Home » Berita » Resmi Diluncurkan, Harga Suzuki XL7 Dibanderol Mulai dari Rp230 Juta

Resmi Diluncurkan, Harga Suzuki XL7 Dibanderol Mulai dari Rp230 Juta

Suzuki XL7 resmi diluncurkan dan siap berkompetisi di segmen low SUV. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Suzuki di Indonesia akhirnya resmi meluncurkan model low SUV terbarunya, Suzuki XL7. Peluncuran dihadiri langsung oleh Seiji Itayama selaku President Director PT SIS dan ribuan member komunitas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

“Tahun ini merupakan usia ke-50 tahun Suzuki di Indonesia. Bertepatan dengan momen ini, kami berikan sesuatu yang istimewa bagi konsumen Indonesia, peluncuran global global Suzuki XL7,” ujar Seiji membuka acara.

Suzuki XL7 akan berhadapan langsung dengan pemain lama seperti Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan yang termuda Mitsubishi Xpander Cross. Peta persaingan ini digadang-gadang akan cukup ramai sepanjang tahun 2020 seiring semakin tumbuhnya angka penjualan SUV di Tanah Air.

Mesin Sama dengan All New Ertiga

Suzuki membekali XL7 dengan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc (1.5 L) dengan hasilan tenaga sebesar 102,7 Hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Dari spesifikasi yang tertera, mesin Suzuki XL7 yang digunakan memang sama dengan Ertiga dan Carry. Namun, pihak Suzuki mengklaim bahwa ada perbedaan setup mesin dan beberapa komponen lainnya.

“Mesin K15B ada perubahan setup, output kurang lebih sama tapi driving feel beda,” ujar Donny Saputra selaku Donny Setiawan selaku Direktur Pemasaran PT SIS di sela peluncuran Suzuki XL7.

“Meskipun platform-nya sama dengan Ertiga tapi ada 211 komponen yang berbeda pada XL7. Contohnya desain tangki bahan bakarnya berbeda. Kaki-kaki juga di-tune sehingga layak sebagai kendaraan SUV,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Donny juga mengklaim body control module (BCM) dan Electronic Control Module (ECU) Suzuki XL7 berbeda dengan All New Ertiga.

Fitur Suzuki XL7

Tampilan dasbor Suzuki XL7. (Foto: Carmudi/Dimas)

Menunjang kenyamanan berkendara, Suzuki XL7 hadir dengan fitur andalannya di spion tengah, smart e-mirror. Fitur ini berfungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan layaknya dashcam dan monitoring belakang mobil secara langsung. Fitur ini diklaim pihak PT SIS sebagai fitur unggulan yang tidak hadir di para kompetitor sekelasnya. Selain itu, Suzuki XL7 juga dibekali fitur start/stop button, AC digital auto climate dengan heater serta power outlet hingga baris ketiga.

Melengkapi semuanya, Suzuki XL7 juga dilengkapi fitur keselamatan yang cukup lengkap. Seperti misalnya ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Harga Suzuki XL7

Suzuki XL7 ditawarkan dalam 3 tipe; Alpha, Beta, dan Zeta. (Foto: Carmudi/Dimas)

Soal harga, Suzuki XL7 dibanderol mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta (OTR Jakarta) di varian tertinggi. Berikut harga Suzuki XL7 selengkapnya:

  • Suzuki XL7 Zeta M/T Rp230 juta
  • Suzuki XL7 Zeta A/T Rp240,5 juta
  • Suzuki XL7 Beta M/T Rp246,5 juta
  • Suzuki XL7 Beta A/T Rp257 juta
  • Suzuki XL7 Alpha M/T Rp256,5 juta
  • Suzuki XL7 Alpha A/T Rp267 juta

 

Penulis: Dimas Hadi

Baca Juga:

Suzuki XL7 Angkat Pamor SUV, Segini Harga dan Simulasi Kredit Lengkapnya

Previous post
KIA Seltos dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Nyaman Dikendarai?
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Next post
Daihatsu Sigra Masih Duduki Penjualan Tertinggi