Berita

Hasil Uji Tabrak Renault Triber, Seberapa Aman Melindungi Penumpang?

London – Lembaga uji tabrak mobil baru, Global New Car Assessment Programme (Global NCAP) belum lama ini merilis hasil pengujian dari Renault Triber. Mobil yang diuji merupakan buatan India yang sudah dibekali dengan beberapa fitur keamanan standar.

Global NCAP melakukan uji tabrak hanya dari arah depan saja dengan kecepatan laju kendaraan 64 km/h. Sementara penilaiannya terbagi dalam dua kategori, yaitu perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak.

Uji tabrak Renault Triber

Uji tabrak Renault Triber hanya meraih empat bintang (Foto: Global NCAP)

Pada kategori perlindungan penumpang dewasa, Renault Triber memperoleh skor 11.62 poin dari maksimal 17 poin, sehingga berhak mengantongi peringkat empat bintang.

Menurut catatan Global NCAP, mobil ini mampu memberikan perlindungan kepala dan leher pengemudi maupun penumpang di bangku baris pertama.

Sementara itu, untuk kategori perlindungan penumpang anak-anak, skor yang diraih 27.00 poin dari maksimal 49.00 poin atau hanya memperoleh tiga bintang dari nilai maksimal lima bintang.

Saat dilakukan uji tabrak Triber, Global NCAP menggunakan dua boneka anak berusia usia 3 tahun dan 18 bulan. Keduanya sama-sama duduk di kursi khusus, dengan posisi yang berbeda.

Uji tabrak Renault Triber

Uji tabrak depan Renault Triber (Foto: Global NCAP)

Untuk anak berusia 3 tahun posisinya menghadap ke arah depan dan bangkunya dikaitkan ke sabuk pengaman dewasa. Saat tabrakan terjadi, posisi bangku tidak maju secara berlebihan, sehingga mampu memberikan perlindungan pada kepala dan dada.

Sedangkan anak berusia 18 bulan, posisi bangkunya dipasang membelakangi jok baris pertama dan dikaitkan dengan sabuk pengaman. Pada saat mobil mengalami benturan keras, posisi kursi anak bergerak secara berlebihan, namun tetap memberikan perlindungan dengan baik.

Apresiasi Bagi Renault

Kendati hanya meraih skor maksimal empat bintang, tetapi Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP mengapresiasi Renault dalam memberikan perlindungan bagi penumpang di kabin.

Renault secara signifikan telah meningkatkan kinerja perlindungan penumpang dewasa dalam tabrakan frontal. Kami mendorong Renault untuk mempertahankan ini semaksimal mungkin dengan tujuan mencapai tingkat keselamatan lima bintang,” kata Furas, dalam keterangan resminya, Rabu (2/6/2021).

Renault Triber hanya meraih tiga bintang untuk kategori perlindungan penumpang anak-anak (Foto: Global NCAP)

Sementara David Ward, Presiden Towards Zero Foundation mengaku cukup puas dengan hasil uji tabrak Renault Triber.

“Kami akan mendorong Renault untuk melanjutkan kemajuan ini. Dan menetapkan peringkat lima bintang atau pilihan aman sebagai target masa depan mereka,” papar Ward.

Fitur Keamanan Renault Triber

Renault Triber yang digunakan dalam uji tabrak kali ini dilengkapi dengan fitur keselamatan paling dasar. Artinya, mobil keluarga ini hanya punya dua airbag, sistem pengingat sabuk pengaman, peringatan kecepatan, sensor parkir belakang, dan ABS dengan EBD.

Renault Triber di GIIAS 2019

Renault Triber belum merilis resmi harga jualnya. (Foto: Carmudi/Rizen)

Khusus Triber varian tertinggi mendapat fitur keamanan tambahan seperti, pengunci pintu otomatis, dua airbag tambahan di samping.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts