Sepeda motor

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX 25R Terbaru Gahar, Nggak Usah Lihat Harga Lagi! 

Kawasaki Ninja ZX 25R terbaru menjadi salah satu sepeda motor idaman bagi para penyuka kecepatan.

Dari segi desain, motor ini memberikan kesan yang sangat sporty dan kencang berkat penggunaan fairing.

Performanya pun juga terbilang mumpuni untuk digunakan harian maupun keperluan track day di arena sirkuit.

Hal inilah yang membuat Kawasaki Ninja ZX 25R generasi terbaru saat ini selalu punya tempat di hati para penggemarnya.

kawasaki ninja zx 25r terbaru

Tapi sayangnya, harga yang ditawarkan terbilang sangat tinggi dibandingkan motor sport 250 cc lain di Indonesia.

Bagi Anda yang tidak mempermasalahkan harga dan tetap ingin meminangnya, bisa melihat kelebihan dan kekurangan Kawasaki Ninja ZX 25R terbaru di bawah ini.

Tipe dan Harga Kawasaki Ninja ZX 25R Terbaru

Kawasaki menawarkan 6 tipe kepada konsumen di Tanah Air yang ingin meminang keluarga Ninja ZX 25R ini.

Harga dan spesifikasi bawaan pabrik yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung tipe yang ada.

kawasaki ninja zx 25r terbaru

Kawasaki Ninja ZX-25R Model 2022 (Foto: KMI)

Keenam tipe tersebut terdiri sebagai berikut ini:

Model Tahun Harga
Ninja ZX 25R 2024 Rp107,5 juta
Ninja ZX 25R ABS SE 2024 Rp125,7 juta
Ninja ZX 25RR 2024 Rp132 juta
Ninja ZX 25R 2023 Rp107,5 juta
Ninja ZX 25R ABS SE 2023 Rp125,7 juta
Ninja ZX 25RR 2023 Rp132 juta

Walaupun berbeda tahun produksi, namun harga yang ditawarkan oleh Kawasaki terbilang sama.

Hanya saja ada beberapa spesifikasi yang berubah seperti rasio gir, desain ram air duct, dan standar emisi yang dulu Euro3 kini menjadi Euro4.

Kelebihan Kawasaki Ninja ZX 25R Terbaru

Dari data spesifikasi Ninja ZX 25R tersebut kami pun mencoba mengurai apa saja kelebihan dari sepeda motor sport ini.

Dimensi Kompak 

Kawasaki Ninja ZX 25R generasi terbaru memiliki desain yang kompak, hanya saja bobotnya cukup berat.

Dimensi Kawasaki Ninja ZX 25R

Panjang  1.980 mm
Lebar  750 mm
Tinggi jok  1.110 mm
Ground clearance  125 mm
Bobot  183 kg

Jika melihat dimensinya, Ninja ZX 25R sedikit lebih pendek dibanding Yamaha R25 maupun Honda CBR 250RR.

Baca Juga: Tampilan Bersolek, Simak Harga Honda New CBR250RR

Performa Kawasaki Ninja ZX-25R gahar di atas lintasan (Foto: KMI)

Sayang, bobot motor ini jauh lebih berat dibandingkan dengan 2 kompetitornya itu yang lebih ringan.

Pakai Mesin 4 Silinder

Kawasaki Ninja ZX 45R terbaru sudah menggendong mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup, injeksi, berpendingin cairan.

Spesifikasi Mesin Kawasaki Ninja ZX 25R

Kapasitas  249,8 cc
Jumlah silinder 4 silinder segaris 
Teknologi  DOHC, 16 katup, injeksi
Tenaga  50 hp 
Torsi  22,9 Nm 
Sistem pengapian  Digital 
Transmisi  6-percepatan 
Tipe kopling  Wet-multi disc/manual 
Kompresi mesin  12,5 : 1
Kapasitas tangki BBM 15 liter

Penggunaan mesin 4 silinder ini tentu menjadi magnet utama ZX 25R dalam menarik calon konsumennya.

Di saat kompetitor masih mengandalkan mesin 2 silinder, Kawasaki malah memberikan opsi mesin 4 silinder.

Kaya dengan Fitur 

Harga mahal yang diberikan diharapkan sebanding dengan fitur-fitur yang nantinya akan didapatkan oleh konsumen.

Maka dari itu, Kawasaki turut memperkaya Ninja ZX 25R ini dengan taburan fitur penunjang performa.

Beberapa di antaranya bisa Anda lihat seperti di bawah ini.

  • Assist & slipper clutch
  • Economical riding indicator
  • Electronic throttle valves
  • Kawasaki quick shifter (KQS)
  • Kawasaki traction control (KTRC)
  • Power mode
  • Smartphone connectivity
  • ABS 
  • Horizontal back-link rear suspension

Deretan fitur tersebut bisa Anda dapatkan pada Kawasaki Ninja ZX 25RR atau tipe tertinggi yang ada.

Suspensi Empuk 

Karakter suspensi yang dihasilkan oleh Kawasaki Ninja ZX 25R terbaru terbilang sangat nyaman dan cenderung empuk.

Suspensi depan maupun belakang sama-sama memiliki redaman yang pas, sehingga nyaman dikendarai harian.

Usut punya usut, suspensi belakang yang tersemat ternyata spesial lantaran memakai Showa Balance Free Rear Cusion (BFRC) serupa dengan ZX 10R.

Suspensi ini juga dilengkapi dengan pengaturan lengkap mulai dari preload, compression, dan rebound.

Lalu pada suspensi depan memakai Showa Separate Function Fork-Big Piston (SFF-BP).

Efeknya, handling pun juga semakin membaik dibandingkan para rivalnya, nggak heran kalau harganya mahal.

Rem Paten

Kelebihan lain dari motor ini adalah sistem pengereman yang harus diakui jempol, alias paten banget, nih!

Di depan menggunakan rem cakram berukuran 310 mm yang dikawal memakai kaliper dengan 4 piston.

Baca juga: Pakai Air Ram, Rahasia Performa di Kawasaki Ninja ZX-25R Makin Gahar

Sementara di belakang memakai cakram berukuran 220 mm yang bekerja sama dengan kaliper 1 piston.

Kedua rem ini juga sudah dilengkapi dengan perangkat ABS dan sangat mudah menghentikan laju motor dalam kondisi apapun.

Kekurangan Kawasaki Ninja ZX 25R

Selain kelebihan, tentu kami pun akan membeberkan beberapa kekurangan yang patut mendapat perhatian dari Kawasaki Ninja ZX 25R ini.

Mesin Lumayan Panas 

Ketika motor digunakan harian melewati kemacetan lalu lintas yang panas seperti di Jakarta, panas mesin akan cukup terasa.

Panas mesin akan terasa dari kaki hingga bagian paha, makanya disarankan menggunakan celana panjang saat berkendara.

Umumnya suhu mesin di kemacetan akan menyentuh angka 103 derajat celcius.

Tingginya suhu ini salah satunya diakibatkan oleh tingginya kompresi yang dimiliki oleh Kawasaki Ninja ZX 25R terbaru.

Kipas radiator akan selalu menyala agar mesin tidak mengalami kepanasan atau overheat.

Tapi beda cerita kalau dikendarai di jalanan lancar atau malam hari, suhunya rata-rata ada di kisaran 90 derajat celcius.

Boros BBM

Untuk penggunaan harian dikatakan jika motor ini memiliki konsumsi BBM yang terbilang boros di kelasnya.

Baca juga: Begini Cara Kerja Sistem Quick Shifter di Ninja ZX-25R dan CBR250RR SP

Rata-rata konsumsi BBM Kawasaki Ninja ZX 25R ada di angka 1:19 km/liter ketika digunakan harian pada kondisi kemacetan Jakarta.

Rasanya dengan harga motor yang mahal, konsumsi BBM seharusnya bukanlah konsen bagi kalangan konsumen di segmen ini, ya.

Cepat Bikin Pegal 

Sama seperti mengendarai motor berjenis sport lainnya, posisi berkendara ZXZ 25R umumnya cepat membuat pegal.

Rasa pegal ini bisa dirasakan di area telapak dan pergelangan tangan akibat menahan beban tubuh.

kawasaki ninja zx 25r terbaru

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus melakukan adaptasi agar badan tidak cepat pegal terutama di bagian tangan.

Bagian punggung juga akan cepat pegal jika Anda tidak terbiasa mengendarai motor sport yang memberikan posisi duduk menunduk.

Maklum, bobot Kawasaki Ninja ZX 25R terbaru ini mirip-mirip moge jadinya Anda harus punya banyak kekuatan untuk menopang motor.

Harga Mahal 

Kekurangan terakhir menurut kami adalah harga barunya yang terbilang mahal.

Untuk sebuah motor 250 cc, 4 silinder segaris bagi sebagian orang harga ini dianggap murah.

Baca juga: Nih, Cara Gampang Upgrade Performa Kawasaki Ninja ZX-25R

Tapi, kan finansial orang berbeda-beda yah. Makanya banyak yang bilang kalau motor ini harga barunya mahal.

Dengan Rp130 jutaan rasanya Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang jauh lebih nyaman dikendarai.

Nggak kena hujan, nggak kena panas juga. Tapi, lagi-lagi ini adalah pilihan yang tentunya berbeda-beda setiap orang.

Kesimpulan 

Melihat kekurangan dan kelebihan dari spesifikasi dari Kawasaki Ninja ZX 25R terbaru ini diharapkan bisa menjawab rasa penasaran Anda.

kawasaki ninja zx 25r terbaru

Kawasaki Ninja ZX-25R (Foto: Youtube Kawasaki Indonesia)

Sepeda motor yang diklaim punya performa mumpuni di jalan raya maupun sirkuit ini tentu bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki uang.

Jika belum punya uang, Anda bisa mencari alternatif sepeda motor lain dengan kapasitas mesin yang sama dan harga yang lebih murah.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts