Berita Sepeda motor Sumber informasi

Ini Perubahan Yamaha All New R15

Sentul – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengawali awal tahun memperkenalkan produk baru andalannya All New R15. Bertarung di segmen motor sport melawan Honda CBR 150 R dan Suzuki GSX 150 yang kemarin baru diperkenalkan.

Motor sport besutan Yamahan ini terlihat banyak mengalami perubahan, mulai dari segi tampilan hingga teknologi mesin. Dengan mengadopsi DNA Yamaha R-Series masih  mengedepankan unsur super sport.

Motor ini menggunakan rangka deltabox dan new design alumunium arm dengan bobot ringan. Kombinasi ini memberikan pengendalian motor yang sangat stabil dengan weight distribusi 50:50.

Yamaha R15

Fairing baru Yamaha All new R15. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Bahkan saat ini telah menggunakan lampu LED pada bagian depan dan belakang, serta dilengkapi dengan lampu hazard untuk keadaan darurat. Desain bodi yang meruncing dan ramping mengambarkan kesan Racy pada motor ini.

Yamaha R15

Tampilan spedometer baru. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Yamaha R15

Lampu depan R15 yang sudah menggunakan LED. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Mendukung kenyamanan berakselerasi,  Yamaha R15 menggunakan suspensi depan upside down yang diklaim membuat handling lebih sempurna. Sedangkan untuk fitur barunya adalah Assist & Slipper Clucth yang biasanya ada pada motor gede.

Yamaha memberikan tiga pilihan warna yaitu Racing Blue, Matte Black dan Matte Red.

Mesin Yamaha All New R15 Gunakan Teknologi Baru

Melihat dari sisi performa, mesin Yamaha R15 juga sudah dilakukan perubahan dengan kasta lebih tinggi. Motor menggunakan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang diklaim membuat tenaga mesin semakin besar namun tidak membuat boros konsumsi bahan bakar.

Motor ini mempunyai tenaga maksimal 14.2KW/1.000 rpm dengan torsi maksimum 14.7 Nm/8500 rpm. Dengan bekal ini akan mampu menjadikan motor ini tercepat dikelasnya.

Yamaha R15

Mesin R15 dengan teknologi baru. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Keberadaan Fitur baru Assist membuat pengoperasian kopling menjadi ringan. Sementara Slipper Clucth menjadikan perubahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Suspensi depan upside down dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar membuat handling lebih sempurna. Mempunyai wide front disc break berdiameter 282 mm menjadikan pengereman maksimal.

Yamaha R15

Suspensi depan upside down dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar. Foto/Carmudi Indonesia/Dony.

Tampilan desain cockpit yang racy dan luxury dengan tampilan speedometer full digital yang dilengkapi shift timing light dan bisa di seting. Bahkan Anda juga bisa memasukkan identitas nama enam digit pada tampilan LCD. (Dol)

Spesifikasi All New R15

Overall Length x Width x Height        : 1.990 x 725 x 1135 mm
Seat Height                                              : 1.325 mm
Wheelbase                                                : 1.325 mm
Wet Weight                                              : 137 kg
Engine Type                                             : Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Cylinder Volume                                     : 155.1cc
Bore x Stroke                                           : 58 x 58.7 mm
Compression Ratio                                 : 11.6 : 1
Maximum Power                                     : 14.2 kW/1.0000 rpm
Maximum Torque                                   : 14.7 Nm/8.500 rpm
Strating System                                       : Electric
Fuel Tank Capacity                                 : 11 Liter
Fuel System                                              : Fuel Injction
Clutch Type                                              : Wet Type Multi-Plate Clutch
Tire Size (Front/rear)                            : 100/80 – 17M/C 52P (Front), 140/70-17M/C 66S (rear)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts