Berita Mobil Modifikasi Produk Sumber informasi

Menyulap Kijang Lawas 5 Percepatan Jadi 6 Percepatan

Penulis: Endara Darata

Jakarta – Bagi yang belum tahu, Toyota Kijang super dan “kapsul”, memiliki 2 varian transmisi. Perbedaan transmisi, pastinya Toyota memiliki maksud dan tujuan tertentu. Dalam pembuatanya, Toyota melihat akan kebutuhan pasar, dan peruntukan mobil ini nantinya sebagai apa.

Seperti diketahui Kijang Doyok dan Kijang Buaya, masih menggunakan transmisi 5 percepatan baik versi mobil penumpang maupun Pick-up. Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi, Transmisi 6 percepatan ini diaplikasikan pada Kijang generasi berikutnya (baru).

Transmisi 5 percepatan, sering kita jumpai di mobil penumpang Kijang Super yang memiliki sasis agak pendek. Sedangkan di versi Toyota Kijang generasi berikutnya “Kapsul”, kita dapat jumpai di type terendah yaitu LX dan SX.

Itu yang ada pada Toyota Kijang versi penumpang. Untuk kelas Pick-up dari Toyota Kijang Super dan Kapsul, tetap menggunakan transmisi 5 percepatan. Mungkin, hal ini dimaksudkan agar lebih mudah saat membawa beban.

“Mengubah transmisi 5 percepatan menjadi 6 percepatan pada Toyota Kijang, membutuhkan sedikit adanya perubahan. Pada transmisi 5 percepatan, masih menggunakan tali untuk dapat menekan kampas kopling. Sedangkan transmisi 6 percepatan yang dimilikinya, menggunakan master kopling untuk menekan kampas kopling,” ujar Uda Faizal, pedagang Suku cadang copotan EX Singapore kepada Carmudi.

“Sehingga kita harus sedikit mengubah dan membuat dudukan, baik di bagian plat bodi maupun tuas pedal kopling. Hal ini dimaksudkan agar master kopling nantinya bisa menggantikan posisi tali kopling sebelumnya,” tambahnya.

Hasil yang Didapatkan Setelah Merubah Transmisi

Pertama kali yang dirasakan adalah akselerasi. Jelas akselerasi pada mobil akan berubah, karena bertambahnya satu gear percepatan.

“Selain itu kopling akan terasa lebih enteng, karena master kopling menggunakan sistem hidrolik untuk menekan kampas kopling,” ujar Faizal.

Penggunaan master kopling ini memiliki tingkat kerusakan lebih lama jika dibandingkan dengan kopling yang menggunakan tali untuk menekannya.

Namun, pengguna harus sering melakukan pengecekan terhadap ketersediaan minyak master kopling untuk menghindari kerusakan karena kehabisan pada minyak.

Harga Gearbox dan Master Kopling Copotan

Harga baru Gearbox jelas lebih mahal, sedangkan penggunaanya pun sama. Hanya saja sebelum membeli Gearbox copotan ini, kita harus melakukan perjanjian sebelum membeli. Baiknya kita ajukan garansi, setelah dicoba dan dirasa ada masalah pada Gearbox, kita bisa menukarnya.

Untuk harga Gearbox copotan di toko Suku cadang copotan Ex Singapore ditoko miliknya yang terletak didepan pom bensin Kramat Jati, Jakarta -Timur, Gearbox 6 percepatan ditawarkannya dengan harga Rp. 2.500.000.

Harga tersebut bisa berkurang sesuai dengan kesepakatan antara pembeli dan penjual. Tidak hanya itu, Gearbox lama anda bisa ditukar tambah disini. Dapat menghemat biaya anda bukan?

Master kopling orisinil copotan satu set, terdiri dari master kopling atas dan bawah terbilang sangat murah. Pasalnya Uda menawarkan dengan harga Rp. 150.000 untuk master kopling satu set ini.

Namun, meskipun hal diatas dapat dilakukan (modifikasi) namun tidak akan bisa senyaman buatan pabrik langsung. Selain itu kondisi mobil juga bukan baru lagi. Semua itu tergantung Anda!

 

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts