Home » Carmudi Jurnal » Banyak Kendaraan Listrik, Bermunculan Fasilitas Charging Station

Banyak Kendaraan Listrik, Bermunculan Fasilitas Charging Station

Charging Station
BPPT RI kini menyediakan fasilitas charging station guna kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik (Istimewa)

Jakarta –  Memfasilitasi keberadaan kendaraan listrik dalam mengisi daya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, resmikan dua stasiun pengisian listrik . Atau yang biasa disebut Electric Vehicle Charging Station (EVCS) di BPPT II, Thamrin dan B2TKE-BPPT Puspitek, Tangerang Selatan.

Eniya Listiani selaku Deputi BPPT Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material mengungkapkan kalau kedua stasium pengisian listrik itu berupa Fast charging station memiliki daya 50 kW engan durasi pengisian tercepat 30 menitd. Serta smart charging station di B2TKE-BPPT Puspiptek, Tangerang Selatan yang memiliki daya 20 kW.

EVCS akan digunakan untuk keperluan mengisi daya berbagai jenis kendaraan listrik. Mulai dari bus, sepeda motor, sepeda dan model kendaraan listrik lainnya.

Model kendaraan listrik Mitsubishi Motors yaitu i-MiEV dan  Outlander PHEV turut berpartisipasi dalam event ini. Keduanya  merupakan model kendaraan penumpang yang didemonstrasikan dalam pengisian daya kendaraan listrik. Ada juga bus listrik, sepeda motor listrik, sepeda listrik dan model kendaraan listrik lainnya.

MMKSI Sambut Positif Peresmian Charging Station

Charging Station
Mitsubishi i-MIEV menjadi salah satu model kendaraan listik yang mendemonstrasikan pengisian daya di fasilitas charging station BPPT RI (Istimewa)

Kehadiran fasilitas pengisian daya kendaraan listrik di gedung BPPT RI disambut positif oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mitsubishi merupakan salah satu brand otomotif yang menyumbangkan kendaraan listriknya untuk dikaji BPPT.

Ogi Ikematsu, Director of Coordination & Development Division PT MMKSI menyampaikan bahwa Mitsubishi Motors sangat mengapresiasi dan menyambut positif langkah Pemerintah Republik Indonesia dalam proses transisi dan percepatan pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Mitsubishi Motors turut berpertisipasi dalam proses sosialisasi dan studi bersama terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan mendonasikan 2 kendaraan listrik Mitsubishi i-MiEV dan 8 kendaraan SUV Plug-in Hybrid, Outlander PHEV. Serta 4 unit fasilitas pengisian daya cepat kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian RI,” ucap Ogi Ikematsu.

Seluruh model kendaraan listrik tersebut akan disertakan dalam serangkaian studi. Termasuk menilai penggunaan kendaraan listrik di berbagai lingkungan, termasuk kota, kawasan wisata dan pulau terpencil.

SPBU COCO Pertamina Sediakan Charging Station

Sebelumnya Pertamina sebagai salah satu BUMN di Indonesia juga tengah mempersiapkan charging station untuk kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia. Fasilitas tersebut terdapat di area parkir SPBU COCO Pertamina di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ada empat charging station yang sudah terinstalasi dan siap digunakan disana. Semuanya merupakan keluaran dari berbagai penyedia pengisian daya. Satu milik BMW, dua milik Bosch, dan satu lagi milik Mitsubishi Motors. Diberi nama Green Energy Station (GES), fasilitas charging station tersebut siap diresmikan bulan Desember ini, bertepatan di hari ulang tahun Pertamina. (dol)

Lelang Mobil Online
Previous post
Lelang Mobil Online Alternatif Cari Mobil Bekas Secara Cepat
bus mercedes-benz
Next post
Dua Sasis Bus Mercedes-Benz Perbanyak Opsi Pengusaha Otobus Layani Penumpang

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *