Berita

Fakta Menarik Seputar Eksterior, Interior dan Mesin All New Kia Sportage

Seoul – Setelah resmi diperkenalkan awal bulan lalu, kini Kia membuka lebar-lebar spesifikasi dari All New Sportage, mulai dari eksterior, interior, hingga mesin.

All New Kia Sportage dikembangkan menggunakan arsitektur baru yang menggabungkan keindahan eksterior dengan interior premium bertabur segudang teknologi terbaru. Lalu, mesinnya lebih hemat bahan bakar, dan responsif, menghasilkan SUV yang tidak cuma energik, dan sporty, tapi juga menyenangkan untuk dikendarai.

All New Kia Sportage

All New Kia Sportage (Kia)

“Sportage baru kami adalah inspirasi sejati untuk kategori SUV dalam segala hal. Baik itu desain, interior, teknologi, powertrains yang efisien dan responsif, serta sistem keselamatan. All New Sportage adalah SUV perkotaaan terbaik,” ungkap kata Artur Martins, Senior Vice President and Head of Global Brand and Customer Experience Division Kia Corporation, dalam keterangan resminya, Jumat (9/7/2021).

Eksterior All New Kia Sportage

Eksterior All New Kia Sportage mendapat desain baru dengan perubahan yang sangat dramatis dari generasi sebelumnya.

Bagian depan, generasi kelima ini menampilkan bentuk desain yang presisi dengan grafis gril hitam membentang sepanjang muka mobil. Kemudian dipermanis oleh lampu senja LED berbentuk mirip bumerang.

Sedangkan lampu depan tampil mencolok menggunakan Matrix LED.

Eksterior Kia Sportage

Tampilan belakang All New Kia Sportage (Kia)

Menghadirkan nuansa mewah dibagian luar, Kia memasukkan aksen krom memanjang dari jendela depan sampai kaca di pilar D.

Mewakili peninggalan generasi terdahulu, Sportage memiliki atap hitam yang berbeda dengan warna bodi.

Beralih ke bagian belakang, desain lampunya sangat futuristik ditambah garis horizontal yang membuatnya terlihat menyatu antara lampu di sebelah kiri dan kanan.

Tak ketinggalan, tepat dibawah lampu terdapat diffuser sebagai rumah untuk knalpot, supaya tampilan belakang All New Kia Sportage terlihat sporty.

Bagian kaki-kaki dihuni oleh pelek dengan ukuran yang berbeda-beda, yakni 17 inci, 18 inci atau 19 inci, tergantung varian.

Interior

Kabin dibuat semewah dan senyaman mungkin demi mengejar sensasi berkendara yang menyenangkan.

Sebagai pelengkap, kabin All New Kia Sportage telah dibumbui oleh beragam teknologi canggih, material premium, dan fitur mewah.

Pada bagian dasbor terpasang layar sentuh berukuran 12 inci yang bertindak sebagai sistem hiburan di kabin, dan speedometer. Layar besar ini dilengkapi dengan material khusus untuk grafis yang sangat presisi dan jernih.

Eksterior Kia Sportage

Kabin Kia Sportage (Foto: Kia)

Selain itu, Sportage terbaru mempunyai ruang penyimpanan yang cukup banyak, dan tempat pengisian daya baterai smartphone nirkabel berkecepatan tinggi.

Jok pengemudi dan penumpang depan memadukan inovasi dan kenyamanan dalam bentuk desain ramping yang sporty.

Ruang interior All New Sportage memadukan kepraktisan, fungsionalitas, dan keserbagunaan, ditopang oleh wheelbase 2.755 mm, lebar 1.865 mm, panjang 4.660 mm, dan tinggi 1.660 mm. Hal ini menghasilkan kabin yang lega dan terdepan dikelasnya untuk ruang kaki, kepala, dan kapasitas bagasi.

All New Sportage menawarkan ruang kaki 1.050 mm untuk penumpang baris kedua dan ruang kepala 1.000 mm, sementara kapasitas bagasi 637 liter.

Demi memaksimalkan kenyamanan, jok belakang dapat dilipat hanya dengan menekan satu tombol saja, sehingga dapat menambah ruang bagasi.

Mesin

All New Sportage akan ditawarkan dengan rangkaian powertrain yang lengkap, ada mesin bensin dan diesel, termasuk Hybrid Electric Vehicles (HEV) serta Plug-in Hybrid Vehicles (PHEV).

Sportage terbaru versi mesin bensin dipersenjatai Turbocharged Petrol Direct Injected (T-GDI) berkonfigurasi 1.6 liter, empat silinder, dikawinkan dengan transmisi otomatis dual clutch 7 percepatan atau manual 6 percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga sekuat 177 hp dan torsi puncak 264 Nm.

All New Kia Sportage (Kia)

Sedangkan khusus mesin diesel dibekali R2.0 liter baru empat silinder lengkap dengan turbocharger, sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 183 hp dan torsi 416 Nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Sementara untuk All New Sportage versi hybrid dan Plug-in Hybrid akan dinformasikan dalam waktu dekat.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts