Home » Berita » Warga di Kabupaten Asmat Sudah Lebih Dulu Pakai Sepeda Motor Listrik

Warga di Kabupaten Asmat Sudah Lebih Dulu Pakai Sepeda Motor Listrik

Presiden Jokowi memboncengi Ibu Negara Iriana saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Asmat, Kamis (124). (Foto BPMI)

Jakarta – Kabupaten Asmat adalah salah satu daerah terpencil di propinsi Papua. Meski jauh dari pemandangan gedung-gedung bertingkat dan ramai kendaraan berlalu-lalang di jalan raya, tapi warga di Kabupaten Asmat sudah lebih dulu menggunakan sepeda motor listrik. Beda dengan di Jakarta penggunaan sepeda motor listrik untuk mobilitas sehari-hari masih dalam tahap dan terus dikampanyekan guna menciptakan langit biru.

“Di kabupaten Asmat mereka lebih dulu pakai kendaraan listrik dari pada kita di Jakarta,” ungkap I Made Suprateka, EVP Corporate Communication & CSR, di Jakarta belum lama ini.

Bahkan lanjut Suprateka begitu banyaknya pengguna sepeda motor listrik, kini Kabupaten Asmat sudah memiliki Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di berbagai titik dan wilayah tertentu.

“Kami memiliki SPLU di Kabupaten Asmat sana. kalau di Jakarta kurang lebih SPLU-nya ada ribuan unit,” sambung Suprateka.

Blusukan di Kabupaten Asmat Jokowi Pakai Sepeda Motor Listrik

April 2018 Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asmat. Seperti biasa, ketika mengunjungi suatu daerah Presiden Jokowi melakukan blusukan untuk melihat konsidi dan situasi terkini warga yang tinggal diwilayah tersebut.

Ketika melakukan blusukan di kabupaten Asmat ada pemandangan yang tidak biasa, di mana Jokowi bersama Iriana menggunakan sepeda motor listrik. Sepeda motor listrik yang ditunggangi Jokowi bernama Zero 8i yang merupakan produk keluaran WimCyle.

Di halaman Facebook WIM Motor tertera spesifikasi singkat dari sepeda motor listrik Zero 8i. Sepeda motor listrik yang sudah tersedia sejak 2016 itu dibekali dengan motor sebagai sumber penggerak berdaya 48 Volt 1.000 Watt.

Sedangkan sumber listriknya disimpan di dalam baterai berdaya 48 volt 20 Ampere hour. Pengisian baterai memakan waktu cukup lama yaitu delapan jam dari posisi kosong hingga terisi penuh.

Bila baterai dalam keadaan terisi penuh maka sepeda motor listik Zero 8i bisa menempuh jarak antara 50 sampai 80 kilometer. Namun semua itu tergantung dari medan jalan yang dilalui.

Melihat tampang Zero 8i mirip seperti sepeda motor matik pada umumnya yang sudah beredar dipasaran. Hanya saja yang membedakannya adalah sumber pengeraknya.

Selain Zero 8i rupanya WimCyle juga memiliki produk sepeda motor listrik lain yaitu Zero 800. Tampangnya mirip seperti sepeda motor petulang. Sepeda motor ini dibekali motor listrik 60 Volt 800 Watt dan baterai 60 Volt 20 Ampere hour.

Jarak tempuh yang bisa dicapai dalam sekali pengisian baterai sejauh 50 sampai 70 kilometer. Lama pengisian baterai delapan jam dari kosong hingga penuh.

Ada juga Zero 500 yang sudah dibekali motor 48 Volt 500 Watt dan baterai 48 Volt 14 Ampere hour dengan jarak tempuk sekira 50 sampai 70 kilometer. Lama pengisian baterai delapan jam.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

BPKB
Previous post
Biaya Mutasi Motor, Nggak Mahal Kalau Berani Urus Sendiri
Eksterior Daihatsu Rocky versi modifikasi
Next post
Daihatsu Rocky Versi Modifikasi, Menggoda Juga Nih!

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *