Tips dan Trik

Langkah Mudah Cara Ganti Aki Mobil Supaya Tidak Eror

Mengganti aki mobil umumnya memang dikerjakan di bengkel oleh montir, namun rupanya bisa dilakukan sendiri dengan cara yang cukup mudah.

Bagi pemilik mobil baru sepertinya bisa melewati ulasan terkait cara mengganti aki ini, karena biasanya aki diganti karena bermasalah dan terjadi pada kendaraan usia 2-5 tahun ke atas.

Lebih banyaknya lagi, ganti aki biasanya dialami oleh mereka yang baru membeli mobil bekas.

cara ganti aki mobil

Layanan pergantian aki dan oli mobil (Foto: Astra Astra Otoparts)

Aki pada kendaraan punya peranan yang sangat penting untuk mengalirkan arus listrik. Jika aki mulai lemah, maka kendaraan biasanya memiliki tanda-tanda sebelum aki tersebut benar-benar mati total.

Tapi harus diketahui, cara ganti aki untuk mobil modern sebenarnya cukup berbeda dibanding mobil lawas. Terlebih mobil baru saat ini rata-rata sudah mengadopsi sistem injeksi.

Salah-salah, jika tidak hati-hati memperhatikan proses ganti aki mobil, ECU akan bermasalah.

Ini berpengaruh pada saat hendak mengganti aki yang dibutuhkan beberapa langkah khusus. Nah, langkah inilah yang sebenarnya belum banyak diketahui oleh para pemilik mobil.

Supaya Carmudian bisa lebih paham, yuk, langsung saja kita bahas tentang cara ganti aki mobil injeksi dan non-injeksi!

Cara Ganti Aki Mobil Non-Injeksi

Pertama-tama kami akan membahas tentang cara ganti aki mobil non-injeksi. Biasanya untuk mengganti aki mobil jenis ini bisa dibilang sangat mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Walaupun terbilang mudah, masih ada sebagian orang yang belum mengerti caranya.

  1. Siapkan Kunci Pas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kunci pas. Biasanya pengunci kepala aki menggunakan mur ukuran 12 atau 14.

Usahakan ketika hendak membuka kepala aki posisi mesin dalam kondisi mati. Saat posisi mesin mati, Anda bisa segera melepas kepala aki.

  1. Lepas Negatif Terlebih Dahulu

Usahakan untuk melepas kepala aki bagian minus atau negatif (-) atau yang berwarna hitam terlebih dahulu. Tujuannya agar menghindari potensi korsleting ketika kepala aki terbentur bagian kap mesin.

Setelah itu baru lepaskan bagian positif (+) atau kabel berwarna merah. Setelah kedua kepala aki dilepas, jangan lupa posisikan kabel positif di tempat yang aman dan tidak bergesekan dengan bagian bodi mobil.

  1. Lepas Aki Lama

Setelah kedua kabel dilepas, Carmudian bisa segera melepas aki lama dan menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa ganti aki dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh mobil.

Misal aki yang dibutuhkan adalah 70 ampere, maka bisa diganti dengan yang setara atau lebih besar sedikit. Usahakan tidak memilih kapasitas ampere yang lebih kecil.

Perbedaan aki basah dan kering

Ilustrasi ganti aki mobil

  1. Bersihkan Area Bawah Aki

Jika sebelumnya menggunakan aki basah, biasanya akan terdapat bekas residu berwarna putih. Ketika Anda melepas aki, usahakan untuk membersihkan kotoran tersebut sebelum aki baru dipasang kembali.

Cara membersihkannya pun bisa menggunakan sikat kawat halus atau sikat gigi. Cek juga apakah ada keropos di bagian bawah aki atau tidak. Biasanya bagian bawah aki rawan terjadi keropos akibat terkena cairan aki yang keluar.

  1. Pasang Aki Baru

Setelah dudukan aki tersebut bersih dari kotoran, Anda bisa memasang aki baru. Posisikan aki baru seperti aki lama dan pastikan posisinya tidak goyang-goyang.

  1. Pasang Kepala Aki

Langkah selanjutnya bisa dengan memasang kepala aki dengan memulai dari kutub positif (+) terlebih dahulu. Pastikan juga kutub tersebut sudah kencang sebelum memasang kutub negatif (-).

