HomeBeritaHarga Terlalu Mahal, Toyota Corolla Altis Dihentikan Secara Permanen

Harga Terlalu Mahal, Toyota Corolla Altis Dihentikan Secara Permanen

Harga menjadi alasan Toyota All New Corolla Altis di India berhenti dijual. (Foto: Carmudi/Santo)

MumbaiToyota Corolla merupakan salah satu mobil jenis sedan dengan penjualan tertinggi di dunia. Meski secara total terbilang tinggi, tetapi ada beberapa negara yang justru tidak menikmati capaian positif. Sebut saja satu di antaranya India karena harga menjadi faktor utama mobil sedan Jepang itu tidak laku di sana.

Sebagaimana diberitakan Indianautosblog, Toyota Corolla pertama kali dipasarkan di India pada Februari 2003. Kala itu status Corolla sudah memasuki generasi kesembilan. Kemudian dilanjutkan ke generasi kesepuluh yang meluncur pertama kali pada September 2008 dengan tambahan nama belakang Altis.

Toyota India kembali menghadirkan Corolla Altis generasi ke-11 pada 2014. Lalu lanjut ke generasi berikutnya yang diperkenalkan pada 2018. Toyota India berencana menghadirkan generasi berikutnya dari Corolla Altis tahun ini. Namun sayang, rencana tersebut batal terlaksana karena permintaannya terlalu rendah.

Sedan segmen C tidak laku di India. Hal ini dikarenakan sedan impor itu dibanderol dengan harga terlalu mahal. Oleh karena itu Toyota memutuskan untuk berhenti menjual Corolla Altis secara permanen. Ini sangat disayangkan, sebab Toyota Corolla sudah 17 tahun meramaikan pasar mobil sedan di sana.

Toyota Corolla Altis Masih Eksis di Indonesia

Beda dengan India, di Indonesia sendiri sampai sekarang masih memasarkan Toyota Corolla Altis, meski dari segi penjualan kurang begitu cemerlang. Lagi-lagi harga jual mahal menjadi faktor utama penyebabnya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia terakhir kali menyegarkan Corolla Altis pada September 2019. Sedan ini dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) dari Thailand.

Harga All New Corolla Altis HEV dinilai mahal di India. (Foto: Santo/Carmudi)

Corolla Altis generasi ke-12 dikembangkan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Semakin fun to drive dengan fitur safety terbaru yaitu Toyota Safety Sense (TSS). Kehadiran varian Hybrid Electric Vehicle (HEV) pada Corolla Altis menunjukkan komitmen yang kuat dari Toyota mendukung program pemerintah dalam pengembangan kendaraan elektrifikasi.

Toyota Corolla Altis hadir dalam tiga varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu Corolla Altis 1.8 G dan 1.8 V dengan mesin berbahan bakar bensin. Ada juga Corolla Altis HEV dengan teknologi Hybrid generasi ke-4 atau teknologi hybrid terbaru yang dikembangkan Toyota.

Daftar Harga Toyota Corolla Altis April 2020 sebagaimana dikutip dari situs resmi TAM:

  • Corolla Altis G A/T Rp482,5 juta
  • Corolla Altis V A/T Rp504,1 juta
  • Corolla Altis Hybrid A/T Rp582,2 juta

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pabrikan Otomotif Indonesia Segera Memproduksi Ventilator

Previous post
Imbas Corona, Razia dan Sistem Ganjil Genap Kembali Ditiadakan
Next post
Kenali Italian Tune Up, Bisa Dilakukan Saat WFH