Home » Berita » Mazda CX-8 Segera Masuk Malaysia, Indonesia Menyusul

Mazda CX-8 Segera Masuk Malaysia, Indonesia Menyusul

Mazda CX-8 (Foto: Paultan)

Kuala Lumpur – Ditampilkan pertama kali di Malaysia Autoshow 2019, April lalu Mazda CX-8 terbaru akhirnya sudah bisa dipesan oleh konsumen di Malaysia. Itu artinya Mazda CX-8 segera meluncur di Negeri Jiran. Mazda CX-8 model 2019 ditawarkan dalam empat varian, semuanya dirakit secara lokal di pabrik Inokom di Kulim, Kedah. Sayangnya belum ada harga jual yang diumumkan oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

Dari empat varian yang ditawarkan, Mazda CX-8 punya dua pilihan mesin yaitu SkyActiv-G 2.5 liter dan SkyActiv-D 2.2 liter. Khusus untuk mesin 2.5 liter empat silinder tenaga yang dikeluarkan bisa mencapai 192 hp pada 6.000 rpm dan torsi 258 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan mesin 2,2 liter diberikan tambahan perangkat turbocharged dan sistem penggerak empat roda. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 188 hp pada 4.500 rpm dan torsi 450 Nm pada 2.000 rpm.

Semua varian tersedia dalam transmisi otomatis SkyActiv-Drive enam percepatan dengan manual shift mode. Sebagai pelengkap, Mazda juga menyematkan fitur standar seperti G-Vectoring Control (GVC) dan i-Stop Idling.

Semua varian Mazda CX-8 baru mendapatkan lampu utama dan senja LED, begitu juga dengan lampu belakang. Kaki-kaki dihuni oleh pelek berukuran 19 inci yang dibungkus dengan ban 225/55.

Mazda CX-8 (Foto: Paultan)

Bagian interior dibekali perangkat standar seperti tombol start untuk menyalakan mesin mobil, lalu ada juga sistem infotainment Mazda Connect tujuh inci dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur lainnya , automatic climate control dengan ventilasi di belakang, jok pengemudi bisa diatur secara elektrik, dan rem parkir elektronik. Varian tertinggi akan mendapatkan kamera 360 derajat untuk membantu pengemudi memarkirkan kendaraan.

Dari sisi keselamatan dan keamanan, Mazda CX-8 sudah dibekali enam airbag, ABS dengan EBD, Departure Warning System, Lane Keep Assist, Driver Attention Alert, dan Smart City Brake Support. Berkat fitur-fitur keamanan dan keselamatan yang dibenamkan, CX-8 dianugerahi lima bintang dalam tes tabrak oleh ASEAN NCAP.

Sinyal Kedatangan Mazda CX-8 di Indonesia Mulai Terendus

Setelah meluncurkan Mazda3 hatchback dan sedan pada di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, rupanya PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Indonesia masih punya satu model baru lagi yang akan diluncurkan tahun ini. Beredar rumor bahwa model baru tersebut adalah Mazda CX-8.

Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari EMI, namun paling tidak sinyal kedatangan Sport Utility Vehicle (SUV) itu mulai terendus. Nama Mazda CX-8 sudah ada di dalam daftar Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Interior Mazda CX-8 (Foto: Paultan)

Dari data tersebut tercatat setidaknya ada tiga tipe Mazda CX-8 yang segera dipasarkan di Indonesia. Dari masing-masing tipe yang didaftarkan juga tertera nilai jualnya, CX85WGNRHDCE2488ZVAD punya nilai jual Rp523 juta, CX85WGNRHDCE2488ZVAE Rp492 juta, dan CX85WGNRHDCE2488ZVRA Rp482 juta. Harga tersebut bukanlah nilai jual yang akan ditawarkan ke konsumen atau dalam kata lain Off The Road. Dalam menentukan harga jual ke konsumen ada beberapa instrumen pajak yang harus dimasukkan.

Di pasar Indonesia Mazda CX-8 tidak bermain sendiri, pesaing terdekatnya adalah Honda CR-V dan Nissan X-Trail.

Mesin Mazda CX-8 (Foto: Paultan)

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kredit Mazda2 2019, Cicilan Mulai Rp 5 Jutaan

Toyota Kijang Kapsul
Previous post
Ingin Membeli Kijang Kapsul Bekas? Simak Dulu Hal Tak Terduga Ini
Next post
Tekan Truk Overload, Kemenhub Rancang Jembatan Timbang di Gerbang Tol