Sepeda motor

Spesifikasi dan Harga Vespa Sprint 150, Bukan Buat Kaum “Mendang-Mending”

Spesifikasi dan harga Vespa Sprint saat ini bisa dibagi dua berdasarkan varian yang tersedia, yaitu Sprint 150 dan Sprint S 150. Sebenarnya, selain itu masih ada satu varian lagi yang masuk jajaran edisi spesial Racing Sixties. 

Kita akan lihat perbedaannya lebih dalam untuk membantu Carmudian menentukan pilihan yang tepat.

Spesifikasi dan Harga Vespa Sprint

Vespa Sprint di diler Gaia Moto Motoplex, Jakarta. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Dalam lini produk yang dimiliki PT Piaggio Indonesia (PID), Vespa Sprint sendiri hadir sebagai opsi bagi konsumen yang menginginkan skuter matik premium dengan mesin 150 cc.

Di kelas ini sebenarnya Vespa juga memiliki Primavera dan GTS. Hanya saja styling yang ditawarkannya berbeda-beda.

Primavera dan Sprint cukup mirip. Tapi sekilas tampilan Primavera lebih condong ke arah yang elegan sedangkan Sprint justru memiliki kesan sporty.

Dari segi harga, Sprint yang dipasarkan antara Rp47,6 juta – Rp50,1 juta sedikit lebih mahal dibanding Primavera yang punya banderol Rp44,8 juta – Rp47,3 juta. Tapi harga harga Sprint masih jauh di bawah GTS yang dijual Rp62 juta.

Populasi Sprint di jalan raya cukup sering terlihat digunakan sebagai kendaraan harian. Bodi yang dimilikinya tergolong kompak sehingga menjadikannya lincah di lalu lintas perkotaan. Selain itu, fitur dan aspek kepraktisan dari model ini juga termasuk baik.

Lebih lengkap mengenai ulasannya bisa Carmudian simak di bawah ini.

Desain Vespa Sprint 150 2021

Sebelum membahas spesifikasi dan harga Vespa Sprint, kita lihat dulu lebih dekat penampilannya. Kami mengakui Sprint merupakan salah satu model Vespa yang paling sedap dipandang mata.

Dimensi bodinya tergolong kompak, tapi punya desain yang berisi dan sporty. Hal ini bisa dilihat dari bentuk bagian depan dan belakangnya yang agak tajam. Sementara itu sampingnya dibuat memiliki lekukan sehingga bodi terlebih berdimensi.

Headlamp Vespa Sprint

Tampilan depan Vespa Sprint diisi lampu depan heksagonal. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Memang sih, desain bodi seperti ini juga bisa ditemukan pada Primavera. Tapi penampilannya terasa lebih pas ketika dipasangkan dengan headlamp berbentuk heksagonal milik Sprint.

Di awal artikel disebutkan Sprint memiliki tiga varian. Perbedaan antara ketiganya bisa ditemui dalam hal desain.

Khusus tipe Sprint S 150 memiliki decal di pelek dan bodi samping, aksen merah untuk horn cover, serta per depan berwarna merah.

Selanjutnya juga bisa ditemui perbedaan pada joknya. Jok milik Sprint S 150 dibuat hitam polos tapi memiliki aksen jahitan seperti motor-motor klasik. Sementara itu punya Sprint 150 tampil lebih sederhana dengan kombinasi warna hitam dan garis putih.

Harga dan Spesifikasi Vespa Sprint

Vespa Sprint varian S 150 memiliki decal merah di bodi samping. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Di luar itu, kalau Carmudian ingin tunggangan yang tampilannya lebih atraktif bisa memilih varian Racing Sixties. Pada dasarnya ini adalah varian Sprint 150, tapi dibalut kombinasi warna hijau dan aksen kuning.

Desain yang digunakannya menyerupai livery balap dari era 1960-an. Tampilan Sprint varian ini juga semakin spesial dengan pelek warna emas.

Fitur Vespa Sprint 150 2021

Vespa Sprint memiliki fitur yang sudah cukup baik. Untuk lampu-lampunya kita bisa menemukan penggunaan LED yang sangat terasa manfaatnya untuk membantu visibilitas.

Kemudian model ini juga menyediakan port USB yang bisa pengguna untuk mengisi daya gawai penggunanya. Penggunaan port USB ini bisa dinilai lebih baik dibanding power socket bulat karena tak membutuhkan adapter lagi untuk menggunakannya.

Panel instrumen kombinasi analog digital

Tampilan instrumen panel Vespa Sprint. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sedikit bergeser ke area cockpit, Carmudian akan melihat panel instrumen kombinasi digital dan analog. Model analog digunakan untuk speedometer sedangkan informasi berkendara lainnya seperti fuel gauge, odometer, dan jam ditampilkan secara digital.

Dengan harga tembus Rp50 juta, rasanya area ini bisa dikembangkan lagi menjadi full digital sehingga lebih mengikuti zaman.

Kemudian untuk aspek keselamatan, Vespa Sprint sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS pada roda depan. Dengan adanya fitur ini maka risiko ban mengunci saat pengereman mendadak jadi lebih kecil.

Sayangnya, fitur ini terbatas untuk roda depan saja. Sementara itu untuk ban belakangnya konsumen harus puas dengan rem model tromol.

Cakram depan dengan rem ABS

Vespa Sprint dilengkapi sistem pengereman ABS untuk roda depan. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Lalu pada model ini konsumen juga akan menemukan fitur khas Vespa, yaitu immobilizer yang berguna meningkatkan faktor keamanan kendaraan. 

Bicara kepraktisan, skuter matik ini punya beberapa tempat penyimpanan yang sangat bermanfaat. Faktnya, hal seperti ini sangat dibutuhkan untuk sebuah skuter matik. Baik yang digunakan sehari-hari atau sebatas pemuas hobi.

Fasilitas penyimpanan paling besar berada di bawah jok. Carmudi melihat beberapa ulasan lain, bagasi tersebut bahkan bisa digunakan untuk menyimpan helm full face

Masih di area bagasi, mekanisme pembuka joknya sudah dilengkapi stopper sehingga bisa bertahan dalam posisi berdiri. Lebih nyaman ketika kita mengakses barang-barang yang tersimpan di sana.

Selain bagasi tersebut, Vespa Sprint juga masih memiliki laci penyimpanan di dek depannya. Cocok untuk digunakan menaruh barang-barang yang ukurannya kecil. 

Setelah melihat fitur-fiturnya, mari simak harga dan spesifikasi Vespa Sprint 150 2021.

Mesin Vespa Sprint 150 2021

Penggunaan mesin dengan teknologi i-get yang terdapat pada generasi baru model ini merupakan improvement besar. Pasalnya kinerja mesin menjadi lebih halus yang otomatis membuat pengalaman berkendaranya meningkat.

Lebih detail, Vespa Sprint menggunakan mesin dengan kapasitas 154,8 cc yang memiliki tenaga tertinggi 11,6 Hp @ 7.500 rpm. Sedangkan untuk torsi puncaknya adalah 12 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm.

Mesin i-get

Wujud mesin Vespa Sprint (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi CVT dan sistem suplai bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi elektronik. Untuk kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri Vespa Sprint mampu membawa 7 liter.

Lebih detail mengenai spesifikasi Vespa Sprint bisa disimak pada tabel berikut ini.

Spesifikasi Vespa Sprint 150 2021

Mesin 154,8 cc, 1-silinder, 3 katup
Tenaga maksimum 11,6 Hp @ 7.500 rpm
Torsi maksimum  12 Nm @ 5.000 rpm
Transmisi CVT
Suplai bahan bakar Injeksi
Ban depan 110/70 R12
Ban belakang 120/70 R12
Rem depan  Cakram 220 mm ABS
Rem belakang Tromol 140 mm
Panjang  1.863 mm
Lebar 695 mm
Tinggi 
Jarak sumbu roda 1.334 mm
Tinggi jok 790 mm
Kapasitas tangki  7 liter

Harga Vespa Sprint 150 2021

Di dalam lini produk PT PID harga Vespa Sprint berada di tengah-tengah. Ada beberapa produk yang lebih murah begitu juga yang lebih mahal.

Menurut daftar harga terbaru yang Carmudi terima pada bulan Maret 2021 menunjukkan harga Vespa Sprint berada di angka Rp47.600.000 (Sprint 150) dan Rp50.100.000 (Sprint S 150).

Spesifikasi dan Harga Vespa Sprint 150 2021

Ragam pilihan warna Vespa Sprint 150 2021. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Harga tersebut bisa dibilang sangat tinggi untuk sebuah skuter matik 150 cc. Tapi pada umumnya pembeli Vespa — apalagi dalam kondisi baru — bukan tipikal konsumen yang “mendang mending”.

Karakter dari kendaraan tersebut menjadi hal yang lebih penting.

Carmudian boleh setuju atau boleh tidak, namun begitu adanya. Buktinya populasi skuter khas Italia ini sering terlihat di jalan raya. Bukan hanya di Ibu Kota, melainkan juga di sekelilingnya.

Adapun daftar harga dan skema cicilan yang Carmudian bisa jadikan referensi adalah sebagai berikut.

Cicilan Vespa Sprint 150 2021 (Rp47.600.000)

Uang Muka 17x 29x 35x
Rp9.000.000 Rp3.042.000 Rp2.077.000 Rp1.856.000
Rp13.000.000 Rp2.746.000 Rp1.879.000 Rp1.681.000
Rp16.000.000 Rp2.525.000 Rp1.731.000 Rp1.550.000

Cicilan Vespa Sprint S 150 2021 (Rp50.100.000)

Uang Muka 17x 29x 35x
Rp9.000.000 Rp3.233.000 Rp2.207.000 Rp1.972.000
Rp13.000.000 Rp2.937.000 Rp2.009.000 Rp1.797.000
Rp16.000.000 Rp2.715.000 Rp1.861.000 Rp1.666.000

Harga dan skema cicilan di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts