Berita Event Sumber informasi

Pajero Sport dan Expander Ikut Kawal Jokowi di Ekspedisi Trans Jawa

Semarang – Jelang akhir tahun 2018 Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan sejumlah ruas jalan tol di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dengan ruas tol yang diresmikan tersebut, jalan tol trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Pasuruan telah tersambung.

Ada 7 ruas tol yang diresmikan Jokowi kemarin, yaitu 3 ruas tol di Jawa Tengah dan 4 ruas tol di Jawa Timur. Dengan diresmikannya ruas tol trans Jawa, masyarakat sudah bisa melewati jalur darat dari Jakarta hingga ke Pasuruan.

Hal ini diharapkan bisa menjadi alternatif masyarakat saat libur Natal dan tahun baru 2019. Jokowi mengharapkan untuk mencoba jalur darat Trans Jawa dari Jakarta hingga ke Surabaya.

Dalam iring-iringan rombongan Ekspedisi Tol Trans Jawa 2018  (20/12) ada ratusan mobil yang mengawal Preseiden Jokowi. Tak hanya iring-iringan mobil dari rombongan presiden dan kementerian terkait. Ekspedisi ini juga melibatkan beberapa Agen Pemegang Merek (APM) yang bernaung di bawah Gaikindo.

Ario Soerjo selaku Wakil Ketua Kompartemen Pameran dan Konferensi Gaikindo mengatakan delapan APM turut bergabung dalam rombongan. Termasuk Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Hal ini sengaja dilakukan sekaligus merasakan tol Trans Jawa yang telah berfungsi.

Dengan diresmikannya sejumlah ruas tol di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kini tol trans Jawa kini telah terhubung dan dapat digunakan oleh masyarakat dalam libur Natal dan tahun baru.

Rombongan mengawali perjalanan dari kota Surabaya pukul 08.00 WIB melewati Gerbang Tol Kota Satelit (Jawa Timur) menuju Jembatan Kalikuto, Jawa Tengah. Presiden Jokowi mengakiri perjalanan sekaligus meresmikan Jembatan Kalikuto.

Mitsubishi Libatkan Lima Mobil

Dalam Ekspedisi Tol Trans Jawa 2018 pihak Mitsubishi membawa serta lima unit mobil andalannya yang terderi dari dua model. Yaitu Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 AT dan Pajero Sport Dakar 4×2 AT, serta tiga varian Xpander yaitu Ultimate AT, Sport AT dan Exceed AT.

Mitsubishi Xpander juga turut dilibatkan dalam ekspedisi trans Jawa. Foto/Carmudi.

“Bersama rombongan Presiden RI kami menurunkan lima unit kendaraan Mitsubishi yang terdiri dari Xpander dan Pajero Sport. Ini kesempatan untuk merasakan kenyamanan mobil saat mencoba to trans Jawa mulai dari Surabaya dan berakhir di Jembatan Kalikuto (Jawa Tengah),” ujar Jerry Amran selaku Head of Public Relations dan CSR MMKSI kepada Carmudi (20/12).

Ya, dua model andalan Mitsubishi ini selama perjalan tak menemui kendala yang berarti. Mobil yang lengkap dengan fitur keselamatan ini juga bertabur fitur kenyamanan dalam berkendara.

Kenyaman Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 AT

Dalam kesempatan ini Carmudi, berkesempatan duduk di bangku depan sebagai penumpang di Pajero Sport Dakar Ultimate 4×2 AT. Untuk perjalanan jauh mobil ini sangat nyaman, mobil ini telah dilengkapi dengan FCM – Forward Collision Mitigation System (Sensor Pengereman Otomatis).

Ini mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan menggunakan deteksi oleh radar untuk kemudian secara otomatis mengatur sistem pengereman dari kendaraan. Fitur ini sangat berarti saat seperti yang dialami hari ini, dimana sekitar 100 mobil berjalan beriringan mengiringi Presiden Jokowi.

Bahkan ada juga fitur BSW – Blind Spot Warning yang akan mendeteksi kendaraan di sekitar kita (jarak ± 3 meter) yang berada di area “blind spot” dan juga akan membantu pengendara saat berpindah jalur maupun berbelok.

Ada juga fitur UMS – Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (Sensor Stop Otomatis). Fitur keselamatan yang berupa sensor ini akan menahan output mesin selama ± 5 detik (saat kendaraan dalam kondisi berhenti / hampir berhenti). Ini menghindari tabrakan yang disebabkan oleh kesalahan pengoperasian pedal gas (syarat kerja dan kondisi tertentu). Selain itu UMS juga berfungsi sebagai sensor parkir depan dan belakang.

Ada 7 SRS Airbags & Passenger Airbag Indicator. Diperuntukkan pengemudi dan penumpang baris pertama (2 buah), lutut pengemudi (1 buah), sisi depan (2 buah) dan sisi tirai (2 buah).

Fitur yang satu ini sangat membantu pengemudi agar tak terlalu lelah, yaitu ACC atau Adaptive Cruise Control. Sensor kecepatan adaptif adalah fitur yang dapat mempertahankan laju kendaraan pada kecepatan stabil tanpa menginjak pedal gas (cruise control). Bahkan dilengkapi dengan kemampuan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan (adaptif).

Dengan warna interior baru mobil ini makin terlihat mewah dengan trim dan material kulit berwarna dasar beige. Serta dark brown wood print pada panelnya.

Membuka dan mengunci pintu lebih mudah dengan tombol yang terintegrasi dengan power window dengan fitur Center Door Lock Button & Power Window Switch Ilumination. Switch power window dilengkapi dengan lampu yang mempermudah pengoperasian.

Sytem hiburan dalam kabin tersedia monitor plafon dengan layar berukuran 9 inci. Monitor ini dapat terkoneksi dengan head unit.(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/