Home » Reviews » Uang Rp 80 Juta Bisa Dapat Mobil BMW atau Mercedes

Uang Rp 80 Juta Bisa Dapat Mobil BMW atau Mercedes

BMW E36 cukup sporty untuk mobil Rp 80 juta

Jakarta – Jagat sosial media digemparkan dengan tarif prostitusi online yang kabarnya mematok harga hingga Rp 80 juta untuk sekali kencan. Ketimbang untuk hal negatif, Carmudian yang gemar otomotif bisa memakai sejumlah duit itu untuk berburu mobil Rp 80 juta yang masih keren lho.

Deretan mobil Rp 80 juta di pasaran tersedia berbagai macam merek, mulai yang asal Eropa sampai keluaran Jepang. Dengan modal yang tidak terlalu banyak, kalian bisa tampil ganteng maksimal dengan tunggangan yang juga kece.

Soal gaya, kamu bahkan bisa terlihat layaknya anak konglomerat era Orde Baru. Pasalnya, mobil Eropa yang keluar di era itu harganya sekarang sudah terjangkau tapi tetap memancarkan kesan aristokrat. Seperti apa mobil-mobil itu? Berikkut ini daftar lengkapnya.

Mercedes-Benz W124 ‘Boxer’

Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)
Eksterior Mercedes-Benz W124 (Mercy Boxer)

Ingin tampil gaya, mewah, tapi budget pas-pasan? Kamu bisa berburu Mercy boxer yang termasik ke dalam mobil Rp 80 juta. Di pasaran, harga Mercedes-Benz W124 berkisar antara RP 60-120 juta tergantung tipe dan  Mercedes-Benz di Indonesia sudah sejak lama menjadi simbol kemewahan serta kenyamanan.

Tak salah memang, karena pabrikan asal Stuttgart itu menawarkan kenyamanan dan bahkan durabilitas dalam sebuah kendaraan yang bertahan hingga puluhan tahun. W124 didesain oleh Bruno Sacco yang juga mendesain W123 atau Mercy Tiger.

Insinyur Mercedes-Benz merancang Boxer ini dengan berbagai macam teknologi dan fitur yang sangat canggih pada zamannya atau overengineered. Bahkan, banyak fitur-fitur mewah pada keluarga E-Class ini yang diturunkan langsung dari S-Class.

W124 dijuluki Boxer bukan karena memakai mesin horizontal cylinder atau mesin boxer. Melainkan karena bentuknya yang kotak (box), besar dan lebar di zamannya. Sedan boxy Mercedes-Benz ini sudah menjadi mobil yang dicari oleh kalangan kolektor Mercy karena kenyamanannya.

Pada generasi awal, dengan produksi antara 1986 sampai 1993 dengan ciri khasnya yaitu pada cat monotone dengan lis panel yang disebut lis becak di bagian pintu.

Masuk ke tahun 1994 adalah era baru W124 dengan ciri khas cat two tone. Sektor mesin pun tidak ada lagi yang memakai karburator atau injeksi manual. Seluruhnya memakai injeksi elektronik. Variannya terbagi menjadi empat yakni standar, MasterPiece, Sportline, MasterPiece Sportline sebagai line up teratas.

BMW 3-Series E36

Mobil Rp 80 juta keren yang bisa kamu beli yaitu E36 dengan tipe yang paling tinggi. Misalnya 323i yang harganya dalam kisaran itu. Mobil yang dirilis tahun 1997 ini terlihat sangat elegan dan dibekali dengan mesin gahar 6 silinder dengan kapasitas 2.496 cc. Untuk masalah desain, mobil ini tidak terlihat ketinggalan zaman.

Mesin 6 silinder yang halus dan hampir tanpa suara walaupun dijalankan pada rpm tinggi. Suara juga tidak terdengar ngeden seperti mesin yang meraung.

323i adalah flagship BMW E36 yang masuk secara resmi dan merupakan jawaban BMW untuk mereka yang menginginkan sebuah sedan yang kompak namun dengan teknologi dan fitur yang segudang. Mobil ini memiliki performa yang terbaik di kelasnya.

Tak ada kata-kata lain yang bisa dikatakan selain “the ultimate driving machine”. E36 adalah bentuk nyata dari keseriusan BMW saat membuat mobil yang nikmat dikendarai atau driver’s car pada masanya.

Mobil ini merupakan penyempurnaan dari teknologi serta hasil pada generasi sebelumnya. Feedback pengguna BMW E30 ditampung serta jadikan bahan pengembangan saat membuat BMW E36 ini.

Jika meninginkan mobil ini coba pilih yang diatas tahun 95 atau 320i yang tahun 92/93 yang belum didukung VANOS. Anda akan dapat merasakan bedanya dan hentakannya tenaga mesinnya. Perawatan juga terjangkau dikarenakan mulai banyak parts aftermarketnya dan harganya setara onderdil mobil Jepang.

Mobil ini telah dibuktikan ketangguhannya dalam balap-balap professional ataupun pemula. Dengan distribusi bobot 50-50, didukung mesin apa pun, E36 ini memiliki handling yang fantastis. Nyetir BMW E36 varian tertinggi bisa membuat kamu seperti anak konglomerat atau cucu pengusaha besar era 90-an lho.

Honda Jazz i-DSI

Honda Jazz
Honda Jazz Gen 1 masih modis di usia 10 tahun Foto/Carmudi.

Mobil Rp 80 juta lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu Honda Jazz. Untuk tahun yang lebih muda tersedia Honda Jazz i-DSI yang desainnya tetap modis sekalipun sudah berumur 10 tahunan. Honda Jazz masuk secara resmi ke Indonesia pada 2004, tapi desainnya masih lebih sporty ketimbang city car terbaru sekalipun.

Fitur unggulan di mobil ini adalah ultra seat dimana jok belakang bisa dilipat sedemikian rupa sehingga dapat memberikan ruang bagasi yang sangat besar. Fitur lainnya juga tergolong lengkap, seperti power window, electronic power steering dan electric mirror.

Ketimbang membeli mobil LCGC, jelas Honda Jazz i-DSI ini lebih baik soal performa dan gaya. Selain itu, Jazz juga mudah dimodifikasi dengan berbagai aliran dan sparepartnya juga mudah ditemukan.

Bila tampilan luarnya menarik, interior mobil ini juga cukup luas dan nyaman. Tarikannya tenaganya pun cukup kuat yaitu dapat mencapai 87 hp atau setara dengan putaran mesin 5.500 rpm.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat berburu Jazz i-DSI yaitu kelemahan mendasarnya adalah tenaga yang kurang. Selain itu, penyakit yang cukup sering menghampiri yaitu soal transmisi CVT pada generasi awal yang rentan rusak dan brebet dari bagian valve body.

Suzuki Swift Gen 1

Suzuki Swift

Masih dari segmen hatchback, ada alternatif selain Honda Jazz bagi kamu yang ingin menghabiskan uang Rp 80 juta secara bermanfaat. Kamu bisa membeli Suzuki Swift generasi pertama dengan budget segitu.

Suzuki merilis mobil dengan jenis Swift yang eksteriornya mirip Mini Cooper di tahun 2004 dan masuk ke Indonesia sekitar tahun 2005. Saat itu seketika menjadi primadona di jalanan.

Mesin yang tangguh sebesar 1.586 cc siap menemanimu jalan jauh ke luar kota. Bila dibandingkan dengan Jazz, Suzuki Swift lebih bertenaga karena memiliki tenaga maksimum 110 hp. Bahan bakarnya pun cukup irit yaitu mencapai 9-15 km per liter.

Toyota Yaris Bakpao

modifikasi mobil
Yaris Bakpao (Dok.Toyota)

Lagi-lagi segmen hatchback menggoda dengan harga terjangkau dan desain modis. Kali ini ada Toyota Yaris generasi pertama yang sering disebut sebagai Yaris Bakpao. Mobil ini dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand pada 2006 silam.

Desain Yaris keluaran pertama membulat dengan bentuk headroom cukup tinggi. Ini membuat Yaris generasi pertama disebut sebagai Yaris Bakpao karena bentuknya mirip bakpao. Mesin yang digunakan Yaris Bakpao berkapasitas 1.500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang juga digunakan pada Toyota Vios.

Fitur-fitur seperti air bag, power window di semua pintu hingga fog lamp menjadi kelebihan Yaris. Selain itu, nama besar Toyota jadi jaminan ketersediaan suku cadang Yaris Bakpao yang mudah.

Honda Prelude

Honda Prelude, populasinya jarang di Indonesia

Bagi penggemar mobil retro daengan gaya Japanese Domestic Market atau JDM tentu familiar dengan sosok Honda Prelude. Mobil dua pintu ini peredarannya cukup sulit ditemui di pasaran. Tidak hanya itu, Prelude didukung mesin yang cukup besar yakni 1.800cc 4 Cylinder 12-Valve twin carb dengan tenaga 105 PS.

Tidak banyak informasi soal Honda Prelude di Indonesia sebagaimana ketersediaan unitnya di pasar mobil bekas. Namun, statusnya yang langka membuat Honda Prelude jadi barang simpanan kolektor dan biasanya masih terawat baik. Prelude masuk kategori mobil Rp 80 juta karena sedan dua pintu ini pasarannya antara Rp 75-90 jutaan.(dol)

Previous post
Pertama di Indonesia Cuci Mobil dengan Sedikit Sentuhan Tangan, Ini Tarifnya
Next post
Desain dan Spesifikasi All New Toyota Camry Makin Menggairahkan