Mobil

Daftar Pilihan Mobil Jeep Bekas Rp 50 Jutaan

Mobil Jeep bekas seharga Rp 50 jutaan? Kira-kira dengan bujet segitu masih bisa dapat mobil Jeep bekas atau enggak, ya?

Pertanyaan seperti itu seringkali terlontar bagi sebagian masyarakat Indonesia yang umumnya tinggal di luar daerah dengan kontur jalan beragam.

Sebagai salah satu kondisi yang bisa diambil adalah infrastruktur jalan yang kurang baik, sehingga membutuhkan mobil yang bisa melewati berbagai medan.

Mobil Jeep bekas kerap menjadi pilihan bagi masyarakat di beberapa daerah tersebut.

Namun sayangnya banyak masyarakat Indonesia masih salah kaprah dalam penyebutan.

Mobil Jeep dianggap sebagai sebagai salah satu jenis mobil yang ada di Indonesia.

mobil jeep bekas rp50 jutaan

(Foto: Komunitas Trooper Indonesia chapter Jaya)

Padahal, Jeep sendiri merupakan merek mobil asal Amerika Serikat. Ada yang menyebut “Jeep”, ada juga yang menyebut “jip” walaupun merek mobilnya bermacam-macam.

Yang terpenting menurut mereka adalah mobil dengan ground clearance tinggi dan penggerak 4 roda umumnya disebut sebagai mobil Jeep.

Kesalahan penyebutan ini bahkan tidak hanya terjadi di daerah saja, di Jakarta pun masih banyak terjadi.

Padahal mobil yang dimaksud adalah sebuah SUV dengan bodi besar. Maka dari itu Carmudi ingin meluruskan penyebutan yang benar dari mobil Jeep atau Jip menjadi sebuah SUV.

Akan tetapi kalau memang benar yang disebut adalah Jeep, maka yang dimaksud adalah merek asal AS.

Pertanyaannya, apakah masih ada mobil Jeep bekas yang dijual seharga Rp 50 jutaan?

mobil jeep bekas rp50 jutaan

Komunitas Trooper Indonesia chapter Jaya

Jika membahas spesifik merek Jeep, jelas jawabannya tidak akan ada mobil Jeep bekas seharga Rp 50 jutaan.

Jika ada, tentu kondisi mobilnya pun terbilang sudah mengenaskan. Bukannya “mobil bekas” tetapi malah layak disebut “bekas mobil”.

Biasanya mobil penggerak 4 roda yang kerap disebut Jeep punya beberapa ciri. Beberapa di antaranya adalah lampu depan bulat dan ban serep digantung di belakang.

Nah, Carmudi akan coba membantu Anda untuk memberikan pilihan mobil SUV bekas berpenggerak 4×4 dengan harga Rp 50 jutaan.

Ingat, bukan mobil Jeep bekas tetapi SUV penggerak 4×4, ya!

Pilihan Mobil Jeep Bekas Harga Rp 50 Jutaan

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny juga kerap menjadi mobil yang sering disebut dengan sebutan Jeep. Bahkan banyak para pemilik yang memasangkan cover ban serep di belakang dengan tulisan Jeep.

Padahal mobil kecil satu ini bukanlah produksi Amerika, melainkan produksi dari merek asal Jepang, Suzuki.

Entah kenapa banyak juga lho yang menyebut sebagai Jeep atau Jip.

mobil jeep bekas rp50 jutaan

Suzuki Jimny di Indonesia

Mungkin karena Suzuki Jimny punya lampu bulat dan ban serep yang digantung di belakang. Untuk harganya sendiri mobil ini sekarang punya banderol Rp 50 jutaan sampai Rp 100 jutaan tergantung kondisi.

Ada yang menawarkan dengan kondisi penggerak 4×2, ada juga yang sudah menjual dengan kondisi penggerak 4×4.

Kalau masih ragu lihat saja bagian depannya. Jika ada gardan depan beserta kopelnya, berarti mobil itu sudah berpenggerak 4×4.

Perbedaan Suzuki Jimny & Katana

Suzuki Vitara/Escudo

Selain Jimny, mobil penggerak 4×4 yang kerap dicari belakangan ini adalah Suzuki Vitara dan Suzuki Escudo.

Namun harus diketahui, ada beberapa perbedaan antara Vitara dengan Escudo.

Suzuki Vitara pertama kali diluncurkan pada 1992 dengan penggerak 4×4. Sedangkan Escudo mula diluncurkan sejak 1996 dengan penggerak 4×2 saja.

Pilihan transmisi Vitara hanya tersedia manual saja, sedangkan Escudo ditawarkan dengan pilihan otomatis dan manual. Di era 1990-an, Vitara dan Escudo jadi SUV yang cukup difavoritkan.

mobil jeep bekas rp50 jutaan

Suzuki Vitara 1991

Perawatan mudah, penggerak 4 roda, dan fitur yang ditawarkan saat itu cukup lengkap dibanding kompetitornya. Harga barunya pun terbilang masih terjangkau di zamannya.

Di pasaran, harga bekas untuk Suzuki Vitara dan Escudo berkisar Rp 50 jutaan sampai Rp 100 jutaan tergantung kondisi. Yang cukup menarik, harganya saat ini bahkan melebihi Suzuki Grand Vitara yang dirilis pada tahun 2000-an.

Padahal jika dilihat dari usia, Suzuki Vitara dan Escudo ini merupakan mobil yang diproduksi pada tahun 1990-an.

Wah, tua-tua tapi harganya lumayan tinggi juga, ya.

Review Suzuki Grand Vitara Bekas

Daihatsu Taft

Mobil bekas lain yang kerap disebut sebagai Jeep adalah Daihatsu Taft. Nama Daihatsu Taft kerap dikaitkan dengan Daihatsu Feroza seperti Vitara dan Escudo.

Sebab Daihatsu Taft dan Daihatsu Feroza terlihat mirip, dan banyak orang sulit membedakan. Padahal mendengar mesinnya saja sudah bisa membedakan kedua mobil tersebut.

Daihatsu Taft dibekali mesin diesel berkapasitas 2.800 cc, 4 silinder. Sedangkan Feroza menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.600 cc, 4 silinder.

Daihatsu Taft

Perbedaan lain adalah Daihatsu Taft sudah pasti menggunakan penggerak 4×4, sedangkan Feroza masih berpenggerak 4×2. Secara kasta Taft merupakan yang tertinggi, baru di bawahnya terdapat Feroza.

Yang cukup menarik, harga Taft bekas di pasaran saat ini ternyata masih cukup tinggi. Sangat sedikit sekali orang yang menjual Taft dengan harga di bawah Rp 70 jutaan.

Rata-rata orang menjual mobil berbodi kotak dua pintu ini dengan harga Rp 80 jutaan hingga Rp 150 jutaan tergantung kondisi. Wow, harganya malah bisa dapat mobil baru yah.

Namun jika mencari Daihatsu Feroza, harga pasarannya jauh di bawah Taft yang kisarannya ada di Rp 40 juta sampai Rp 70 jutaan.

Perawatan Daihatsu Feroza

Chevrolet Trooper

Pilihan mobil Jeep bekas yang bisa didapatkan dengan harga Rp 50 jutaan lainnya adalah Chevrolet Trooper. Mobil satu ini sebenarnya merupakan salah satu SUV yang pernah trend di era 1980-an sampai 1990-an.

Kala itu banyak pejabat Pemerintahan yang menggunakan Chevrolet Trooper sebagai kendaraan dinas. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Trooper adalah suspensinya yang sangat empuk dibandingkan SUV berpenggerak 4×4 lain di masanya.

Chevrolet Trooper tersedia dalam 3 jenis bodi, yakni short wheel base, long wheel base, dan model highroof dengan atap yang lebih ‘jenong’ di bagian belakang. Sayangnya sekarang mobil satu ini mulai terlupakan dan jarang dilirik.

Modifikasi Chevrolet Trooper

Modifikasi Chevrolet Trooper

Pilihan mesinnya terdiri dari 2.300 cc, 4 silinder diesel dan 2.300 cc, 4 silinder bensin. Kekurangan utama dari mobil ini adalah performa mesinnya yang sangat loyo alias enggak bertenaga sama sekali.

Sehingga banyak pemilik yang melakukan penggantian mesin memakai milik Panther atau Isuzu Elf lantaran klop plug and play dengan transmisinya. Di pasaran, harganya cukup murah berkisar Rp 30 jutaan sampai Rp 90 jutaan tergantung kondisi yang ditawarkan.

Ulasan Modifikasi Chevrolet Trooper

Carmudian yang mau membeli setidaknya juga wajib tahu, bahwa salah satu penyakit Trooper ini adalah bodi yang sudah mulai berkarat. Cek sedetail mungkin sebelum benar-benar membeli ya.

Jika melihat pilihan harga mobil Jeep bekas memang cukup sulit mencari yang harganya berkisar di angka Rp 50 jutaan. Harga tersebut bisa dibilang harga yang sangat minimal untuk mendapatkan sebuah SUV berpenggerak 4 roda.

off road

Mobil Offroad yang bisa dibangun dari jenis mobil apa saja. (Foto/Dok: Ojip Garage)

Untuk membeli mobil dengan merek Jeep Carmudian bahkan harus merogoh kocek yang jauh lebih dalam. Sebab harga mobil bekas merek Jeep termurah yang ada di pasaran berkisar di angka Rp 150 jutaan untuk model Cherokee. Itu pun sang pemilik harus melakukan perbaikan lagi setelah membelinya.

Dalam membeli mobil bekas melakukan perbaikan memang wajib dilakukan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap sempurna.

Jeep Bekas Masih Mahal

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts