Home » Mobil » Perbedaan Toyota Alphard dengan Vellfire, MPV Formal vs MPV Futuristik

Perbedaan Toyota Alphard dengan Vellfire, MPV Formal vs MPV Futuristik

Toyota Vellfire hanya memiliki perbedaan desain dengan Alphard (Foto/Carmudi Indonesia/Ben)

Jakarta – Kebutuhan mobil premium di era modern tidak hanya didominasi jenis sedan. Untuk mengakomodir jumlah penumpang yang lebih banyak dan kabin lebih lapang, pabrikan mobil lantas merilis MPV premium sekelas sedan saloon. Toyota salah satunya, raksasa otomotif asal Jepang ini merilis Alphard dan Vellfire, dengan beberapa perbedaan sesuai segmen pengguna masing-masing.

Alphard dan Vellfire ini memiliki karakter yang berbeda meskipun menempati segmen yang sama. Alphard punya desain dengan nuansa lebih formal dan dinamis untuk kalangan pejabat negara. Sementara itu, Vellfire menonjolkan kesan cool, modern, dan hightech dengan kesan berani.

Kalangan pebisnis melihat MPV boxy mampu memenuhi kebutuhan sebagai kantor berjalan. Mobil seperti ini mengkombinasikan antara kenyamanan serta beragam fitur pendukung. Ini membuat para penggunanya bisa melanjutkan pekerjaan dengan santai ketika perjalanan.

Alphard dan Vellfire memberikan seluruh hal yang diinginkan konsumen kelas atas semisal kenyamanan kabin dengan berbagai fitur yang sangat memanjakan. Sebagai gambaran kepada Carmudian, Vellfire mengisi segmen yang sejajar dengan tipe menengah di Toyota Alphard.

Selain pada desain eksterior, fitur yang terdapat pada Toyota Vellfire secara umum tidak banyak perbedaan dengan Alphard. Alphard generasi ketiga memiliki ciri khas grille besar yang mirip Crown. Kedua MPV flagship Toyota ini punya platform yang sama, ukurannya 60 mm lebih panjang dan 20 mm lebih lebar dari generasi sebelumnya.

Beda Konsep Alphard vs Vellfire

Toyota Alphard Vellfire warna merah yang jadi kesayangan Maia (Dok.Instagram)

Toyota berhasil membuktikan diri sukses bermain di segmen MPV premium melalui Alphard dan Vellfire. Kendaraan bertubuh bongsor itu pada awalnya hanya di produksi untuk memenuhi pasar domestik Jepang. Namun seiring waktu, Alphard dan Vellfire juga dijual ke berbagai negara Asia lainnya.

Vellfire pertama kali hadir pada 2008 dengan menonjolkan pada desain berkarakter tegas. Sebelumnya, Vellfire adalah varian tertinggi di keluarga Alphard namun dipisahkan demi memikat segmen konsumen berbeda.

Vellfire didesain dengan sentuhan yang stylist dan hi-tech. Secara konsep, didesain untuk para kalangan kelas atas yang memilih MPV boxy bergaya sporty dengan karakter agresif dan mewah. Kosmetik eksterior Aerokit pada bagian belakang dan dipadukan dengan side moulding di bagian samping membuat penampilannya cenderung ‘sporty’.

MPV Premium Toyota ini memiliki dimensi panjang 4930 mm, lebar 1850 mm, tinggi 1895 mm serta Jarak sumbu roda 300 cm dan Ground Clearance 16 cm. desain Toyota Vellfire disebut mirip dengan Toyota Alphard karena memang memakai satu platform. Namun, ada perbedaan terutama pada bagian depannya, yakni terdapat pada headlamp, grill, foglamp serta pada bempernya.

TransmisiCVT
Suspensi DepanMacPherson Strut with Torsion Bar
Suspensi BelakangDouble Wishbone with Torsion Bar
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangVentilated Disc
Steering GearRack and Pinion with EPS
Ukuran Ban235/50/R18

Vellfire menjadi sebuah simbol status sosial seseorang. Harganya yang mahal dengan desain yang eksklusif membuat orang yang mengendarai mobil Toyota Vellfire ini terlihat berkelas mewah. Kesan futuristik nampak dari grill silver dan lampu led depan yang tersusun ganda secara vertikal. Perbedaan Vellfire dengan Alphard yaitu grill dari krom dan logam, mobil ini terlihat sangat premium dengan logo Toyota sebagai finishing yang manis.

Interior Mewah ala Alphard dan Vellfire

Toyota berusaha menyajikan fitur interior yang berkualitas tinggi. Dengan harga mobil yang lumayan mahal, desain tempat duduk dan kualitas kulit pelapis dibuat dari material yang premium.

Kursi captain seat siap memanjakan penumpang sepanjang perjalanan. Penampilan mewah interior Vellfire turut ditunjang oleh pencahayaan ambient. Vellfire juga memiliki privasi di kabin yang dilengkapi dengan tirai di kaca belakang

Fasilitas infotainment berupa Digital Dolby, dengan head unit layar lebar dikelilingi bezel krom hitam sehingga interior terlihat semakin elegan. Untuk kapasitas penumpang, mobil ini mampu menampung maksimal 7 penumpang dengan ruang kaki yang sangat lega dan nyaman.

Lebih keren lagi, Vellfire juga punya fitur pengisian baterai secara wireless. Kita bisa digunakan dengan cara cukup meletakkan handphone di tempat pengisian baterai. Secara otomatis, maka baterai ponsel akan terisi.

Interior Berkelas Pada Alphard 3.5 Q

Vellfire pada akhirnya mengisi segmen konsumen yang berbeda dengan Alphard. Kalangan pengguna Alphard yang mencari MPV premium bergaya elegan pun ingin disuguhi varian terbaik.

Interior Alphard berkonsep Delightful Journey yang beronamen kayu (Brown Wood) pada tipe 2.5 X, 2.5 G. Kemudian pada tipe 3.5 Q, didominasi warna hitam dilengkapi aksen brown olive ash brull wood grain. Kursi  captain seat yang sudah memiliki legrest membuat kaki tidak lekas lelah saat perjalanan jauh.

Alphard juga tidak kalah keren, karena didukung Dual Climate A/C Control with Captive Touch untuk memudahkan penumpang dalam mengendalikan suhu dalam kabin. Fitur AC Plasmacluster, dapat menyaring debu dan ion-ion negatif dan ecara otomatis mengikuti suhu ideal yang anda inginkan.

Mesin Alphard Tipe Tertinggi Tidak Ada di Vellfire

Toyota Vellfire hanya dibekali mesin 2.5 GA / T berkapasitas 2.494 cc dengan output sekitar 178 horsepower dengan nilai torsi 234 nm. Mesin tadi sama seperti yang digunakan pada Alphard tipe 2.5 X, 2.5 G. Konsumsi bahan bakar Alphard berkisar antara 10-12 km/liter dan mampu menempuh jarak setidaknya 750-900 kilometer dengan kondisi bensin terisi penuh.

Karena Alphard kini segmentasinya diperluas, maka PT Toyota Astra Motor lantas menambah varian 3.5 Q sebagai tipe termahal. mesin  2GR-FE berkapasitas 3.456cc v6 24 Valve DOHC dengan teknologi dual VVT-i menghasilkan torsi yang cukup besar pada putaran bawah membuat Alphard ini responsif.

Spesifikasi Mesin Toyota Alphard dan Vellfire
Alphard 2.5 G A/T, 2.5 X A/T, Toyota Vellfire3.5 Q A/T
Seri Mesin2AR-FE2GR-FE
Tipe Mesin2AR-FE, In-Line 4 Cylinders, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i2GR-FE, V Type 6 Cylinders, 24-valve, DOHC, Chain Drive with Dual VVT-i
Isi Silinder (Cc)2,4943,456
Diameter X Langkah (Mm)90.0 x 98.094.0 x 83.0
Daya Maksimum (Ps/Rpm)180/6,000275/6,200
Torsi Maksimum23.9/4,100 (Kgm/Rpm)34.7 / 4,700
Sistem Pemasukan Bahan BakarEFI
Kapasitas Tangki (Liter)75

Kelemahan dan Kelebihan Toyota Vellfire dibanding Alphard

Harga Toyota Vellfire ini termasuk kategori premium, namun ternyata Alphard dijual dengan banderol lebih tinggi. Bola dibandingkan tipe 2.5 G sebagai varian menengah Alphard, PT TAM memasarkan Vellfire di angka Rp 1.114.000.000 sementara  Alphard 2.5 G Rp 1.116.000.000 untuk wilayah DKI Jakarta.

Toyota Alphard 2.5 X A/TRp 925.200.000
Toyota Alphard 2.5 G A/TRp 1.079.000.000
Toyota Alphard 3.5 Q A/TRp 1.733.400.000

Dengan perbedaan harga yang sedikit lebih murah, konsumen Vellfire mendapat sebagian besar keunggulan yang dimiliki oleh Alphard 2.5 G. Soal desain, Vellfire punya kesan agresif dan futuristik dibandingkan saudara tuanya tadi. Toyota membidik kalangan muda untuk bisa menikmati kemewahan dan kenyamanan kendaraan unggulan mereka tersebut.

Namun demikian, Vellfire yang masuk via ATPM tidak tersedia mesin 3.5 liter. Ini jelas berbeda ketimbang Alphard yang memiliki tipe 3.5 Q sebagai flagship. Mesin nanggung dengan satu tipe membuat Vellfire hanya sebagai ‘pilihan alternatif’ bagi calon pembeli Alphard yang ingin suasana baru di eksterior.

Previous post
Resmi Hadir di Mataram, DFSK Siap Layani Pelanggan Glory 580, Glory 560, dan Super Cab
Next post
Hanya Ada di All New Corolla Altis HEV, Seberapa Canggih Toyota Safety Sense