MobilSumber informasi

Jajaran SUV Tercepat di Bumi, Kini Jadi Tren

Jakarta – Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) selama ini dianggap tangguh karena kemampuannya di medan offroad. Saat di jalan raya, SUV susah digeber dalam kecepatan tinggi. Tapi, lain cerita dengan lahirnya sejumlah SUV tercepat di bumi yang seperti menjadi tren diantara beberapa pabrikan untuk berlomba-lomba membuat SUV kencang.

Mobil seperti ini layak menjadi simbol ketangguhan mobil yang sesungguhnya. Tidak hanya di medan offroad, SUV kencang juga sanggup digeber kecepatan tinggi di jalan aspal. Performanya bisa disamakan dengan mobil sport.

Baca juga:
Memilih Ban SUV, Beda Jenis dan Kemampuannya di Medan ‘Offroad’
Sering Lewat Jalanan Rusak Beli SUV atau CUV

Bermodal mesin besar dan settingan suspensi yang sesuai, SUV ini sanggup berakselerasi hingga 100 km/jam di bawah lima detik. Sosoknya yang bongsor tidak menghalangi untuk unjuk kecepatan.

Berikut ini jajaran SUV tercepat di dunia sebagaimana dikutip Motor1.

Brabus GLE Coupe 850

suv tercepat

SUV Tercepat di Dunia – Brabus GLE Coupe 850

Mercedes-Benz GLE-Class sebenarnya tidak benar-benar tergolong SUV, melainkan crossover coupe. Di tangan Brabus, performa GLE Coupe melonjak tajam. Tuner rekanan Mercy itu meracik mesin GLE-Class hingga menghasilkan daya 850 HP sesuai namanya.

Mesin yang digunakan masih tetap standar bawaan mobil. Di balik kapnya bersemayam blok V8 6.000cc yang dibesut AMG. Hasilnya, Brabus GLE Coupe 850 memiliki catatan akselerasi 3,8 detik untuk 0-100 km/jam.

Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio

suv tercepat

SUV Tercepat di Dunia – Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio

SUV tercepat di dunia selanjutnya datang dari Negeri Pizza. Adalah Alfa Romeo Stelvio, yang berhasil menjadi SUV pemegang rekor kecepatan di sirkuit Nurburgring, Jerman. Prestasi itu ternyata tidak cukup bagi compact crossover bikinan produsen asal Milan.

Di tangan Quadrifoglio, performa Stelvio makin menggila. Tuner tersebut melipatgandakan output hingga 505 HP dari mesin V6 2.900cc biturbo. Hasilnya, catatan akselerasi Alfa Romeo Stelvio Quadrifoglio menyamai GLE Coupe 850 di angka 3,8 detik.

Lamborghini Urus

suv tercepat

SUV Tercepat di Dunia – Lamborghini Urus

Nama Lamborghini sudah tidak asing lagi bagi penggila kecepatan. Pabrikan berlogo banteng ini selalu membuat supercar dengan tenaga luar biasa. Jajaran supercar Lamborghini juga masuk dalam deretan mobil tercepat dunia.

Keunggulan teknis tersebut kemudian ditularkan saat Lamborghini membuat SUV. Hasilnya yaitu Lamborghini Urus, SUV dengan output tenaga 641 HP.

SUV kedua Lamborghini itu sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,6 detik. Performa mesinnya tidak kalah dengan Huracan, hanya sedikit kalah dalam catatan akselerasi saja.

Jeep Grand Cherokee Trackhawk

suv tercepat

SUV Tercepat di Dunia – Jeep Grand Cherokee Trackhawk

Nama Jeep seperti jaminan mutu mobil SUV tangguh di medan offroad. Namun, bagaimana jika pabrikan asal Toledo, Ohio ini membuat ‘jet darat’ dari produk SUV mereka? Jeep Grand Cherokee Trackhawk adalah jawabannya.

Kehebatan Jeep sebagai produsen SUV semakin lengkap dengan dukungan performa ala Dodge yang masih tergabung dalam grup Fiat Chrysler Automobile. Grand Cherokee yang satu ini dipersenjatai mesin V8 6.200cc dengan besaran tenaga hingga 707 HP.

Soal catatan akselerasi jelas mengesankan, 0-100 km/jam hanya butuh 3,4 detik, dengan kecepatan maksimum 290 km/jam. Kemampuan akselerasi Grand Cherokee Trackhawk bahkan lebih baik ketimbang supercar McLaren 540C.

Tesla Model X

suv tercepat

SUV Tercepat di Dunia – Tesla Model X

Inilah mobil yang pantas mendapat gelar sebagai SUV tercepat di dunia saat ini. Nama Tesla jelas mencirikan bila mobil ini mengandalkan tenaga listrik untuk berjalan.

Perlu Anda ketahui, kemampuan akselerasi mobil listrik sendiri biasanya lebih baik ketimbang mobil konvensional. Sekalipun, besaran tenaga dari mesin atau motor elektrik relatif sama.

Tesla Model X ini sanggup berakselerasi dari kondisi diam hingga 100 km/jam dalam 3,2 detik. Catatan ini jelas mengalahkan banyak supercar modern buatan Italia, Inggris atau Jerman sekalipun. Lebih eksentrik lagi, Model X memakai ‘falcon door‘ untuk akses penumpang.

SUV mana yang menjadi favorit kalian, Carmudian? (dna)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts