BeritaReviewsSepeda motorSumber informasi

Suzuki GSX R150 Lebih Bringas di Sirkuit

Sentul – Rasa penasaran Carmudi Indonesia terjawab sudah setelah jajal ketangguhan Suzuki GSX-R150. Pasalnya pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyediakan 15 unit GSX-R150 yang bisa digeber di sirkuit Sentul.

Sebelum lakukan test ride kita lihat bagaimana fitur yang diberikan motor ini. Untuk memberikan informasi pada pengendara terkait kondisi motor, terdapat panel indikator berteknologi digital.

Suzuki GSX

Tampilan panel indikator yang didesain modern berteknologi digital. Foto/Carmudi Indonseia/Dony.

Panel ini mampu memberikan informasi akurat serta mudah dipahami oleh para pengendara. Selain itu, ada fitur easy start system dan Key Less Ignition (sistem kemanan) mempermudah menghidupkan sepeda motor.

Suzuki GSX

Key Less Ignition sebagai pengganti kunci kontak, membuat motor lebih aman dari pencurian. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Motor ini tak dibekali mode kick starter, mengharuskan pengguna untuk sering memeriksa kondisi aki motor. Tapi kalau biasa melakukan servis rutin hal ini tak menjadi masalah.

Di atas kertas motor ini mempunyai tenaga lebih besar, dan bobot lebih ringan. Membuat Suzuki GSX R150 mampu berakselerasi dengan cepat. Hal ini karena adanya perbandingan power to wight ratio motor.

Suzuki GSX

Mesin GSX R150 yang mempunyai tenaga buas di kelasnya. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Melihat tampilan dari Suzuki GSX R150 ini terbilang cenderung agak ramping. Melihat dimensi yang diusungnya motor ini panjang 1.975 mm, lebar 670 mm, tinggi 1.070 mm. Serta wheelbase berjarak 1.300 mm dengan berat 127 Kg.

Racikan angka tersebut wajar jika bentuk desain Suzuki GSX R150 terlihat ramping dan ringan. Saat menungganginya motor sport ini memiliki ketinggian jok sesuai postur rata-rata orang Indonesia, yaitu 785 mm.

Suzuki GSX

Persiapan melakukan test ride Suzuki GSX R150. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Sayangnya, posisi tangki kurang tinggi hal ini membuat kurang nyaman bila digunakan jalan jauh. Apalagi, Suzuki mengklaim motor ini beraura MotoGp yang notabene adalah motor sport.

Suzuki GSX R150 juga memiliki jarak ketinggian dengan tanah (ground clearance) 150 mm. Cukup nyaman dikendarai saat melewati jalanan tak rata.

Coba 5 putaran

Diatas kertas Suzuki GSX-R150 menggunakan mesin DOHC 4 katup silinder tunggal berpendingin cair. Carmudi Indonesia mencoba menggeber 5 putaran di sirkuit Sentul dengan maksimal.

Benar saja saat tarikan pertama, sontak terasa tarikan buasnya sangat gahar. Membuat laju Suzuki GSX R150 ini menjadi lebih gesit.

Semburan tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan melalui sebuah sistem transmisi manual 6 percepatan. Sangat responsif saat melakakan perpindahan gigi.

Tenaga maksimal dirasakan Carmudi Indonesia meskipun tak sekencang pembalap. Selain memiliki performa yang powerfull, Suzuki GSX R150 ini diklaim irit bahan bakar.

Alasannya sudah menggunakan sistem bahan bakar FI sehingga konsumsi bahan bakar lebih irit dan efisien.

Tenaga pun terjaga berkat peran slipper clutch. Komponen ini membuat perpindahan gigi tinggi ke rendah makin halus, tidak ada gejala ban mengunci karena back torque.

Saat dipacu kencang melintas di tikungan ”S kecil dan S besar” sirkuit Sentul, perpindahan gigi 5 ke 3 cukup halus. Kontrol tenaga yang dihasilkan tak banyak terbuang karena penurunan gigi.

Kesempatan ini dimaksimalkan dengan menambah kecepatan saat lepas dari tikungan. Penasaran dengan tenaga maksimal Carmudi Indonesia menggeber dari posisi gigi 3 ke 4 tercatat di speedometer 131 kpj.

Catatan ini bukan patokan, karena beberapa peserta mampu meraih kecapatan maksimal di atas 140 kpj. Bahkan diwaktu yang sama Suzuki juga melakukan test untuk tim pembalapnya bernaman Ahmad Saugi yang bisa tembus 163 kpj.

Tangguh dalam kecepatan, Suzuki GSX R150 juga dibekali kaki-kaki kokoh didukung suspensi tipe teleskopik bagian depan. Sementara sektor belakang, menggunakan suspensi tipe monoshock sangat stabil diajak bermanuver.

Suzuki GSX

Shockbreaker bagian depan sudah teleskopik. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Tak hanya mencoba di area sirkuit, Carmudi Indonesia juga menjajal di jalanan bergeronjal dan hasilnya masih nyaman. Mampu meredam setiap goncangan dan tak mengganggu kenyamanan berkendara.

Kedua rodanya menggunakan velg yang mirip dengan Satria F150, tapi dengan ukuran lebih besar. Diikuti dengan ukuran ban yang lebih besar pula agar nyaman saat melakukan cornering.

Suzuki GSX

Suzuki GSX R150. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Sistem pengereman menggunakan disc brake, di mana pada bagian depan ukurannya lebih besar di banding belakang. Ini akan lebih mudah dalam mengontrol laju kecepatan dari motor sport ini.

Kesimpulan

Tak hanya menawarkan desain, Suzuki juga menyematkan tenaga yang maksimal dalam pertarungan di segmen motor sport.

Aura motorsport dan tenagannya masih tak kalah dengan pesaingnya. Ya, harus diakui, meskipun hanya 2 kompetitor Suzuki harus bekerja keras dalam persaingan.

 

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts