Berita Mobil

Ertiga Suzuki Sport Siap Jadi 10 Mobil Terlaris di Indonesia

Ertiga Suzuki Sport

Peluncuran Ertiga Suzuki Sport di Jakarta, Jumat (22/3). (Foto: Carmudi)

Jakarta – Kehadiran Mitsubishi Xpander beberapa tahun lalu yang langsung memikat konsumen ternyata berdampak pada penjualan low MPV dari merek lain, salah satunya yaitu Suzuki Ertiga. Akibatnya, penjualan MPV andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut melempem terkena hegemoni Xpander. Suzuki Ertiga tidak lagi masuk ke dalam deretan mobil terlaris di Indonesia beberapa waktu terakhir ini.

Sebaliknya, penjualan terlaris Suzuki malah disokong dari segmen komersial yaitu pikap Suzuki Carry. Melihat kondisi ini, Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS merasa optimis Ertiga bisa kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia jika melihat kondisi perekonomian yang terus membaik. Ini bisa dilihat dari penjualan retail yang meningkat dibanding tahun lalu.

“Kita bicara mobil tidak lepas dari produknya. Bicara 10 mobil terlaris ada faktor ekonomi dan sebagainya, dan di situ ada kontribusi dari kendaraan niaga kami. Market share kami membaik untuk Ertiga, getting better. Market low MPV masih sangat baik dan persaingan sangat keras. Kami supaya bisa bertarung memberikan produk impulse,” kata Donny.

Makmur selaku Sales Director PT SIS menambahkan bila penjualan retail Ertiga di dua bulan pertama 2018 memiliki market share sebesar 12,2 persen, sementara pada tahun ini meningkat jadi 13,9 persen. Masalah suplai di tahun lalu menurut Makmur jadi penyebab mengapa penjualan Ertiga kurang bergairah.

“Yang namanya laku itu menjual ke konsumen atau retail, sedangkan data di sini wholesales. Ertiga retail sales kami saat 2018 lalu suplai bermasalah sudah mencapai 12,2 persen, tahun ini suplai normal menjadi 13,9 persen,” jelas Makmur.

Ertiga Dari Suzuki Sport Didorong Untuk Jadi Mobil Terlaris di Indonesia

Ertiga Suzuki Sport

Ertiga Suzuki Sport diharapkan mampu mendorong jumlah penjualan retail Suzuki di Indonesia. (Foto: Carmudi)

Ertiga versi Suzuki Sport tersedia dalam tiga pilihan warna khusus bernuansa monokrom yaitu Cool Black,
Metallic Magma Grey, dan Pearl Snow White. Kehadiran varian mewah dalam keluarga Ertiga ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan secara keseluruhan. Dimana khusus untuk Ertiga Suzuki Sport menyumbang sebesar 20 persen total penjualan.

“Untuk target Ertiga Suzuki sport sebesar 20 persen. Bila total unit terjual sebanyak 3.000 unit per bulan, berarti Ertiga Suzuki Sport di angka 500-600 dan akan lebih lagi bila penjualan mencapai 4.000 unit. Kita ingin tambah dari existing model,” tutur Makmur.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts