Berita

Dibanderol Rp214 Jutaan, Berapa Target Penjualan Daihatsu Rocky?

Jakarta – Kondisi Indonesia yang kini masih diselimuti pandemi Covid-19 membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tak muluk-muluk menetapkan target penjualan Rocky 1.0 liter.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, Daihatsu Rocky ditargetkan terjual sebanyak 500 unit per bulan.

Penjualan Daihatsu Rocky

Penjualan Daihatsu ditargetkan 500 unit pe bulan (Foto: ADM)

Dirinya menjelaskan, setidaknya ada tiga hal utama yang menjadi pertimbangan paling mendasar, hingga akhirnya target tersebut ditetapkan.

“Pertama bagaimana pun situasi sekarang masih pandemi yang mengakibatkan perlambahan ekonomi. Kedua ada stimulus dari pemerintah yaitu dengan kebijakan relaksasi PPnBM. Sedangkan ketiga masalah produksi suplai,” terang Hendrayadi, belum lama ini.

Di satu sisi Hendrayadi berharap pandemi Covid-19 ke depannya mulai reda, sehingga terjadi perubahan drastis terhadap perekonomian. Tentunya hal ini akan berimbas juga pada peningkatan daya beli masyarakat terhadap kendaraan.

“Ya, kita berharap ada perubahan sehingga nanti penjualan Daihatsu Rocky 1.0 liter bisa lebih tinggi lagi,” tutur Hendrayadi.

Perbedaan Daihatsu Rocky Indonesia

Daihatsu tak muluk-muluk tetapkan terget penjualan Rocky di Indonesia (Foto: ADM)

Fokus Pasar Domestik

Daihatsu Rocky mulai diproduksi di pabrik milik ADM di Karawang, Jawa Barat bersama kembarannya Toyota Raize. Pada tahap awal, hasil produksi dari pabrik tersebut akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik terlebih dahulu.

“Kami sudah produksi massal mulai April dan Daihatsu Rocky akan diserahkan ke domestik mulai 30 April 2021,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM.

Beberapa bulan setelahnya atau tepat pada Agustus 2021, Daihatsu Rocky mulai dikapalkan untuk dipasarkan ke luar negeri dari Indonesia.

Penjualan Daihatsu Rocky

Interior Daihatsu Rocky (Foto: ADM)

“Kami tidak bisa langsung melakukan ekspor, karena dibutuhkan persiapan dahulu pasar ekspor yang akan kami tuju,” tambahnya.

Rencananya Rocky akan diekspor ke 50 negara dengan menggunakan logo Toyota.

Seperti diketahui, Rocky dibekali mesin 1.0 liter, 3 silinder, berteknologi turbocharger. Mesin ini diklaim mampu memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar.

Pilihan transmisinya ada dua, yaitu manual atau otomatis Dual Mode CVT.

Khusus Rocky varian tertinggi sudah dilengkapi fitur keselamatan canggih Daihatsu ASA (Advanced Safety Assist). Fitur ini memiliki enam fungsi seperti, Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Daihatsu Rocky (Foto: ADM)

Daihatsu Rocky 1.0 liter memiliki lima varian dengan harga mulai dari Rp214,2 hingga Rp236,1 juta on the road Jakarta.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts