Berita

Suzuki S-Presso Versi Indonesia Berbeda dengan yang Ada di Global

GIIAS, Tangerang — Suzuki S-Presso yang dipasarkan di Indonesia berbeda dengan yang ada di global. Perbedaannya terletak pada penyematan aksesori di bagian eksterior dan interiornya.

Suzuki S-Presso akhirnya secara resmi diniagakan di Tanah Air, ditandai dengan acara peluncuran yang digelar di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, pada Kamis (11/8/2022).

Suzuki S-Presso Indonesia

Peluncuran Baleno dan S-Presso di GIIAS 2022 (Foto: Suzuki)

Mobil yang didatangkan langsung dari India ini ditawarkan dalam dua varian dengan harga yang cukup menggoda, tak sampai Rp170 juta.

Berikut harga on the road (OTR) Jakarta seluruh varian Suzuki S-Presso:

  • S-Presso MT Rp155 juta
  • S-Presso AGS Rp164 juta.

Di balik harganya yang terjangkau, rupanya Suzuki S-Presso yang dipasarkan di Indonesia berbeda dengan versi global. Meskipun perbedaannya tidak terlalu banyak, tapi Suzuki mencoba untuk menghadirkan tampilan mobil yang sesuai dengan selera pasar Indonesia masa kini.

“Jadi kami menambahkan beberapa tampilan yang membuat mobil ini lebih terkesan SUV-nya. Jadi kalau yang global itu, tentu banyak S-Presso yang di sana, di sini kami lebih menonjolkan style SUV-nya, kenapa ditampilkan? Karena kami melihat bahwa kesan SUV ini lagi naik-naiknya. Jadi kami kasih konsumen untuk image yang SUV-nya biar lebih tertarik,” ungkap Yulius Purwanto, selaku Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di sela acara “Media Discussion Suzuki: Bedah Fitur S-Presso”, Senin (15/8/2022).

Interior Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki)

Lebih lanjut Yulius menjelaskan ada beberapa aksesori atau ornamen pada eksterior Suzuki S-Presso yang mendapat sentuhan khusus sebagai pembeda dengan versi global. Di antaranya gril krom, front skid plate, side cladding, wheel ARC Cladding, pelek two tone dengan 14 inci, rear skid plate dilengkapi juga dengan upper spoiler.

Sedangkan dari segi interior terdapat digital meter cluster, center console dan AC louver center, serta ada ornamen silver di dinding pintu yang berbeda dengan yang ada di global.

“Aksen silver dan segala macamnya itu untuk membuat interiornya enggak membosankan. Ini (interior) juga menarik selain di eksterior, tapi kan pemilik mobil itu di dalam, jadi mereka juga melihatnya enggak ngebosenin jadi lebih menarik buat mereka,” pungkas Yulius.

Suzuki S-Presso Indonesia

Tampang belakang Suzuki S-Presso (Foto: Santo/Carmudi)

Mesin, Fitur Keselamatan dan Pilihan Warna Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso merupakan city car dengan dimensi kompak sehingga lincah saat bermanuver di jalanan yang padat dan sempit. Di dukung oleh mesin K10B, 3 silinder segaris, 12 katup membuatnya mampu berlari dengan tenaga maksimal 67 hp pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Sistem transmisinya ada dua pilihan, manual atau Auto Gear Shift (AGS).

Kendati berhaga murah, Suzuki tetap menyematkan beberapa fitur keselamatan dan keamanan, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Heartect platform, Rear Parking Sensor, Dual SRS Airbag, dan Alat Pemadam Api Ringan.

Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki)

S-Presso tersedia dalam 6 pilihan warna, yaitu Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/