Sepeda motor

Spesifikasi dan Harga Bekas Yamaha R15 2021, Mulai Rp13 Jutaan

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen pemegang Merek (APM) sepeda motor di Indonesia telah meluncurkan All New R15 pada 2017 lalu. Bagi Carmudian yang ingin membeli versi bekasnya, Carmudi sudah rangkum daftar harga Yamaha R15 bekas.

Satu tahun lebih setelah peluncurannya, PT YIMM resmi merilis warna baru Yamaha R15 yang membuat motor ini terkesan lebih sporty. Tak hanya itu, motor tersebut juga mendapatkan pembaruan pada bagian stripping-nya yang disesuaikan dengan selera para konsumen di Indonesia saat ini.

Yamaha all new R15 Racing Blue. (Foto: YIMM)

Ada tiga warna baru yang ditawarkan, yakni warna Racing Blue, Racing Yellow, dan Racing Black. Tiga warna ini diklaim tidak hanya membuat R15 jadi terlihat lebih segar dan sporty, tapi juga semakin premium sebagai motor sport.

Untuk varian warna Racing Blue, memakai kombinasi warna biru dan hitam dengan stripping berbentuk huruf R yang menunjukkan simbol R Series di kedua bagian fairing.

Selain itu, varian warna Racing Black menggunakan perpaduan warna hitam dan merah, sedangkan Racing Yellow, memakai perpaduan warna kuning dan kelabu. Keduanya disematkan desain stripping yang tajam dengan logo bertuliskan R15 pada kedua bagian fairing sehingga terkesan agresif.

Di sisi lain, buritan R15 sudah mendapatkan stripping berdesain minimalis yang memperkuat kesan racing pada motor tersebut.

Spesifikasi Yamaha R15 2021

Yamaha R15

Spesifikasi Yamaha R15 2021. (Foto: Dony/Carmudi Indonesia)

Yamaha R15 memang kini terlihat semakin sporty setelah mendapatkan penyegaran dan warna-warna baru. Tak heran jika motor ini menjadi salah satu motor sport yang banyak diminati, khususnya oleh kawula muda karena desainnya yang sporty serta kekinian.

Sebelum mengetahui harga bekasnya, Carmudian bisa simak dulu spesifikasi Yamaha R15 2021 yang sudah Carmudi rangkum.

Mesin

Sebagai motor sport andalan, pastinya Yamaha R15 sudah dibekali dengan mesin yang mumpuni. Motor ini telah dibenamkan mesin berkapasitas 155 cc, single cylinder dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA).

Teknologi tersebut diklaim membuat tenaga mesinnya besar, namun konsumsi bahan bakarnya tetap irit. R15 juga berpendingin cairan yang membuat suhu mesinnya stabil.

Mesin Yamaha R15 ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 19 hp pada putaran 10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm di putaran 8.500 rpm.

Di sisi lain, R15 telah disematkan fitur baru Assist yang berfungsi membuat tarikan tuas kopling lebih ringan. Selain itu, disematkan juga Slipper Clutch yang dapat membuat perpindahan gigi lebih halus, akselerasi lebih cepat, dan engine brake lebih halus saat pengendara menurunkan gigi secara ekstrim.

Di bagian kaki-kaki, disematkan suspensi depan Teleskopic Fork dan Link Monoshock untuk suspensi belakang. Kedua suspensi tersebut dapat membuat motornya dibawa berkendara dengan aman dan nyaman di jalan yang bergeronjal atau tidak rata.

Spesifikasi Mesin Yamaha R15 2021
Jenis mesinSingle cylinder
Kapasitas155 cc
Teknologi mesinVariable Valve Actuation (VVA)
Tenaga maksimum19 hp @ 10.000 rpm
Torsi maksimum14,7 Nm @ 8.500 rpm
TransmisiManual
Sistem Bahan BakarFuel Injection

Rangka dan Bodi

Dari segi dimensi, Yamaha R15 mempunyai ukuran panjang 1.900 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.135 mm, jarak sumbu roda 1.325 mm, dan ground clearance (jarak terendah ke tanah) 155 mm.

Selain itu juga memiliki tempat duduk setinggi 815 mm dan bobot 137 kg. Yamaha R15 terbaru lebih pendek serta lebih rendah dari model sebelumnya dan dinilai pas dengan postur sebagian besar orang Indonesia.

