ProdukSumber informasiTips dan Trik

Coating Interior Mobil Penting Nggak, Sih?

coating-interior-mobil-dashboard

Ilustrasi dashboard dengan coating dan tidak.

Jakarta – Interior mobil yang bersih tentunya jadi dambaan setiap pemiliknya. Sayangnya kebanyakan pemilik mobil pun malas melakukan perawatan atau cenderung kurang paham bagaimana cara merawat interior mobil. Padahal, jika interior tidak dirawat kenyamanan di dalam mobil selama perjalanan akan berkurang.

Selain kebersihan, kondisi material interior pun jadi perhatian untuk dijaga. Ketika interior mobil tidak mendapat perawatan yang baik risiko kerusakan bisa saja terjadi. Kerusakan yang kerap terjadi di dalam kabin mobil biasanya meliputi jok, plafon, dan dashboard.

Coating untuk Material Interior

Nah, berkat inovasi cairan kimia di dunia saat ini, material dalam kabin mobil bisa terlindungi dengan metode coating. Ini tentu kabar baik untuk pemilik mobil yang benar-benar malas detailing atau bahkan membersihkan interior kendaraannya. Namun sebelum coating, perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan terhadap material yang aus atau sobek dulu. Setelah kondisinya dirasa sudah baik baru bisa diberi lapisan pelindung.

Bahan dasar coating interior mobil sendiri merupakan lapisan transparan yang ditempel pada permukaan material. Sekalipun berbahan fabric atau kain yang punya pori-pori lebih lebar dibandingkan bahan kulit coating tetap bisa diaplikasikan. Aplikasi coating interior mobil bisa dilakukan dengan pelapis hidrofobik.

coating interior mobil

Aplikasi coating dengan System X Interior

Lebih dari itu, sekarang ini pun sudah mulai hadir pelapis super-hidrofobik dari nanoteknologi termutakhir. Dengan pelapis ini permukaan interior seperti kain kursi, karpet, kulit, dan vinyl akan terlindungi dengan sangat baik.

“Pelapis akan menolak air tanpa bisa memasuki atau menodai materialnya,” tulis PT Global Auto International selaku distributor produk coating, System X Ceramic Protection dalam siaran pers-nya.

Bahkan di line-up produk System X hadir System X Interior yang khusus untuk melindungi material kabin mobil. Produk ini diperkenalkan dengan mengusung bahan pelapis super-hidrofobik. Hanya saja, demi mendapat hasil yang maksimal, coating interior mobil perlu waktu sekitar 2-3 hari. Belum selesai sampai di situ, setelah diaplikasikan coating interior mobil masih perlu melewati proses pengeringan hingga 4 hari.

“Tujuannya (pengeringan) agar aplikasi nano ceramic coating mengeras, selama proses ini lebih baik mobil tidak digunakan sama sekali,” papar Arta Alfath selaku Brand Manager System X Indonesia.

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts