BeritaMobilModifikasiSumber informasi

Denny Pribadi, Setia Balapan dengan Toyota Corolla DX

Jakarta – Bagi mereka yang berkecimpung di dunia balap nasional, sudah pasti tak asing lagi dengan nama Denny Pribadi. Hal ini tak lain karena pebalap senior ini identik dengan mobil balap kesayangannya, Toyota Corolla DX lansiran 1980.

Tak banyak pebalap yang setia dengan mobilnya, tapi lain halnya dengan Denny. Sejak awal terjun ke dunia balap pada kisaran tahun 2.000 silam, mulai dari touring, slalom, retro, drifting, dan lainnya, sampai sekarang pebalap yang murah senyum ini tak pernah meninggalkan DX miliknya.

corolla dx

Saat Berlaga di Ajang ISSOM 2017 di Sirkuit Sentul (Dok.Denny Pribadi)

“Sejak dulu saya memang suka dengan Corolla DX. Dari SMA sudah pakai mobil itu, sampai disebut DX Mania sama yang lain. Karena itu, pas ikut ajang balap, yang dipakai juga DX. Tapi, sekarang saya cuma pakai DX kalau ada event di area seputar Jakarta,” ungkap Denny.

Bersama dengan DX, Denny yang tergabung dalam tim TOTAL Motorsport, sudah menyabet beragam penghargaan bergengsi di tingkat nasional. Kali terakhir, Denny berhasil naik podium kedua untuk balap touring seri 1 di ajang ISSOM 2017.

Performa Corolla DX, Jeroan Buas Berbalut Bodi Lawas

Meskipun menggunakan mobil lawas di ajang ISSOM 2017, tapi bukan berarti Corolla DX milik Denny tak bisa bersaing dengan mobil-mobil anyar. Bisa dikatakan kalau mobil balap ini hanya tampilannya saja yang lama, tapi sudah mengusung teknologi yang baru.

“Dari dulu saya memang suka sama DX, mulai dari bentuk sama bodi. Cuma sekarang yang berubah mesinnya, pakai turbo dan kaki-kaki. Bisa dibilang DX ini cuma casing saja yang lama, tapi teknologinya sudah baru,” cetusnya.

corolla dx

Saat berlomba di ajang ISSOM 2017 di sirkuit Sentul (Dok.Denny Pribadi)

Hampir semua komponen yang ada pada Corolla DX Denny, dibuat secara kustom. Untuk dapur pacunya, kini dibenamkan mesin 7-AGE Turbo berkapasitas 2.000 cc. Sedangkan turbonya menggunakan model TD-05.

Tenaga yang mampu disemburkan mencapai 325 dk. Dan tak seperti mobil lawas, kini DX balap Denny menggunakan ECU Stand Alone V-PEC. Sedangkan urusan pengereman, dibenamkan rem cakram dari Nissan Skyline R34.

Agar mobil lebih stabil, kaki-kaki depan dan belakang menggunakan Pillow Ball & PU, yang disandingkan dengan gardan Mitsubishi L300. Sementara suspensinya, disematkan Adjustable D2 Racing di bagian depan dan belakang.

Rutin Podium, Sponsor Mengalir pada Corolla DX Milik Denny

Secara keseluruhan, Denny sudah puas dengan modifikasi yang dilakukan pada DX kesayangannya. Meskipun banyak yang menyarankan agar ia mengganti mobil, tapi Denny enggan untuk melakukannya. Baginya, DX sudah menjadi bagian dari kehidupan balapnya selama ini.

Seringnya Denny naik podium di setiap ajang balap, menjadi berkah bagi dirinya. Sebagai pebalap dari tim TOTAL Motorsport, kini Denny juga mendapatkan dukungan dari bermacam pihak seperti TOTAL Oil, ELF Racing Fuel, GT Radial, KratingDaeng, Prestone, Ferodo Brake Pads, dan busi NGK.

corolla dx

Raih Podium 2 saat berlaga di seri 1 ISSOM 2017 (Dok.Denny Pribadi)

Pebalap yang kini aktif di Indonesia Drift Community (IDC) sebagai ketua harian, berharap kalau pembibitan pebalap muda dapat terus berlangsung dengan baik.

“Sejauh ini, saya merasa cukup puas dan senang. Banyak wajah-wajah baru yang muncul. Saya berharap pembibitan pebalap muda bisa terus berjalan lancar. Untuk balapan di tahun ini, saya juga senang karena makin banyak mobil-mobil baru, jadi semakin seru,” tuntasnya. (Dol)

Spesifikasi Teknis

Tim BalapTOTAL Motorsport
MobilCorolla DX
Buatan1980
Mesin7AGE-TURBO
Kapasitas2.000 cc
Tenaga Maksimal325 HP
GardanMitsubishi L300
GearboxT-50
ECUStand Alone V-PEC
TurboTD-05
Fuel pressureSARD
Dekrup/ClutchTRD
Disc BrakeNissan Skyline R34
Suspensi Depan & BelakangAdjustable D2 RACING
Super AngleCustom
Fuel tankAluminium Custom
Kaki-kaki Depan & BelakangPillow Ball & PU
Pillow ball shockCusco
BanGT RADIAL – SX2 195/50R15
Engine lubricantsTOTAL QUARTZ
Gear/TransmissionTOTAL TRANSTAC

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts