan yang bisa ditemui pada kopling kering. Oli mesin hanya bertugas melumasi komponen-komponen di dalam mesin.

Sementara itu transmisinya yang berupa CVT tidak memerlukan pelumasan sama sekali. Walau demikian, motor matik memiliki gearbox berisi gir rasio.

Fungsi gir rasio itu sendiri untuk meneruskan tenaga yang berasal dari kruk as dan CVT menuju roda belakang.

Gir rasio akan selalu bergesekan antara satu sama lain. Oleh karena itu membutuhkan pelumasan yang baik. Di sinilah oli gardan memainkan perannya.

Trik Oli Diesel untuk Motor

Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Motor Matik?

Fungsi Oli Gardan

(Foto: Youtube)

Sama seperti fluida lainnya pada kendaraan, oli gardan juga perlu diganti secara berkala.

Sebabnya, seiring masa penggunaan maka kualitas oli gardan akan menurun. Kekentalannya akan berkurang sehingga tidak maksimal menjalankan tugas.

Oli gardan juga perlu diganti seandainya gearbox kemasukan air. Kasus seperti ini biasanya terjadi ketika motor menjadi korban banjir.

Terkait interval penggantian, oli gardan sebenarnya lebih tahan lama dibandingkan oli mesin.

Untuk motor yang baru keluar diler, penggantian oli gardan pertama kali akan dilakukan saat jarak tempuh menyentuh angka 1.000 km.

Selanjutnya, penggantian bisa dilakukan setiap interval 8.000 km atau masa pakai 8 bulan. Demikian menurut informasi yang terdapat situs web resmi diler motor Honda Cengkareng.

Perlu diingat, angka tersebut adalah patokan maksimal. Untuk menjaga kondisi motor tetap prima ada baiknya penggantian oli gardan dilakukan dengan interval yang lebih cepat.

Hal lain yang patut diketahui ialah kapasitas atau volume oli gardan itu sendiri. Informasi terkait hal ini biasanya dapat ditemui di cover blok CVT.

Tapi sebagai gambaran, motor-motor matik lawas bermesin 110 cc atau 115 cc biasanya memiliki kapasitas oli gardan 100 ml.

Kemudian motor matik yang lebih modern (injeksi) dengan mesin 115 cc atau 125 cc umumnya 140 ml.

Lalu untuk motor matik 150 cc kapasitasnya 150 ml. Dan untuk motor matik 250 cc memerlukan oli gardan paling banyak, biasanya mencapai 300 ml.

Kalau dilihat dari volumenya, nampak jumlah oli gardan jauh lebih sedikit dibandingkan oli mesin. Hal tersebut karena gearbox pada motor matik itu sendiri tidak terlalu besar.

Hal ini membawa keuntungan tersendiri. Karena pada akhirnya harga oli gardan bisa dibilang sangat murah. Saat ini di pasaran harga oli gardan motor matik terpantau dijual mulai harga Rp15 ribuan.

Rekomendasi Oli Gardan Motor Matik

Setiap pabrikan besar yang memasarkan motor matik, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki mengeluarkan produk oli gardan masing-masing.

Tapi di samping itu, beberapa brand pelumas juga turut menawarkannya sehingga pilihan bagi konsumen kian variatif. Berikut ini adalah beberapa pilihan oli gardan yang bisa didapat dengan mudah di pasaran.

Oli-Transmisi-AHM-Sintetik-Resize

(Foto: AHM)

1. AHM Oil – Transmission Gear Oil (Fully Synthetic)

Ini merupakan pelumas transmisi skutik dari AHM Oil yang dibuat menggunakan base oil synthetic dengan tambahan aditif teknologi terbaru Honda.

Diklaim memiliki stabilitas oksidasi yang baik, minim penguapan, dan mampu mendukung performa gir tetap maksimal pada suhu dingin ataupun panas.

Produk ini tersedia dalam kemasan 120 ml dengan harga rekomendasi Rp15.500.

Oli-Matik

(Foto: AHM)

2. AHM Oil – Transmission Gear Oil

Di samping produk yang telah disebutkan di atas, AHM Oil juga menawarkan opsi lain dengan harga yang lebih terjangkau.

Tersedia dalam kemasan 120 ml, produk ini ditawarkan dengan harga Rp13.500. Pabrikan mengklaim produk ini memiliki formulasi khusus dari Honda R&D Jepang.

Beberapa keunggulannya antara lain memiliki tingkat gesek rendah dan mampu melumasi celah tersempit pada gir CVT.

Oli Transmisi Yamaha

(Foto: Carousell)

3. Yamalube Gear Motor Oil

Selain Honda, Yamaha juga memiliki produk oli gardan dengan merek Yamalube Gear Motor Oil.

Saat ini Yamalube Gear Motor Oil tersedia dalam tiga pilihan kemasan, meliputi 100 ml (Rp13.000), 140 ml (Rp16.000), dan 150 ml (Rp18.000).

Suzuki-Genuine-Oil

(Foto: Suzuki)

4. Suzuki Genuine Oil Transmission Matic

Di antara produk oli gardan dari dua pabrikan Jepang sebelumnya, produk Suzuki Genuine Oil Transmission dapat dikatakan memiliki harga paling murah.

Menurut informasi di situs web resmi Suzuki, produk ini ditawarkan dengan harga Rp9.000 untuk. Produk ini hanya tersedia dalam satu jenis kemasan, yakni 100 ml.

Shell

(Foto: Shell)

5. Shell Advance Oli Gardan

Selain pilihan di atas, konsumen juga bisa mendapatkan oli gardan dari Shell. Oli gardan dengan spesifikasi 15W-40 tersebut dikatakan dapat digunakan pada semua jenis gearbox motor matik.

Melalui toko online resminya, Shell memasarkan oli gardan dengan kapasitas 120 ml tersebut dengan harga Rp20.500.

Oli Gardan Evalube

(Foto: Evalube)

6. Evalube Oil Scootic Oil Gear Oil

Merek pelumas yang dulu dikenal sebagai produsen oli samping motor 2-tak ini juga menawarkan oli gardan untuk motor matik.

Dalam deskripsi produknya dijelaskan, oli ini merupakan pelumas gardan yang dibuat dari campuran base oil synthetic berkualitas tinggi dengan formula aditif termasuk Molybdenum Dithiocarbamate.

Produk dengan ukuran kemasan 120 ml ini dijual dengan harga Rp12.500.

Cara Ganti Oli Gardan Motor

Ulasan mengenai fungsi oli gardan pada motor matik ini sekaligus akan membahas cara penggantiannya.

Cara mengganti oli gardan pada motor matik tergolong mudah. Peralatan yang dibutuhkan juga sederhana, antara lain wadah untuk oli bekas, kunci pas 12 mm, oli gardan baru, dan kain lap.

Adapun langkah-langkah penggantiannya adalah sebagai berikut:

  1. Parkir motor di tempat rata dengan standar ganda
  2. Buka baut penuangan
  3. Posisikan wadah di bawah baut pembuangan
  4. Buka baut pembuangan
  5. Biarkan oli keluar sampai habis, dapat dibantu dengan memiringkan motor ke arah kiri
  6. Jika oli sudah keluar semua, pasang kembali baut lubang pembuangan dengan rapat
  7. Tuangkan oli gardan baru sampai habis
  8. Pasang kembali baut lubang penuangan
  9. Bersihkan oli yang tercecer dengan kain lap

Demikian ulasan mengenai fungsi oli gardan pada motor matik beserta rekomendasi produknya. Diharapkan pemilik motor matik lebih peka terhadap keberadaan oli ini dan dapat menggantinya dengan rutin.

Oli Motor Manual untuk Matic

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts