Home » Berita » Duet MINI Clubman dan Countryman Versi JCW Meluncur, Tenaganya Makin Gila

Duet MINI Clubman dan Countryman Versi JCW Meluncur, Tenaganya Makin Gila

MINI JCW Clubman dan Countryman resmi diluncurkan. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – MINI Indonesia langsung borongan merilis varian gaharnya di Tanah Air, yaitu Clubman dan Countryman dalam versi John Cooper Works. Dengan racikan mesin ala JCW, kedua model ini memiliki tenaga hingga 306 hp. MINI Indonesia ingin membawa sensasi ala balap untuk mengakomodasi aktivitas harian.

“Rangkaian kendaraan New MINI John Cooper Works dengan 306 hp hadir untuk memenuhi kebutuhan para fans MINI akan sebuah kendaraan sport kompak premium. Clubman dan Countryman JCW sesuai untuk lintasan balap, juga tetap dapat mengakomodasi aktivitas harian. Keduanya tampil berbeda berkat mesin paling kuat yang pernah dipasang dalam sebuah MINI,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia

Pada kedua model dibekali transmisi 8-percepatan Steptronic sports baru dipasang sebagai standar. Lebih lanjut, versi JCW didukung kunci diferensial mekanis pada gandar depan, sistem penggerak semua-roda ALL4.

Untuk mendukung performa mesin yang gahar, maka sasis dirancang khusus, dan modifikasi penguatan tambahan untuk struktur bodi, koneksi mesin dan pengencang sasis. Semua inovasi tersebut hadirkan sensasi berkendara yang sepenuhnya baru. Keduanya menjanjikan pengalaman berkendara sport penuh adrenalin.

Mesin MINI John Cooper Works 2020. (Foto: Carmudi/Yongki)

Sebagai sumber tenaga, mesin 4-silinder dirancang ulang secara komprehensif berorientasi penuh mencapai output maksimum untuk pengalaman berkendara terbaik. Teknologi MINI TwinPower Turbo menghasilkan output 306 hp dengan torsi 450 Nm, menjadikannya MINI paling kuat yang pernah ada.

“Generasi terbaru dari mesin 4-silinder yang dikembangkan untuk rangkaian kendaraan John Cooper Works didukung teknologi MINI TwinPower Turbo. Hasilnya mampu meningkatkan performa mesin sebesar 32%. Mesin baru tersebut memotong akselerasi 0-100km/jam sebesar -1.4 detik,” tambah Kidd Yam, Head of MINI Asia, saat peluncuran, Jumat (14/2/2020).

Output pada versi JCW meningkat jauh dibandingkan dengan mesin sebelumnya juga dibantu oleh turbocharger yang lebih besar. Tim engineer MINI juga mengurangi rasio kompresi dari 10,2 menjadi 9,5 untuk menyamai peningkatan tekanan pengisian sistem.

Harga MINI John Cooper Works Clubman dan Countryman

Adapun harga MINI Clubman dan Countryman versi JCW antara lain:

  • MINI John Cooper Works Clubman Rp1,130,000,000
  • MINI John Cooper Works Countryman Rp 1,170,000,000

Berikut ini spesifikasi dari masing-masing model:

Spesifikasi MINI John Cooper Works Clubman

  • Mesin bensin empat-silinder dengan Teknologi MINI Twin Power Turbo (turbocharging, injeksi langsung, VALVETRONIC).
  • Kapasitas : 1.998 cc.
  • Output maksimum : 306 hp pada 5.000-6.250 rpm.
  • Torsi maksimum : 450 Nm pada 1.750-4.500 rpm.
  • Akselerasi : 0-100 km/jam dalam 4,9 detik.
  • Kecepatan puncak : 250 km/jam.
  • Konsumsi bahan bakar rata-rata : 13 km/l.
  • Emisi CO2 : 175 g/km.

Spesifikasi MINI John Cooper Works Countryman

  • Mesin bensin empat silinder dengan Teknologi MINI Twin Power Turbo (turbocharging, injeksi langsung, VALVETRONIC).
  • Kapasitas : 1.998 cc.
  • Output maksimum : 306 hp pada 5.000-6.250rpm.
  • Torsi maksimum : 450 Nm pada 1.750-4.500 rpm.
  • Akselerasi : 0-100 km/jam dalam 5,1 detik.
  • Kecepatan puncak : 250 km/jam.
  • Konsumsi bahan bakar rata-rata : 12,7 km/l.
  • Emisi CO2 : 180 g/km

MINI Countryman JCW, Crossover Tercepat Ala MINI

MINI JCW 2020 (Foto: Carmudi/YongkI)

Sistem penggerak all wheel drive ALL4 pada MINI Clubman dan Countryman memainkan peran sentral dalam mengoptimalkan traksi, kelincahan, dan stabilitas berkendara. Pengontrol cerdas sistem ALL4 saling berhubungan dengan DSC Dynamic Stability Control dan menghitung rasio distribusi daya ideal antara roda depan dan belakang secara berkesinambungan.

Countryman dengan tuning mesin yang gahar didukung sistem penggerak ALL4 membuat mobil ini jadi salah satu crossover tercepat. Melihat spesifikasi di atas, kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,1 detik. Mobil ini juga memiliki kecepatan maksimum hingga 250 km/jam. Fantastis!

Cakram rem besar 360 × 30 mm di depan dan 330 × 20 mm di belakang, dilengkapi kaliper 4-piston pada roda belakang. Kombinasi ini memastikan kemampuan pengereman Countryman JCW yang selalu tinggi.

“Dengan peluncuran kedua varian ini, kami membuktikan bahwa kendaraan sport kompak premium tetap nyaman untuk digunakan untuk sehari-hari. Countryman tangguh di jalan berbatu dengan kemampuan sistem penggerak semua-roda ALL4 sebagai standar,” ucap Kidd.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mobil Jenis Ini yang Akan Dibawa Morris Garage ke Indonesia

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Previous post
Brio Satya Masih Memimpin, Bagaimana Penjualan Mobil Honda lain?
Next post
Toyota Dikabarkan Sedang Bangun GR C-HR Pakai Mesin Yaris