HomeSepeda motorIntip Spesifikasi dan Harga Yamaha NMax 2020, Fiturnya Makin Canggih

Intip Spesifikasi dan Harga Yamaha NMax 2020, Fiturnya Makin Canggih

Yamaha Nmax generasi baru.
Yamaha Nmax 2020, harganya naik Rp1,2 jutaan

Jakarta – Akhir 2019 lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan All New Nmax 155. Keluarga skutik MAXI Yamaha itu langsung menjadi pusat perhatian dengan berbagai keunggulan yang disematkan. Publik pun penasaran, berapa harga Yamaha NMax 2020 dengan segala fitur canggihnya itu?

Yamaha Nmax 2020 tersedia dalam dua versi yaitu All New Nmax 155 Connected/ABS dan All New Nmax 155 Standard. Harga All New Nmax 155 Standard yang dibanderol Rp29.500.000 (OTR Jakarta). Sementara itu, All New NMax 155 tipe ABS belum diumumkan harganya.

Sekalipun sudah muncul generasi kedua, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing masih menjual NMax lawas dengan harga Rp28.295.000 untuk tipe standar dan Rp32.015.000 untuk tipe ABS. Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Yamaha NMax 155 versi standar mengalami kenaikan harga sekitar Rp1.205.000. Bukan tidak mungkin, harga All New Yamaha NMax 155 tipe Connected/ABS tembus Rp33 jutaan.

Yamaha NMax Matte Red (Foto: Yamaha)

NMax diperkenalkan pertama kali pada 2015 dan membawa banyak perubahan baru. Skutik bongsor ini menjadi trendsetter di kategorinya dan mengangkat lifestyle sepeda motor yang tidak lagi sekadar alat transportasi saja. NMax generasi pertama ini bertahan selama empat tahun, sampai akhirnya Yamaha merilis generasi keduanya pada Desember 2019 lalu.

All New Nmax 155 memiliki berbagai keunggulan baik pada performa, fitur, kenyamanan dan desain yang baru. Hal yang berkesan dari sosok All New NMax 155 ini ialah desain lampu belakang yang mirip seperti Yamaha XMax. Performanya didukung mesin 155 cc baru yang disempurnakan dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA).

Teknologi canggih yang hadir pada All New Yamaha NMax yaitu konsep ”Connected” merupakan yang pertama di Indonesia. Konsep ini diwujudkan melalui Teknologi Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth.

Supaya tidak makin penasaran, yuk kita kupas lebih jauh seperti apa perubahan spesifikasi yang hadir pada Yamaha NMax 155 generasi kedua.

Fitur Melimpah All New Nmax 155 Connected/ABS Version

Full digital speedometer

Sempat disinggung di atas, All New Yamaha NMax tipe ABS memiliki suatu teknologi ”Connected”. Artinya kita bisa mengetahui kondisi motor dari smartphone. Sebaliknya, kita bisa mendapat notifikasi dari smartphone pada layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.

Aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) pada smartphone saat terkoneksi dengan sepeda motor akan memberikan banyak informasi seperti:

  • Parking Location, di mana aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone).
  • Phone & Message Notification, memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.
  • Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery), yaitu membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.
  • Fuel Consumption, membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.
  • Malfunction Notification, termasuk memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.
Keyless dengan Immobilizer dan Answer Back System

Itu baru sebatas fitur konektivitasnya, karena masih banyak lagi teknologi dan fitur mutakhir pada All New NMax 155 Connected/ABS version. Skuter ini telah memakai teknologi keyless dengan smart key system. Fitur ini membuat berkendara semakin praktis, karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Kita juga tidak lagi kesulitan saat mengisi daya ponsel, karena di skuter ini telah menyediakan Electric Power Socket. Untuk memudahkan pengendalian, NMax tipe ini juga telah memiliki fitur Traction Control System (TCS) yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Mesin Baru Yamaha NMax 2020, Adopsi Teknologi Yamaha R15

Yamaha All New Nmax 155 hadir dengan Total New Engine 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi tersebut menjaga mesin 155 cc tetap efisien bahan bakar dengan menghasilkan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin. Mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain ruang bakar (combustion chamber) yang kompak dan menggunakan piston YZF-R15.

Mengintip spesifikasinya, mesin NMax 2020 berkapasitas 155 cc dengan kompresi 11.6:1. Tenaga yang dihasilkan sebesar 11,3 kW/8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm/6.500 rpm. Hadirnya beberapa fitur tambahan membuat NMax tipe ABS lebih berat 2 kilogram dari tipe standar yang bobotnya 130 kilogram.

Untuk menghasilkan performa yang kian bertenaga, NMax mendapat desain baru di bagian air cleaner box yang besar. Selain itu, desain kepala silinder baru dengan katup intake yang besar untuk pasokan bahan bakar yang lebih lancar.

Yamaha mengklaim NMax 2020 ini lebih irit dalam konsumsi bahan bakar. Pasalnya, skutik ini sudah dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Fitur Smart Motor Generator (SMG) turut membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Desain Baru Yamaha NMax 2020, Bikin Harganya Lebih Layak

Konsep body desain yang mewarisi MAX Series DNA

All New NMax 155 juga dirancang dengan desain rangka baru yang berkontribusi meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara. Salah satu ubahan yang mendukung kenyamanan yaitu optimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Dengan harga termurah yaitu Rp29.500.000 (OTR Jakarta), maka Yamaha NMax 2020 patut jadi incaran.

Suspensi belakang memakai jenis sub-tank yang mendukung performa berkendara yang lebih nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan. Sasis yang didesain rigid menghasilkan kenyamanan berkendara dan kemampuan manuver lebih baik.

Posisi berkendara sama seperti generasi sebelumnya yang nyaman dengan ruang kaki yang luas. Desain ini membuat posisi berkendara lebih rileks untuk jarak dekat atau jarak jauh. Konsep desainnya mewarisi DNA MAX Series yang memberikan kesan premium khas skutik Eropa dan nyaman bagi penggunanya.

Desainnya makin premium, bila kita melihat panel speedometer yang baru di Yamaha NMax 2020. Digital speedometer yang modern dan informatif bagi pengendara. Kini dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) Apps, Pesan & Telepon, TCS di tipe Connected/ABS Version, sedangkan tipe standar hanya menampilkan VVA dan temperatur mesin.

Pengaturan tampilan informasi pada panel speedometer All New NMax 155 kini semakin mudah. Kita bisa mengganti tampilan informasi melalui tombol pengatur yang berada di handle sebelah kiri. Dengan demikian, pengendalian motor juga tidak terganggu karena tangan yang tetap menggenggam setang.

Desain lampu depan dan belakang mewarisi MAX Series DNA

Kemudian pada bagian LED Head & Tail Light yang memiliki desain lampu depan dan belakang mewarisi MAX Series DNA serta sudah menggunakan LED. Pencahayaan di NMax 2020 memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama. Selain itu, skutik MAXI Yamaha ini juga telah memiliki lampu hazard yang berfungsi untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

All New Nmax 155 Standard tersedia yaitu Matte Black, Matte Blue, Glossy White, Matte Red. Sementara itu, tipe Connected/ABS version hanya terdiri dari warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White.

Fitur Keselamatan Paling Canggih Diantara Skutik Lain

TCS dan Subtank

Yamaha berusaha mendesain Yamaha NMax 2020 sebagai skutik dengan harga terjangkau yang didukung segudang teknologi canggih. Untuk standarnya, pengereman di semua tipe memakai jenis hydraulic single disc brake di depan dan belakang.

Khusus pada tipe Connected/ABS version telah dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel membuat motor semakin stabil saat melakukan pengereman. Tipe ini juga telah didukung fitur Traction Control System (TCS) yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Fitur kontrol traksi tersebut baru pertama kalinya muncul pada skutik 150 cc yang ada di Indonesia. Dengan prediksi harga lebih dari Rp33 jutaan, Yamaha NMax 2020 tipe Connected/ABS version sebenarnya cukup layak dijual pada angka tersebut. Teknologi dan fitur ala mobil membuat pengendara NMax lebih aman dan nyaman terutama bila berkendara jauh ke luar kota.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Begini Panduan Modifikasi Motor Sport 250 CC yang Aman

Previous post
Demi Kepuasan Konsumen, Mitsubishi Uji Keterampilan Tenaga Penjual dan Mekanik
Next post
Berkenalan dengan Skutik Listrik Pertama TVS Seharga Rp21 Jutaan