Mobil

Masuk Interior Suzuki S-Presso, Seperti Nostalgia Mobil Lawas

Jakarta — Pameran GIIAS 2022 masih meninggalkan sejumlah cerita. Di antaranya impresi ketika masuk ke interior Suzuki S-Presso yang merupakan salah satu mobil baru di pameran tersebut.

Singkat kata, interior mobil murah terbaru dari Suzuki itu memancing rasa nostalgia terhadap suguhan yang ditawarkan mobil-mobil lawas.

Setir S-Presso

(Foto: Carmudi)

Ambil contoh ketika duduk di bangku pengendara dan berusaha melakukan pengaturan guna mendapatkan posisi mengemudi terbaik.

Ada satu hal yang cukup mengerutkan dahi ketika mengetahui mobil ini tak memiliki pengaturan setir sama sekali. Jangankan teleskopik, pengaturan tilting pun absen di mobil ini.

Alhasil, pengemudi hanya bisa mencari posisi duduk paling pas melalui pengaturan jok yang tentunya masih manual.

Masih berkaitan dengan posisi berkendara. Setiap pengemudi pastinya punya pengaturan kaca spion sendiri untuk mendapatkan visibilitas terbaik ke arah belakang.

Di Suzuki S-Presso, pengaturan tersebut masih manual dan uniknya lagi menggunakan semacam tuas yang berada di dekat pilar A. Pengemudi bisa menggerak-gerakkan tuas tersebut untuk mengatur kaca spion yang berada di di luarnya.

Interior Suzuki S-Presso

(Foto: Carmudi)

Nostalgia selanjutnya adalah cara menyalakan mesin mobil ini yang masih menggunakan anak kunci. Ya, pengendara masih harus mencolok anak kunci ke lubangnya yang terdapat di sisi kanan setir.

Nostalgia terakhir adalah cara membuka jendela belakang mobil ini yang masih menggunakan sistem engkol. Bukan elektrik atau power window seperti yang bisa ditemui pada mobil-mobil modern saat ini.

Desain Interior Suzuki S-Presso

Interior Suzuki S-Presso

(Foto: Carmudi)

Terkait desain, interior Suzuki S-Presso memiliki keunikan tersendiri dengan bentuk dasbornya yang punya elemen membulat di tengah-tengahnya. Adapun untuk materialnya didominasi plastik keras.

Bagian tengah itu pula menjadi rumah bagi panel instrument cluster dan head unit.

Dasbor itu sendiri memiliki empat kisi-kisi AC. Dua di antaranya ditaruh agak ke tengah yang diasumsikan agar semburan udara dinginnya bisa sampai ke penumpang di belakang.

Sementara itu desain joknya cukup sederhana tanpa adanya headrest adjustable. Jok belakang mendapatkan dua headrest.

Suzuki S-Presso

Suzuki S-Presso resmi dirilis dengan harga mulai dari Rp155 jutaan. (Foto: Carmudi/Dimas)

Sebagai informasi, Suzuki S-Presso itu sendiri menjadi pilihan baru mobil murah dengan harga jual Rp155 juta untuk varian manual dan Rp164 untuk varian AGS.

Simak juga video impresi pertama Suzuki S-Presso dari Carmudi berikut ini:

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts