Sepeda motor

Tergantung Medan, Ini Pertimbangan Memilih Honda CB150X dan CRF150L

Jakarta — Walaupun Honda CB150X dan CRF150L memiliki perbedaan cukup jelas secara penampilan, tapi sebenarnya kedua motor tersebut masih memiliki kesamaan, yakni menyasar konsumen yang suka berpetualang.

Calon pembeli perlu memerhatikan beberapa hal agar tak merasa salah pilih di kemudian hari.

Honda CB150X dan CRF150L

Honda CB150X dan CRF150L dapat menjadi pilihan para rider yang suka berpetualang, namun medan yang dilaluinya berbeda. (Foto: Carmudi)

Sebagai informasi, CB150X resmi menyapa konsumen kendaraan roda dua Tanah Air melalui penampilan perdananya pada pameran GIIAS 2021. Motor ini dapat dikatakan pionir sport adventure touring bermesin 150 cc di Indonesia.

Detail tampilan Honda CB150X bisa cek di tautan ini.

Informasi terakhir, pabrikan berencana memasarkannya dengan harga antara Rp32—35 juta. Angka tersebut bersinggungan dengan harga CRF150L yang saat ini ditawarkan Rp34,745 juta.

Adapun cicilan motor Honda CRF150L bisa dimulai dari Rp1 jutaan per bulan.

Lantas mana yang mesti dipilih konsumen? Lantaran keduanya sama-sama dilabeli sebagai tunggangan para petualang.

Spesifikasi Kaki-kaki Berbeda

Salah satu jawabannya bisa dilihat pada sektor kaki-kaki. CB150X menggunakan ban 17 inci di depan dan belakang walau dengan lebar yang berbeda. Jenis ban yang digunakan adalah ban jalanan aspal.

Di lain sisi CRF150L menggunakan ban 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Jenis ban yang digunakannya adalah knobby tire yang berarti lebih siap diajak off road. Ban semacam ini bukannya tidak bisa digunakan di jalanan aspal, hanya saja performanya kurang “menggigit”.

Honda CRF150L

Honda CRF150L (Foto: AHM)

Faktor Kenyamanan

Hal lain yang juga mesti diperhatikan ialah faktor kenyamanan. Dengan spesifikasi standar, sebenarnya CRF150L juga bisa dipakai jarak jauh. Tapi tak semua orang akan merasa betah duduk berlama-lama di atasnya joknya yang ramping.

Sementara itu, CB150X terlihat memiliki jok yang lebih lebar selayaknya motor sport pada umumnya. Hal ini pasti akan memberikan keuntungan tersendiri saat motor digunakan riding jauh.

Ground Clearance Honda CB150X dan CRF150L

Poin yang satu ini seolah menegaskan perbedaan antara kedua motor. CRF150L lebih cocok untuk rider yang doyan melewati medan jalan ekstrem dengan ground clearance yang sangat tinggi, yaitu 285 mm.

Bandingkan dengan ground clearance CB150X yang lebih rendah, yakni 181 mm. Tapi dengan jarak ke permukaan tanah yang lebih rendah otomatis CB150X lebih stabil diajak ngebut.

Kesimpulannya, kedua motor memiliki medannya masing-masing karena karakter para petualang itu sendiri juga berbeda-beda. CB150X lebih cocok untuk petualang yang doyan riding jauh dengan medan jalan mayoritas masih berupa aspal.

Sedangkan CRF150L lebih mampu memuaskan hasrat para petualang yang hobinya masuk ke jalur tanah atau bahkan medan jalan ekstrem.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *