Sumber informasi

Rekomendasi Bengkel Kaki-kaki Mobil yang Bisa Disambangi

Mencari rekomendasi bengkel kaki-kaki mobil bagi mereka yang jarang ke bengkel tentu akan sedikit kebingungan. Umumnya mereka akan bertanya kepada teman tentang beberapa rekomendasi bengkel kaki-kaki yang pernah didatangi.

Alasannya sepele, agar ketika ia datang diharapkan ada kedekatan dengan teman yang sudah pernah ke sana. Selain itu kita juga bisa lebih tahu tentang kisaran biaya, dan mekanik terbaik yang ada di bengkel tersebut.

Maklum, bagian kaki-kaki jadi salah satu komponen penunjang kenyamanan yang berpengaruh kepada keselamatan. Jika kaki-kaki dalam kondisi baik, maka pemilik mobil akan lebih aman berkendara.

Tetapi jika kaki-kaki dalam kondisi yang kurang baik, tentu bisa berpotensi mengalami kecelakaan. Maka dari itu, penting sekali menjaga kondisi kaki-kaki mobil agar tetap dalam kondisi prima.

rekomendasi bengkel kaki-kaki

Modifikasi difokuskan di bagian kaki-kaki dan bumper

Umumnya komponen kaki-kaki terdiri dari beberapa bagian seperti tie rod, long tie rod, arm, bushing arm, shockbreaker, dan lain sebagainya. Jika salah satunya mengalami kerusakan, umumnya ada gejala yang bisa dirasakan.

Misalnya ketika melewati jalanan rusak, akan terdengar bunyi ‘gluduk-gluduk’ atau lebih berisik dari biasanya. Atau bisa juga merasakan setir mobil sedikit ‘lari’ ke kanan atau ke kiri sehingga mobil menjadi sulit dikendalikan.

Ini menjadi salah satu tanda jika ada kerusakan di bagian kaki-kaki dan sebaiknya harus dicek sesegera mungkin. Nah, buat Carmudian yang sedang mencari bengkel kaki-kaki mobil, berikut kami lampirkan beberapa rekomendasi yang terpercaya.

Rekomendasi Bengkel Kaki-kaki Mobil Terpercaya

Jayanti Kaki-kaki

Untuk Carmudian yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan bisa mendatangi Jayanti Kaki-Kaki yang ada di Jl. Pangeran Antasari No. 31 A. Di tempat ini memang kerap jadi tujuan pemilik mobil untuk memperbaiki kaki-kaki.

Jayanti Kaki-Kaki menerima perbaikan untuk segala jenis mobil dari berbagai merek Jepang dan Eropa. Soal harga, Carmudian bisa mendapatkan kisaran harga ketika mobil sudah dilakukan pengecekan.

rekomendasi bengkel kaki-kaki

Kaki-kaki belakang Honda HR-V. (HCI)

Mekanik nantinya akan mengecek terlebih dahulu bagian apa saja yang rusak dari kaki-kaki. Setelah itu, nanti akan dikalkulasikan kisaran biaya sparepart dengan biaya jasa yang diberikan kepada Anda.

Bengkel Lili

Tak terlalu jauh dari Jl. Pangeran Antasari terdapat bengkel Lili yang berlokasi di Jl. Haji Nawi, Jakarta Selatan. Bengkel Lili juga menjadi salah satu bengkel primadona khusus perbaikan kaki-kaki mobil.

Salah satu alasannya adalah pengerjaan yang cepat dan harga yang ditawarkan juga terjangkau. Bengkel yang sudah berdiri sejak tahun 2009 silam ini juga bisa menangani berbagai merek Jepang dan Eropa.

Biaya Pembuatan Center Ring rekomendasi bengkel kaki-kaki

(Foto: istimewa)

Bahkan untuk beberapa mobil hobi yang sulit dicari sparepart-nya pun masih bisa diakali di tempat ini. Misalnya dicor ulang bagian kaki-kaki yang sekiranya masih bisa diproduksi secara manual.

Bahkan perbaikan rack steer pun bisa dilayani juga di tempat ini. Sebagai gambaran, perbaikan rack steer electric di tempat ini dikenakan biaya Rp1,5 juta sampai Rp2 juta tergantung kerusakan dan tipe mobil.

YPS Puja

Rekomendasi bengkel kaki-kaki yang satu ini juga wajib masuk dalam daftar. YPS Puja sendiri memiliki beberapa cabang yang tersebar di Jakarta Barat, Depok, Cileungsi, Karawang, dan Bandung, Jawa Barat.

Bengkel kaki- kaki YPS Puja melayani perbaikan dan penggantian komponen kaki-kaki untuk berbagai merek kendaraan. Selain itu mereka juga melayani pengerjaan perbaikan rack steer dan pembubutan komponen dari berbagai merek kendaraan.

rekomendasi bengkel kaki-kaki

Bengkel kaki-kaki

Biaya yang dipatok untuk penggantian komponen di tempat ini menyesuaikan dengan merek dan tipe kendaraan. Misalnya biaya jasa bongkar pasang perbaikan kaki-kaki untuk Avanza dan Xenia mencapai Rp450 ribu untuk 4 ban.

Artinya dari segi harga tempat ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun untuk beberapa merek Eropa diakui harga pengerjaannya akan lebih mahal lantaran pengerjaannya juga lebih sulit.

Sebagai gambaran, ongkos bongkar pasang seluruh roda mobil merek Eropa bisa mencapai Rp1 juta sampai 2 jutaan. Biaya tersebut tentu belum termasuk penggantian komponen yang rusak, ya.

Jantra Kaki-kaki

Rekomendasi bengkel kaki-kaki yang lain ada Jantra Kaki-kaki. Bengkel ini terletak di beberapa kota di Indonesia, namun untuk wilayah Jakarta terletak di Jl. Adhyaksa Raya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Layanan yang diberikan di tempat ini beragam mulai dari perbaikan kaki-kaki, bubut cakram, perbaikan rack steer, spooring dan balancing, serta perbaikan shockbreaker.

rekomendasi bengkel kaki-kaki

Bengkel Obet Motor (Foto: Obet Motor)

Jantra Kaki-kaki juga memiliki paket-paket yang ditawarkan, sehingga konsumen sudah punya gambaran kisaran biaya yang akan dikeluarkan. Misalnya perbaikan kaki-kaki meliputi tie rod, long tie rod, ball joint, dan lain sebagainya berkisar Rp750 ribuan.

Lalu perbaikan shockbreaker berkisar Rp500 ribuan, perbaikan rack steer berkisar Rp750 ribuan, bubut cakram Rp200 ribuan, dan spooring balancing Rp200 ribuan.

Bahkan tempat ini juga memberikan garansi selama 2 tahun dengan membeli paket proteksi yang dimiliki. Tentunya ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk bisa melakukan klaim ini ya.

Sedangkan untuk pengerjaan di tempat ini memiliki garansi selama 3 bulan yang meliputi penggantian spare part jika rusak selama masa garansi. Tidak heran jika tempat ini kerap dijadikan bengkel rekomendasi kaki-kaki bagi pemilik mobil di Jakarta.

Milala Power Steering

Walaupun namanya mengusung power steering, tetapi bengkel satu ini juga kerap jadi rekomendasi bengkel perbaikan kaki-kaki mobil. Di bengkel satu ini juga terbilang salah satu spesialis rekondisi power steering dan rack steer.

Milala Power Steering terletak di Jl Ampera, Jl Antasari, Jakarta Selatan, dan Bogor, Jawa Barat. Mayoritas konsumen yang datang ke tempat ini mengaku jika harga yang ditawarkan cukup mahal.

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Akan tetapi layanan yang diberikan masih sepadan dengan kualitas yang diberikan. Terlebih garansi toko yang diberikan mencapai 1 tahun untuk perbaikan rack steer atau power steering yang rusak.

Tak heran jika Milala Power Steering cukup jadi andalan, terutama para pemilik mobil di wilayah Jakarta Selatan. Tertarik mencoba?

Tips Menjaga Kaki-kaki Mobil

Masih banyak pemilik mobil yang belum mengerti jika biaya perbaikan kaki-kaki ini sebenarnya cukup merogoh kocek. Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kondisi kaki-kaki agar tetap dalam kondisi yang baik.

Lantas, bagaimana cara merawat kaki-kaki mobil agar tidak cepat rusak? Berikut kami beberkan beberapa tipsnya.

  • Hindari melibas jalan rusak dengan kecepatan tinggi
  • Mengerem jika ada jalan rusak atau tanggul
  • Tidak membiasakan menghantam lubang
  • Tidak membiasakan berkendara ugal-ugalan
  • Usahakan parkir dalam posisi setir yang lurus
  • Hindari menerobos genangan air, sebab bisa merusak kaki-kaki
  • Hindari membiarkan kaki-kaki mobil kotor dalam waktu lama

Beberapa hal di atas bisa Carmudian lakukan guna menjaga komponen kaki-kaki mobil tetap awet. Yang terpenting adalah menjaga gaya berkendara agar tidak asal melibas jalan rusak tanpa melakukan pengereman sama sekali.

Langkah preventif lainnya dalam mencegah kerusakan kaki-kaki mobil adalah dengan rutin melakukan spooring. Usahakan lakukan spooring 6 bulan sekali dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kaki-kaki.

Nah, itu tadi merupakan beberapa rekomendasi bengkel kaki-kaki yang bisa Carmudian datangi untuk melakukan perbaikan. Jangan lupa menanyakan kisaran harga terlebih dahulu ya!

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts