HomeModifikasiModifikasi Toyota Kijang Super 3 Pintu 1987, Keracunan dari Teman

Modifikasi Toyota Kijang Super 3 Pintu 1987, Keracunan dari Teman

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Modifikasi Toyota Kijang Super 1987 milik Irwan Hermawan. (Foto: Rizen/Carmudi)

Jakarta – Setelah sebelumnya membahas modifikasi Toyota Kijang super tahun 1991 empat pintu, kini kami akan membahas salah satu tipe Kijang Super yang saat ini cukup langka.

Mobil tersebut merupakan Toyota Kijang super lansiran 1987 short wheel base. Mobil dengan tiga pintu ini belakangan menjadi salah satu buruan para pecinta Kijang di Indonesia.

Irwan Hermawan sang empunya mengaku menyukai mobil ini lantaran terjebak ‘racun’ Kijang dari temannya.

Lantas, bagaimana cerita Modifikasi Toyota Kijang Super 1987 berkelir merah ini?

“Awal mulanya itu sebenarnya saya lebih ‘kena racun’ Kijang dari teman saya. Jadi di tahun 2014 itu diajak teman pertama kali ke acara Jambore Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI),” buka pria ramah ini kepada Carmudi pekan lalu.

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Ceper harian diakui cukup nyaman. (Foto: Rizen/Carmudi)

Di lokasi Jambore tersebut, Irwan mengaku kepincut dan jatuh hati untuk pertama kali kepada Kijang.

“Di acara itu gue benar-benar langsung jatuh hati. Karena yang gue liat di acara itu mobilnya semuanya bagus dan keren-keren,” sambung Irwan.

Keracunan Kijang dari Teman

Mengetahui ‘virus’ Toyota Kijang sudah meresap dalam dirinya, Irwan pun memutuskan untuk memiliki Kijang suatu saat nanti. Hingga pada 2018 lalu, ia resmi mendapatkan mobil yang selama ini menjadi incarannya.

“Dapat mobil ini tahun 2018 lalu. Ini dikasih tahu sama teman kalau ada yang jual Kijang ini dengan harga cukup murah. Posisi mobil ada di Nganjuk, Jawa Timur waktu itu. Sedangkan gue di Jakarta. Singkat cerita, ya udah dibeli, deh,” bebernya.

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Tampak samping mobil terlihat cukup pendek (Foto: Rizen/Carmudi)

Setelah transaksi dilakukan, mobil pun diantar ke Bojonegoro, alamat tinggal orang tua Irwan.

“Pas beli enggak tahu kondisinya kayak gimana, ya udah minta diantar aja. Begitu dicek, lumayan banyak PR-nya,” kata pria 27 tahun itu sambil tertawa.

Setelah diperiksa mendalam, ternyata pilar A cukup keropos. Pelek pun hanya memakai pelek kaleng kepunyaan Daihatsu Terios. Perlahan ia memperbaiki mobil tersebut agar layak digunakan kembali.

Modifikasi Bodi Toyota Kijang Super 1987

Kerusakan yang dialami membuat modifikasi Toyota Kijang super 1987 ini sebenarnya tidak terlalu parah. Sayangnya, waktu membeli mobil ini Irwan mengaku bagian interiornya cukup kosong.

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Tampak belakang (Foto: Rizen/Carmudi)

“Setelah benahi bodi, gue bawa mobil ini ke Jakarta untuk bereskan interior. Karena waktu dapat mobil ini interiornya kosongan, sepi banget,” serunya.

Modifikasi Interior Toyota Kijang Super 1987

Karena kosong, maka Irwan pun merasa lebih leluasa dalam memperbaiki interiornya. Jok depan misalnya, dipilih jok milik Honda Accord Cielo. Bagian jok belakang memakai aslinya, hanya posisinya dibuat lebih mundur.

Dasbor dicat agar senada dengan interior yang dipilih. Setir yang sudah mulai kusam juga dicat kembali agar menjadi lebih segar.

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Jok depan memakai milik Honda Accord Cielo. (Foto: Rizen/Carmudi)

Di bagian atap, Irwan menancapkan moonroof ukuran XXL lansiran Lexus.

“Moonroof ini waktu dapat kebetulan sudah pakai ini. Ya sudah, enak juga sih karena ini ukurannya gede banget,” jelas pria yang bekerja sebagai Business Development di salah satu perusahaan waralaba kuliner ini.

Kaki-kaki Amblas

Bukan Kijang milik anak muda kalau kaki-kakinya belum pendek. Pelek Starform diameter 16 inci dengan lebar 8 inci di depan dan 9 inci di belakang dirasa pas.

Agar fitment terlihat manis, pelek depan ditambahkan adaptor 2 cm. Sedangkan pelek belakang ditambahkan spacer nok ukuran 8 mm buatan Sarinande.

Ban yang dipakai memakai profil 195/45 di bagian depan dan belakang 205/45. Hasilnya, mobil terlihat cukup amblas dan pendek.

Dasbor dibiarkan standar (Foto: Rizen/Carmudi)

“Sebenarnya waktu dapat kebetulan deknya juga sudah di-custom. Jadi gue cuma tinggal nerusin aja. Untuk pendeknya sih sudah oke, karena kadang masih dipakai harian mobil ini. Aman kok, enggak gesrot,” katanya.

Suspensi depan dipilih kepunyaan Daihatsu Hijet. Sedangkan belakang memakai suspensi milik Suzuki Katana.

“Suspensi Katana ini mainnya lebih panjang. Karena travelnya panjang, rasanya jadi lebih nyaman walaupun pendek,” ucap pria yang bermukim di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan ini.

Modifikasi Mesin dan Aksesoris Toyota Kijang Super 1987

Modifikasi Toyota Kijang tiga pintu lainnya ini adalah bagian mesin. Bagian mesin mayoritas dibiarkan standar, hanya dipasangkan CDI agar pengapian maksimal.

Untuk memperbaiki mesin ia memercayakan Mandiri Motor di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan. Sedangkan urusan bodi, Safira Motor di kawasan Cibubur dipercaya menggarapnya.

Lalu aksesoris kosmetik tak lupa disematkan. Sebut saja lampu depan dibuat cedok, spion dipasang dari BMW E46, handle pintu memakai Toyota Avanza.

Kaca samping dibuat jadi satu (Foto: Rizen/Carmudi)

Hal menarik ada di bagian samping, yaitu pada kaca belakang yang aslinya memakai model geser diganti menjadi one piece. Efeknya mobil menjadi lebih panjang saat dilihat dari samping.

“Nah, kaca samping ini kebetulan gue dapat udah begini. Sebenarnya sih beli mobil ini lebih ke membeli aksesorisnya sih ya. Karena harga Rp30 juta dapat moonroof, dek sudah custom, kaca one piece gini hitungannya murah banget,” sambung pria asli Bojonegoro ini.

Selain itu, foglamp masih memakai bawaan asli mobil. Agar tampilan makin keren, bubut baut PCD pelek dari 4 menjadi 5 pun dilakukan.

Roofbox Bukan Hanya Pemanis

Di bagian atas, terdapat roofbox. Alasannya pun tak hanya sekadar gaya, tetapi lebih ke arah fungsionalitas.

“Roofbox ini sebenarnya enggak cuma gaya aja. Karena gue kadang beberapa kali pakai Kijang ini untuk pulang ke rumah di Bojonegoro,” ujarnya.

Urusan pemanja telinga, Irwan hanya menambahkan power ampilifier dan memakai speaker low end. Tujuannya agar bisa mendengarkan musik kesukaan saat berkendara.

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Toyota Kijang Ranger SSX milik Irwan Hermawan. (Foto: Rizen/Carmudi)

“Kalau ditanya puas sih sekarang sudah lumayan, ya. Ke depannya masih ada yang perlu diberesin seperti mau ganti pelek lagi, benahi interior,” ucapnya sembari menunjuk bagian mobil.

“Total modifikasi yang dilakukan diakui sudah mencapai kisaran Rp80 jutaan.

“Sementara cukup lah, buat nafas dulu biar enggak modif terus,” kelakarnya.

Galeri Foto Modifikasi Toyota Kijang Super 1987

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987

Modifikasi Toyota Kijang Super 1987
Modifikasi Toyota Kijang Super 1987 milik Irwan Hermawan. (Foto: Rizen/Carmudi)

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Modifikasi Toyota Kijang Super 1991, Memori Mobil Mendiang Nenek

Previous post
Harga Suzuki APV Bekas Menggiurkan, Mulai dari Rp50 Jutaan
DFSK tipe Blind Van
Next post
DFSK Gelora Tipe Blind Van Resmi Dijual, Harga Rp160 Jutaan