Di sisi lain, R15 sudah menggunakan rangka deltabox dan aluminium arm berdesain baru dengan bobot ringan. Kombinasi ini membuat pengendalian motor stabil dengan weight distribusion 50:50. Kaki-kakinya pun sudah lebih berisi.

Seperti diketahui, Yamaha R15 terbaru menggunakan suspensi Teleskopic Fork dan Link Monoshock. Suspensi depan upside down dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar diklaim dapat membuat handling motornya jadi lebih stabil saat berkendara di jalan lurus ataupun tikungan, serta bisa meredam kejut lebih baik.

Tampilan ban Yamaha R15 2021. (Foto: YIMM)

Dari segi estetika, suspensi-suspensi ini membuat tampilan motornya menjadi lebih bergaya superbike. Untuk ban, R15 terbaru memakai ban depan dengan ukuran 100/80-17 dan ban belakang 140/70-17.

Dilengkapi wide front disc break dengan diameter 282 mm, membuat pengereman motornya bisa lebih maksimal. Tampilan Yamaha R15 terbaru dinilai mirip dengan All New R25 atau seperti kembaran All New R6 dan All New R1.

Desainnya selain terkesan sporty, juga terlihat ramping dan lebih aerodinamis dibandingkan generasi sebelumnya. Kesan agresif pada R15 ini pun terlihat dengan adanya full fairing yang menggunakan konsep multilayer.

Di bagian depan, disematkan lampu yang tetap menggunakan model ganda atau kembar, namun didesain lebih lancip dan sipit. Disematkan pula lubang seperti airscoop pada bagian tengah.

Perlu diketahui, lubang tersebut tidak berfungsi sebagai pendingan mesin ataupun memberikan oksigen ke ruang bakar motornya alias hanya sebagai pemanis. Tampilan R15 kini juga jadi terlihat seperti YZR-M1.

Fitur

Fitur Yamaha R15 2021. (Foto: Dony/Carmudi Indonesia)

Yamaha R15 telah dibekali dengan fitur-fitur cukup lengkap dan canggih. Motor ini sudah dilengkapi dengan full digital panel meter yang dapat menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Lampu di bagian panel meter tersebut akan menyala saat putaran mesin menghantarkan tenaga paling optimal. Pengemudi bisa mengatur mode kedipan lampunya, mulai dari berkedip lambat, cepat, dan menyala tanpa kedipan.

Tak ketinggalan, turut disematkan teknologi Shift Timing Light yang tidak ada di pesaing-pesaing Yamaha R15. Fitur tersebut berguna bagi pengemudi saat ingin mengganti persneling atau gigi motor.

Terdapat lampu hazard yang juga tidak banyak dijumpai di para rivalnya. Lampu ini tentunya berguna bagi pengguna sebagai tanda jika terjadi keadaan darurat pada penggunanya.

Tak hanya itu, R15 sudah mengandalkan sistem pencahayaan dengan teknologi LED pada lampu bagian depan dan belakang. Namun sayangnya, lampu sein motor ini masih menggunakan bohlam biasa.

Meski demikian, lampu-lampu yang disematkan pada motor ini dapat memberikan pencahayaan yang cukup terang saat berkendara di jalan yang gelap atau cuaca berkabut sekali pun.

Harga Yamaha R15 Bekas

Harga Yamaha R15 bekas. (Foto: YIMM)

Dilengkapi fitur-fitur yang canggih serta desain sporty, Yamaha R15 memang layak untuk dimiliki, khususnya oleh para pecinta off road. Bagi Carmudian yang mempunyai bujet terbatas tapi ingin sekali membeli motor ini, mungkin bisa membeli versi bekasnya.

Berdasarkan situs jual beli kendaraan bekas Carmudi Indonesia, Yamaha R15 bekas dijual mulai seharga Rp13 sampai 40 jutaan.

Bagi Carmudian yang penasaran dengan harga versi barunya, Yamaha R15 kini ditawarkan mulai seharga Rp37 jutaan. Berikut ini adalah daftar harga Yamaha R15 terbaru On The Road (OTR) Jakarta dilansir dari website resmi Yamaha Indonesia.

  • R15 Standard Rp37,405 juta
  • R15 Monster Energy Yamaha MotoGP Edition Rp37,685 juta

Baca Juga:

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *