HomeMobilSalon Mobil Premium Langganan Mobil Eksotis

Salon Mobil Premium Langganan Mobil Eksotis

detail8 salon mobil premium
Honda Civic Nouva setelah di detailing di Detail8. (Foto: Rizen/Carmudi)

Jakarta – Nama Detail8 tentu tidak asing bagi mereka yang sering menyambangi MGK Kemayoran. Salon mobil premium ini sering kedapatan menangani mobil eksotis. Beberapa mobil eksotis diantaranya seperti merek Ferrari, Lamborghini, Porsche dan masih banyak lagi. Carmudi pun akhirnya mendatangi tempat tersebut karena penasaran dengan layanan yang diberikan.

Tony TJ sang pemilik salon mengaku memang mencintai dunia otomotif. Sejak awal 2000-an silam ia memang menggeluti dunia modifikasi. TJ lebih fokus melakukan modifikasi di sektor bodi dengan melakukan repaint atau restorasi.

Ia sangat suka melakukan modifikasi mobil di sektor cat yang menjadi passionnya. “Dulu buka Detail8 ini bulan 8 (Agustus) tahun 2018. Jadi sudah sekitar 2 tahunan. Pertama buka di MGK Kemayoran Lt.8,” buka TJ kepada Carmudi, Senin (23/11/2020).

Salah satu mobil konsumen, Honda NSX (Foto: Rizen/Carmudi)

Pria ramah ini mengaku awalnya membuka bisnis di kawasan MGK Kemayoran untuk mengejar market. “Dulu maunya buka di rumah, tapi agak takut belum dapat market,” ujarnya.

Nama Tony TJ sudah tidak asing lagi bagi kalangan modifikator Tanah Air. Salah satu hasil karya yang paling terkenal dari TJ adalah memodifikasi Nissan Skyline GT-R R34 dengan warna kuning.

Setelah dirasa mendapatkan cukup market, akhirnya ia membuka Detail8 di rumahnya yang berada di kawasan Tanah Abang. Di lokasi ini, ia juga mengerjakan mobil konsumen yang akan di detailing.

Konsep yang diusung Detail8 di lokasi barunya ini terinspirasi dari Mercedes-AMG Project ONE. “Tempat ini kebetulan saya bangun karena terinspirasi Mercedes-AMG Project ONE. Makanya dibuat seperti ini,” ujarnya.

Detail8 Gunakan Cairan Berkualitas

Dalam menangani mobil konsumen, TJ mengaku selalu memakai produk berkualitas terbaik. “Kalau produk kita disini pakai 3M, Menzerna, sama Flux. Kalau Coatingnya kita pakai produknya Beeds,” katanya.

Untuk pengerjaan dan biaya, Detail8 mengaku jika harganya cukup bersaing. “Kalau harganya itu disini termurah dari Rp3,8 juta sampai Rp5 jutaan. Pastinya tergantung ukuran mobil juga,” terang TJ.

detail8
Seluruh hasil detailing masih dilihat oleh TJ sang pemilik untuk memastikan QC tetap terjaga. (Foto: Rizen/Carmudi)

Ketika Carmudi mendatangi Detail8 di kawasan Tanah Abang ini, kebetulan ada 2 mobil yang sedang di detailing. Keduanya merupakan Honda Civic Nouva 1988 berkelir ungu dan Honda NSX generasi pertama lansiran 1990.

Keduanya menjadi mobil koleksi yang cukup menjadi perhatian kami. Lalu, apa spesialnya kedua mobil ini?

Sejarah Honda Civic Nouva

Honda Civic Nouva merupakan generasi ketiga di keluarga Civic. Model ini diproduksi sejak tahun 1984 sampai 1987. Pada generasi pertama Civic Nouva, punya kode bodi SB3 atau karib disapa Civic Setrika.

Sedangkan pada generasi kedua atau facelift, Honda Civic Nouva hadir dengan kode bodi SH3. Di Indonesia, Honda Civic Nouva dijual sejak tahun 1988 sampai 1991.

 

Mobil ini sempat menjadi primadona bagi pecinta otomotif Tanah Air di era 1990-an. Handlingnya dikenal sangat mantap, karena sudah memakai struktur double wishbone.

Efeknya, maneuver di kecepatan tinggi cukup stabil memakai mobil ini. Enggak heran kalau sekarang banyak peminatnya ingin memeliharanya kembali.

Sejarah Honda NSX

Sedangkan mobil kedua yang kami lihat di Detail8 adalah Honda NSX generasi pertama. Mobil ini punya arti sebagai New Sportscar eXperimental (NSX).

Mengapa mobil ini sangat special? Honda NSX di desain oleh Masahito Nakano, Chief Designer Honda bersama dengan Shigeru Uehara yang bertugas sebagai Kepala Mekanik Honda Jepang.

Honda NSX generasi pertama. (Foto: Rizen/Carmudi)

Kokpit mobil ini dibuat karena terinspirasi oleh kokpit jet tempur F-16 yang cukup terkenal di tahun 1990-an. Bagian mesin diposisikan di tengah, sementara bagian depan ditempatkan untuk radiator dan komponen lain.

NSX juga menjadi mobil pertama yang memakai bodi aluminium. Mesin yang ditanamkan pada NSX berkapasitas 3.000 cc dengan konfigurasi V6.

Teknologi mesin yang dipakai kala itu sudah mengadopsi VTEC dan Lift Electronic Control milik Honda yang dikembangkan di tahun 1980-an.

Salah satu hal yang membuat mobil ini menjadi sangat legendaris adalah Ayrton Senna, mendiang pembalap Formula1 juga ikut membantu riset dan develop Honda NSX. Bersama Honda, Ayrton Senna menyempurnakan mobil tersebut.

Di akhir tahun 1980-an, Honda meminta Senna untuk menyempurnakan suspensi NSX dalam pengembangan terakhir. Senna mencoba NSX yang masih menjadi prototype selama 5 sesi di sirkuit Suzuka bersama dengan Shigeru Uehara.

Mendapat Masukan dari Ayrton Senna

Awalnya Senna sangat tidak puas dengan chassis yang dibuat oleh Honda. Namun perlahan Shigeru Uehara bersama timnya mendengarkan masukan dari Senna.

Berdasarkan dari masukan inilah Honda akhirnya membawa Senna dan NSX untuk diuji di sirkuit Nurburgring, Jerman. Hasilnya sasis, suspensi dan mesin mendapatkan ubahan dari masukkan Senna hingga 50% dari konsep awal.

Mesin Honda NSX versi produksi massal mampu mengeluarkan tenaga sampai 270 hp dengan torsi 285 Nm. Angka ini merupakan angka yang cukup bagus di zamannya.

Di tahun 1997, Honda merilis NSX dengan mesin lebih besar mencapai 3.200 cc. Versi mesin lebih besar ini punya tenaga sampai 290 hp dengan torsi 304 Nm.

Di tahun 2002, NSX akhirnya dirilis dalam versi facelift. Namun sayang, di tahun 2005 Honda harus mengentikan produksi NSX karena dianggap punya emisi gas buang yang tinggi.

Generasi Kedua Honda NSX

Tahun 2007, Honda mengumumkan rencana merilis penerus NSX di tahun 2010. Mobil ini diadopsi dari gaya mesin depan Acura Advanced Sport Car Concept (ASCC). Bukan ASC Ahmad Sahroni yaa.

Tapi sayang, setahun kemudian Honda membatalkan rencana tersebut karena kondisi ekonomi yang sedang sulit. Akhirnya di tahun 2015 pada ajang North American International Auto Show NSX generasi kedua dirilis.

Honda NSX Tidak Laku
Honda NSX jadi mobil favorit pengunjung di GIIAS 2019 (Foto: Carmudi)

Mobil ini didefinisikan sebagai New Sport eXperience. Mesinnya memakai model hybrid dengan mesin bensin 3.500 cc, twin turbo, V6 dengan motor listrik.

Transmisinya adalah dual-clutch 9-speed semi-otomatis . bodinya dibuat menggunakan desain kerangka ruang, yang terbuat dari aluminium serta baja berkekuatan sangat tinggi.

Galeri foto Honda NSX di Detail8

 

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Toyota Camry Hybrid 2021
Previous post
Makin Ganteng, Toyota Camry Hybrid 2021 Mendapat Penyegaran
Next post
Test Ride BMW F900R, Enak Banget Buat Harian