Kencangkan kedua kutub dan pastikan kepala aki terpasang dengan benar. Ketika hendak mengencangkannya usahakan kunci tidak menyentuh bagian kap mesin agar tidak terjadi korsleting listrik.

cara ganti aki mobil

Cara ganti aki mobil modern dan mobil lawas (Foto: Carmudi)

Setelah benar-benar terpasang, cek kembali kondisi kabel-kabelnya. Jangan sampai ada kabel yang kendor atau kurang kencang.

Hal terakhir bisa dengan menutup kepala aki bagian positif (+) dengan karet atau penutup plastik yang disediakan. Jika tidak ada maka bagian tersebut bisa ditutup dengan plastik atau karet untuk menghindari potensi bergesekan dengan logam.

Setelah benar-benar terpasang, mesin mobil siap dinyalakan. Nyalakan mesin mobil dan diamkan sekitar 10 menit agar pengisian aki bisa lebih maksimal.

Cara Ganti Aki Mobil Injeksi

Sementara itu cara ganti aki yang akan kita bahas selanjutnya adalah aki mobil injeksi. Untuk mengganti aki mobil injeksi dibutuhkan sedikit penanganan yang berbeda.

Untuk beberapa merek mobil Eropa dan mobil modern yang sudah menggunakan full elektronik cara mengganti akinya bisa dengan membiarkan mobil tetap menyala.

  1. Siapkan Kabel Jumper

Untuk mengganti aki, terlebih dahulu siapkan kabel jumper. Kabel tersebut bisa dibeli di banyak toko online maupun offline.

Posisi Kabel Saat Jumper Aki Mobil (Foto: Saft7)

Setelah itu siapkan aki cadangan yang akan menjadi sumber tenaga sementara ketika aki hendak dilepas. Kemudian pasang kabel jumper di bagian kepala kutub positif (+) berwarna merah aki lama dengan kutub positif (+) berwarna merah di aki cadangan.

Kemudian pasang kabel jumper negatif (-) di kepala di aki lama dengan kutub negatif (-) di bagian bodi mobil misalnya di kap mesin atau fender. Setelah kedua kutub terpasang, Carmudian bisa mulai melepas kepala aki secara perlahan.

  1. Bersihkan Bagian Bawah Aki

Ketika aki dilepas, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu bagian bawahnya. Cek juga apakah ada keropos di bagian dek bawah aki tersebut.

Jika ada, Carmudian bisa melapisi bagian tersebut dengan cat yang sebelumnya diamplas terlebih dahulu agar karat tidak menyebar. Lalu aki baru bisa segera dipasang.

  1. Kencangkan Kepala Aki

Setelah aki baru terpasang, kencangkan mur kepala aki pada kedua kutub. Usahakan kencangkan bagian positif terlebih dahulu dan kemudian bagian negatif setelahnya.

Ketika mengencangkan jangan sampai kunci bergesekan dengan bagian bodi. Lebih baik pelan-pelan tapi minim risiko daripada terburu-buru tetapi risiko konsletnya besar.

  1. Lepaskan Kabel Jumper

Setelah kedua kepala aki kencang, maka Carmudian bisa melepas kabel jumper. Usahakan lepas kabel jumper berwarna hitam (-) terlebih dahulu yang menempel di bagian bodi kendaraan. Setelah itu lepas bagian kabel jumper hitam (-) yang menempel pada aki cadangan.

Kemudian kabel jumper berwarna merah (+) yang menempel di kepala aki dilepas. Sedangkan kabel jumper (+) yang menempel pada aki cadangan bisa dilepas paling akhir.

Cara tersebut umumnya lazim digunakan ketika hendak melakukan penggantian aki mobil modern.

Hal tersebut bertujuan agar tidak menghilangkan memori yang ada pada kelistrikan seperti power window, jam, head unit, dan perangkat kelistrikan lainnya. Selain itu, bisa juga mengurangi risiko gangguan pada ECU ketika melepas aki mobil sepenuhnya.

Aki Mobil yang Kurang Perawatan (Foto ThoughtCo)

Pada beberapa mobil modern pernah ditemui kasus kerusakan ECU atau komputer ketika penggantian aki. Sebisa mungkin mobil modern yang sudah full elektronik wajib menggunakan cara di atas ketika hendak mengganti aki mobil.

Jika memang tidak memiliki alat seperti kabel jumper dan aki cadangan, sebaiknya pergilah ke tempat pemasangan aki yang terpercaya.

Atau jika memang tak ada alat tersebut, maka Carmudian bisa melakukan scan di bengkel setelah mengganti aki untuk mengembalikan setelan yang hilang akibat penggantian aki.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *