Home » Berita » IRC RMC810 Ban Radial Sport 150cc & 250cc

IRC RMC810 Ban Radial Sport 150cc & 250cc

Karawang – PT Gajah Tunggal Tbk secara resmi meluncurkan produk ban terbarunya, IRC RMC810. Peluncuran ban berjenis radial ini dilakukan di Proving Ground Gajah Tunggal, Karawang, Rabu (12/4).

Ada 3 ukuran ban IRC RMC810 yang diperkenalkan kepada awak media, yakni 110/70 R17, 140/70 R17, dan 150/60 R17. Ketiganya diperuntukkan sepeda motor sport kelas 150 cc dan 250 cc. Berkonsep ban ‘All Round Radial Tire,’ RMC810 didatangkan secara langsung dari Jepang.

IRC RMC810
Tiga model ban radial IRC RMC810.Foto/Carmudi Indonesia/Gal

“Indonesia merupakan salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia. Posisinya berada di bawah Tiongkok dan India. Ban IRC RMC810 ini memang ditujukan bagi para pengguna motor sport bermesin 150 cc sampai 250 cc atau kelas menengah ke atas,” ungkap Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk.

Populasi ban radial di pasar sepeda motor nasional memang tak terlalu besar. Namun, kehadiran IRC RMC810 sebagai landasan untuk dijadikan salah satu produk ban unggulan IRC Tire di masa mendatang. Hal ini tak lain karena teknologi terkini yang digunakan pada ketiga model ban radial tersebut.

IRC RMC810
Arijanto Notorahardjo, EVP Marketing & Sales Replacement MC Tire PT Gajah Tunggal Tbk.Foto/Carmudi Indonesia/Gal

“Kami membidik para pabrikan motor Jepang, untuk menjadikan ban ini sebagai ban standar sepeda motor sport buatan mereka. Kiprah IRC Tire sebagai salah satu produsen ban asal Jepang, sudah terbukti tak hanya di Jepang, tapi juga secara global, termasuk Indonesia,” imbuhnya.

IRC RMC810 Muncul untuk Penuhi Pasar Motor Sport yang Tengah Berkembang

Teknologi Jepang yang diusung pada ban IRC RMC810, memungkinkan ban sepeda motor ini dipergunakan pada kondisi jalan basah dan kering.

Pasar ban sepeda motor radial memang tak terlalu besar, atau sekitar 3% dari total populasi sepeda motor berjenis sport. Meski begitu, diyakini kalau di masa mendatang akan terus mengalami peningkatan.

“Menurut data dari AISI, dalam 3 tahun terakhir pasar sepeda motor di Indonesia mencapai 9 juta unit. Jumlah penduduk kelas menengah yang sanggup membeli motor sport, juga mengalami lonjakan. Kami berusaha mengisi ceruk pasar yang terus berkembang,” lanjut Ari.

IRC RMC810
Peluncuran ban radial IRC RMC810 di Karawang (dok.Carmudi Indonesia)

Tak hanya itu saja, ban IRC RMC180 diklaim mengusung banyak keunggulan. Mulai dari konstruksi ban, hingga penggunaan serat nilon. Dengan ini, ban tersebut akan memiliki daya cengkram dan pengendalian yang lebih baik di jalan basah maupun kering.

Awak media yang menghadiri acara peluncuran ban radial IRC ini, juga sempat menjajal performa dari ban tersebut. Ada tiga unit sepeda motor berkapasitas 250 cc yang dipergunakan dalam test rode tersebut. Hasilnya, secara keseluruhan terbilang cukup memuaskan.

PT Gajah Tunggal Tbk Pertimbangkan Produksi IRC RMC810 Secara Lokal

Saat ini, ban radial pertama keluaran IRC tersebut memang masih didatangkan secara langsung dari Jepang. Hal ini pun berimbas pada harga jualnya yang terbilang agak tinggi, jika dibandingkan dengan ban buatan lokal.

Meski begitu, PT Gajah Tunggal Tbk tetap memertimbangkan untuk memproduksi ban radial ini di tanah air. Tapi, ada beberapa pertimbangan yang harus dikaji terlebih dulu. Karena itu, produsen ban IRC ini masih belum menargetkan penjualannya.

IRC RMC810
Sepeda motor yang digunakan untuk test ride media (dok.carmudi indonesia)

“Saat ini, ban radial IRC RMC810 memang masih diproduksi di Jepang. Tapi, kami berkeinginan untuk memproduksinya di dalam negeri. Ada banyak hal yang perlu dilihat lebih lanjut, salah satunya penerimaan ban ini di masyarakat. Inilah yang juga membuat kami belum bisa menentukan berapa target penjualan kami nantinya,” tuntas Ari.

Untuk harga jualnya, ban radial pertama keluaran IRC ini dibanderol mulai dari harga Rp 730 ribu hingga Rp 1.010 ribu. (Zie)

Previous post
Beli Mobil Baru, Perhatikan Hal Ini
Harga Mazda CX-3
Next post
Eurokars Bocorkan Harga Mazda CX-3, Masih Harga Promo