Tips dan Trik

Kaki-Kaki Toyota Avanza: Komponen dan Biaya Perbaikan

Kaki-kaki Toyota Avanza memiliki beberapa masalah yang kerap muncul seiring bertambahnya usia pemakaian. Contohnya, muncul bunyi “gluduk-gluduk” yang cukup mengganggu kenyamanan ketika berkendara.

Toyota Avanza Hybrid - Kaki-Kaki Toyota Avanza

Toyota Avanza generasi kedua masih menggunakan sistem penggerak roda belakang. (Foto: Toyota)

Pasar Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) boleh dibilang makin ramai dalam beberapa waktu belakangan ini. Di antara semua model yang tersedia, Toyota Avanza boleh dibilang sebagai salah satu primadonanya.

Bukan hanya di pasar mobil baru, melainkan juga mobil bekas. Toyota Avanza biasa menjadi pilihan konsumen yang membutuhkan mobil harian atau bahkan armada operasional perusahaan.

Toyota Avanza memang dikenal tidak rewel alias cukup tangguh. Sebabnya antara lain sistem penggerak roda belakang yang digunakan mobil ini sampai model generasi keduanya.

Karena dengan begitu roda belakang dan roda depan ibarat memiliki tugas masing-masing. Roda belakang bertugas menggerakkan kendaraan sementara roda depan yang mengarahkannya.

Kendati demikian, bukan berarti kaki-kaki Toyota Avanza bebas masalah sama sekali. Seiring pemakaian, masalah-masalah akan mulai bermunculan. Hal yang paling sering ditemui ialah muncul bunyi “gluduk-gluduk” yang cukup mengganggu kenyamanan ketika berkendara.

Bunyi semacam itu akan terdengar ketika mobil melewati jalanan rusak atau menghantam lubang. Jika kondisinya sudah terlalu parah maka juga bisa terdengar saat melaju di aspal yang mulus.

Komponen Kaki-Kaki Toyota Avanza dan Biaya Perbaikan

Semua pemilik kendaraan pasti ingin tunggangannya dalam kondisi yang baik termasuk untuk urusan kaki-kaki.

Istilah kaki-kaki itu sendiri mengacu pada deretan komponen yang berada di undercarriage suatu kendaraan. Itu artinya seperti ball joint, tie rod, shockbreaker, stabilizer, dan lain-lain.

Mayoritas komponen kaki-kaki mobil memiliki karet bushing sebagai “bantalan” di titik-titik pertemuannya dengan komponen lain.

Karet bushing inilah yang kerap menjadi sumber masalah ketika kondisinya sudah menurun, misalnya getas atau bahkan sampai sobek.

Selain itu, masalah pada kaki-kaki mobil pada umumnya juga sering disebabkan keausan atau laher atau kebocoran pelumas. Hal tersebut tentunya juga dapat terjadi pada kaki-kaki Toyota Avanza.

Berikut ini adalah beberapa contoh komponennya dan biaya perbaikannya.

1. Ball Joint Avanza – Sekitar Rp80.000 Per Buah

Ball Joint - Kaki-kaki Toyota Avanza

(Foto: Carmudi)

Ball joint memiliki fungsi sebagai penghubung antara lower arm dengan knuckle roda. Ball joint juga berfungsi sebagai sumbu roda ketika hendak berbelok.

Komponen ini merupakan salah satu bagian yang kerap mengalami masalah. Sebabnya, ball joint merupakan komponen yang harus menerima hantaman ketika ban masuk lubang atau jalanan rusak.

Langkah penggantian diperlukan ketika kondisinya sudah rusak. Menurut pantauan di sejumlah toko online, harga ball joint Toyota Avanza yang asli sekitar Rp80 ribu per buah.

Konsumen kemungkinan juga akan menemui versi aftermarket-nya yang dijual lebih murah, sekitar Rp140 ribuan sepasang.

Untuk memastikan kondisi ball joint, caranya bisa dimulai dengan mengecek kondisi fisiknya. Perhatikan apakah ada sobekan pada karet luarnya yang berpotensi menjadi celah masuk kotoran.

Selain itu, pemilik juga bisa mengecek kondisi ball joint dengan menggerak-gerakkan roda ke atas dan ke bawah. Jika ball joint sudah rusak biasanya ditandai dengan kondisi ban yang oblak.

2. Link Stabilizer dan Karet “D” – Sekitar Rp130.000 Per Roda

Stabilizer dan Link Stabilizer

(Foto: Carmudi)

Komponen berikutnya yang cukup sering bermasalah pada kaki-kaki Toyota Avanza ialah link stabilizer atau yang juga kerap dikenal link stabil.

Faktanya, kerusakan pada komponen inilah yang kerap menyebabkan munculnya bunyi “gluduk-gluduk” pada kaki-kaki Toyota Avanza.

Seiring penggunaan, karet bushing link stabilizer akan mengeras dan perlu diganti. Selain itu, ada sebuah karet berbentuk huruf “D” yang kondisinya pun akan rusak seiring pemakaian.

Harga link stabilizer Toyota Avanza terpantau dijual sekitar Rp80.000 per satu buah. Sementara itu, karet “D” dijual sekitar Rp50.000.

Untuk cara cek kondisi link stabilizer, perlu dilihat langsung guna memastikan kondisi karet-karetnya masih bagus atau justru sebaliknya.

3. Laher Roda Avanza – Sekitar Rp100.000 Per Buah

Bearing Roda

(Foto: Google)

Bearing atau laher roda memiliki fungsi yang vital. Komponen ini berperan sebagai bantalan antara as roda dan hub bearing.

Laher roda didesain agar minim gesekan dan bisa berputar secara stabil. Oleh karena itu kerusakan yang terjadi akan turut memengaruhi kendaraan..

Untuk melakukan penggantian, harga laher roda Toyota Avanza dijual sekitar Rp100.000 per buah.

Untuk mengecek kondisi laher roda, pemilik kendaraan dapat memutar roda kendaraan dengan tangan, sambil memegang shockbreaker depan.

Kondisi laher roda yang sudah rusak akan ditandai dengan adanya getaran yang terasa di shockbreaker.

Untuk melakukan pengecekan ini syaratnya mobil harus diangkat menggunakan car lift atau paling tidak didongkrak.

4. Tie Rod dan Long Tie Rod Avanza – Sekitar Rp325.000

Tie Rod, Rack End, Rack Steering - Kaki-Kaki Toyota Avanza

(Foto: Carmudi)

Teorinya tie rod pada kaki-kaki mobil berfungsi untuk menghubungkan rack steer ke roda.

Oleh karena itu kerusakan pada komponen ini dipastikan akan berpengaruh pada rasa atau pengalaman berkendara. Kerusakan pada tie rod biasanya ditandai munculnya getaran pada setir.

Untuk melakukan penggantian, pemilik Toyota Avanza perlu menyiapkan dana sekitar Rp325.000 untuk pembelian tie rod dan long tie rod baru.

5. Rack Steer Avanza – Sekitar Rp1.300.000

Rack Steer Avanza

(Foto: Google)

Selain tie rod, sistem kemudi kendaraan juga terhubung dengan roda melalui komponen rack steer.

Kerusakan yang terjadi pada bagian ini juga akan memengaruhi performa power steering. Salah satu penyebab rack steer cepat rusak ialah kebiasaan menghantam lobang yang ada di jalan raya.

Pemilik mobil disarankan untuk menghindari kebiasaan tersebut mengingat harga rack steer tergolong mahal dibandingkan komponen kaki-kaki Toyota Avanza lainnya, yakni mencapai Rp1.300.000.

Jika konsumen belum siap dengan bujet tersebut, alternatifnya ialah melakukan rekondisi di bengkel spesialis.

6. Shockbreaker Avanza – Sekitar Rp1,6 Juta Satu Set

Shockbreaker

(Foto: Carmudi)

Komponen lainnya yang suatu saat juga perlu diganti adalah shockbreaker. Penggantian shockbreaker umumnya baru diperlukan ketika usia mobil sudah lima tahun ke atas.

Berdasarkan penelusuran, harga shockbreaker Toyota Avanza itu sekitar Rp1,6 juga untuk satu set artinya empat buah untuk semua roda. Produknya bisa ditemui dengan mudah di toko-toko online atau diler langsung.

Shockbreaker itu sendiri memiliki sejumlah tanda yang menandakan kondisinya perlu diganti. Mulai dari bantingannya terasa sudah tak nyaman, muncul bunyi-bunyi aneh, terjadi kebocoran oli, hingga permukaan ban habis tak merata.

Jika menemui salah satu tanda tersebut atau malah beberapa di antaranya maka jangan tunda lagi untuk segera melakukan perbaikan.

Demikianlah ulasan mengenai kaki-kaki Toyota Avanza terutama yang berkaitan dengan kerusakan dan biaya perbaikannya.

Toyota Avanza sudah bukan rahasia lagi merupakan LPMV yang bisa diandalkan. Bagi konsumen yang lebih menyukai sistem penggerak roda belakang maka bisa memilih generasi pertama atau keduanya.

Walau cukup tangguh, bukan berarti tak perlu ada perawatan sama sekali. Kaki-kaki Toyota Avanza juga memerlukan perhatian agar kondisinya selalu ideal dan aman untuk digunakan.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

/